Judul | : | ANAKKU TERLAMBAT BICARA ANAK BERBAKAT DENGAN DISINKRONITAS PERKEMBANGAN: MEMAHAMI DAN MENGASUHNYA MEMBEDAKANNYA DENGAN AUTISME, ADHD DAN PERMASALAHAN GANGGUAN BELAJAR | |
Pengarang | : | Julia Maria Van Tiel | |
Penerbit | : | Prenada | |
Cetakan | : | Ke-3 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 396 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 19 x 23 cm | |
Berat | : | 500 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 104,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 88,400 | |
Stock | : | 1 |
ANAKKU
TERLAMBAT BICARA ANAK BERBAKAT DENGAN DISINKRONITAS PERKEMBANGAN: MEMAHAMI DAN
MENGASUHNYA MEMBEDAKANNYA DENGAN AUTISME, ADHD DAN PERMASALAHAN GANGGUAN
BELAJAR
Pengarang: Julia Maria Van Tiel
Penerbit: Predana
DAFTAR
ISI
BAB 1: MEMAHAMI KATA GIFTED DAN FENOMENANYA
Anakku
Gifted Disinkroni, Cerdas Sekaligus Mengalami Kesulitan Terlambat Bicara
Tak Kreatif, Tak Mau, atau Tak
Mengerti?
Ibu Guru Terengah-engah
Tak
Dimengerti Apa Maunya, atau la Tak Mengerti Maksud Kita? Melalui Berbagai Tes Mencari Gambaran Utuh
Mengamati Gejala Keberbakatan
Memahami, Modal Membangun
Kesabaran
BAB 2: CERDAS TETAPI MENGAPA BERMASALAH?
Aku Harus Mengubah Pandangan
Disinkronitas Perkembangan
Disinkronitas Inteligensia
Sosial
Emosional, Menarik Diri, Tak Berdaya, dan Menjadi Bahan Ejekan Twice Exceptional, Keistimewaan atau
Kesulitan Ganda?
Cerita
tentang Mark, Twice Exceptional Gifted Child yang Menderita, Anak Berisiko Sedini Mungkin Perlu
Teridentifikasi
BAB 3: MENGENAL KARAKTERISTIK
Bagaimana Agar Bisa Tahan?
Membutuhkan Pendekatan Dua Arah
Melihat Gejala Secara Positif,
Faktor Kuat dan Lemah Anak Gifted
Membaca
Masalah dan yang Kita Temui Sehari-hari
Memori
Fotografis, Mudah Mengingat Sulit "Disetip" Lagi
Kreativitas
Tinggi, Tukang Nggratak, Selalu Banyak Usul
Perfeksionisme,
Segalanya Harus Perfek, Presisi, dan Sulit Fleksibel Inteligensia Tinggi dan
Metakognisi Memicu Anxiety
Faalangst,
Rasa Takut Berbuat Salah Padahal Bisa Overexcitability, Reaksinya Berlebihan
Didaktik,
Keras Kepala, Tak Mau Diperintah dan Tak Tahan Rutinitas
BAB 4: TUMBUH KEMBANGNYA MEMANG KHUSUS
Prestasi
sebagai Perwujudan Nature dan Nurture Perkembangan Anak, Unik dan Beragam
Perkembangan Emosional, Perkembangan Utama
Komunikasi
Nonverbal, Bentuk Komunikasi yang Sangat Penting Perkembangan Kognitif, Terjadi
Loncatan Perkembangan
Perkembangan
Sensoris, Skalanya Besar
Perkembangan
Sosial, Perkembangan Khusus atau Bermasalah?
Perkembangan Fantasi dan Kreativitas, Tabrakan antara
Dunia Fantasi dan Realita,
Perkembangan
Bahasa dan Bicara, Visualisasi dalam Berbahasa
Motorik
Kasar Berkembang Hebat, Tertinggal dalam Perkembangan Motorik Halus
BAB 5: GIFTED ATAU AUTISME: BAGAIMANA
MEMBEDAKANNYA?
Selalu
Menjadi Pertanyaan
Mengapa
Terjadi Kesalahan Diagnosa?
Autisme,
Apakah Itu?
Perkembangan Bicara pada Autisme, Terlambat Bicara Selalu
Menjadi Alasan Utama
Emosi
sebagai Dasar Perkembangan, Tipisnya.
Perkembangan
Emosi Bayi Autisme
Perkembangan
Kognitif Autisme, Defisit dalam Perkembangan Kreativitas dan Kemampuan
Pemecahan Masalah
Perilaku
Repetitif—Stereotipik—dan Rigid Asperger Syndrome Tanpa Terlambat Bicara Savant
Syndrome
BAB 6: ANTARA ADD/ADHD DAN GIFTED APA. BEDANYA?
Anakku Banyak Gerak dan Sulit
Berkonsentrasi Menjadi Keluhan Utama ADD/ADHD dalam Aspek Neurologi
Gifted Plus, Gifted dengan.
Masalah Ganda
Faktor yang Berpotensi Menjadi
Masalah
Sulit Diidentifikasi
Bagaimana Membedakannya?
BAB 7: GIFTED VISUAL-SPATIAL LEARNER, BAGAIMANA
MASA DEPANNYA?
Visual-Spatial Learner, Apakah
Itu?
Genetik dan Bagaimana
Penjelasannya?
Visual-Spatial vs Auditory
Sequential, Perbedaan Karakteristiknya
Sinyal Awal
The Late Bloomer
Apakah Anakku Disleksia? Belum
Tentu
Disleksia Diskalkulia Disgrafia
Harus Cepat Teridentifikasi
BAB 8: INTERVENSI DAN STIMULASI
Intervensi Mana yang Perlu
Mendapatkan Prioritas? Cukup Membingungkan
Intervensi
Perkembangan Bahasa dan Bicara, Pure Dysphatic Development Apakah Itu?
Tinjauan
Neurologic Xavier Tan
Differential
Diagnosis
Prinsip
Penanganan
Konsep
Perkembangan Berbahasa dan Bicara, Fase Preverbal
Faktor
Pendukung
Prinsip
Penanganan pada Fase Awal Verbal
Terapi
Wicara Fase Verbal
Tujuan
dan Perangkat
Ergotherapy
Intervensi Lain
Berbagai
Akibat Perkembangan Bahasa dan Bicara yang Tertinggal Rendahnya Respons
Panggilan Akibat Hiperfokus
Tertinggalnya
Perkembangan Sosial
Kekurangan
dalam Hal Fleksibilitas dan Adanya Kekakuan Kekurangmampuan Fantasi dan
Imajinasi
Terkembangnya
Rasa Takut dan Faalangst Negatif
Kekurangmampuan
Adaptasi Terhadap Lingkungan dan Adaptasi Terharinp Perubahan
Keadaan
Gangguan Konsentrasi Anxiety dan Perilaku Seperti Paranoia
Perkembangan
Bensons yang Terlalu Hebat, (taktil/raba, auditori, visual, pengecapan, dan
penciuman
Perkembangan
Motorik, Tidak Sinkron antara Motorik Kasar dan Motorik Halus
Perkembangan
Sosial Emosional, Terlalu Sensitif, dan Jaga Imej, Gangguan Belajar dan Bimbingannya
Membaca,
Mengeja, dan Dilde
Menulis
Berhitung
BAB 9: PENGEMBANGAN
KEBERBAKATAN
Bakat Apakah Itu?
Model Pendidikan
Masuk
dalam Sekolah Reguler
Adaptive
Education, dan Psychoeducational Assesment Diagnostik dan Portfolio
Kompetensi
di dalam Kelas
Program Pelayanan Keberbakatan
Bentuk Pendidikan Sekolah Dasar Lain Peranan Orang Tua
Apa yang Perlu Diketahui Pengembangan Kreativitas dan
Bakat Anak Bertalenta, Cerdos, dan
Berbakat Pengembangan
Bakat Intelektualitas Pengembangan
Keterampilan Motorik Pengembangan Bakat Seni
BAB 10: PENUTUP
Risalah Tuhan
Mengasuh dan Mendidiknya
Sangkar yang Hangar
Saling Mendukung dan
Berbahagialah
Penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar