Judul Buku | : | OBSERVASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI EDISI KETUJUH | |
Pengarang | : | Janice J. Beaty | |
Penerbit | : | Kencana | |
Cetakan | : | Ke-2 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 506 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 18 x 23 cm | |
Berat | : | 800 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 162,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 137,700 | |
Stock | : | 1 |
OBSERVASI
PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI EDISI KETUJUH
Pengarang: Janice J. Beaty
Penerbit: Kencana
DAFTAR
ISI
BAB 1 MENGAMATI DAN MENILAI PERKEMBANGAN
ANAK-ANAK
Mengawasi
Versus Mengamati
Menilai
Melalui Pengamatan
Tes
sebagai Alat untuk Menilai Anak-anak
Pendekatan
Alternatif bagi Penilaian Anak-anak
Belajar
Bagaimana Melihat
Kegiatan
Pemelajaran
Bacaan
yang Disarankan
Bacaan
Anak-anak
BAB 2 MENGUMPULKAN DAN MENCATAT DATA
PENGAMATAN
Mencatat
Data Pengamatan
Mencatat
Informasi
Memilih
Metode untuk Mengamati dan Mencatat
Menggunakan
Daftar Centang Perkembangan Anak
Bab-bab
Selanjutnya
Pengamatan
Tiap Anak
Kegiatan
Pemelajaran
Bacaan
yang Disarankan
BAB 3 HARGA DIRI
Mengembangkan
Harga Diri
Berpisah
dari Pengasuh Utama Tanpa Kesulitan
Mengembangkan
Hubungan Kemelekatan yang Aman dengan Guru
Berhasil
Menyelesaikan Tugas
Melakukan
Pilihan Kegiatan Tanpa Bantuan Guru
Mengajak
Bermain Anak-anak Lain
Bermain
Peran Percaya Diri di Permainan Drama
Membela
Hak Sendiri
Menampilkan Antusiasme
Mengerjakan Sendiri Berbagai Hal
Mengamati, Mencatat, dan
Menafsirkan Harga Did
Kegiatan Pemelajaran
Bacaan yang Disarankan
Bacaan Anak-anak
BAB 4 PERKEMBANGAN EMOSIONAL
Mengembangkan Emosi
pads Anak-anak Kecil
Melepaskan Perasaan Stres dengan
Cara Sesuai
Mengungkapkan Kemarahan dalam
Kata-kata Ketimbang Tindakan
Bisa Tenang dalam Situasi Sulit
atau Berbahaya
Mengatasi Perasaan Sedih dengan
Cara yang Tepat
Menangani Situasi Mengejutkan
dengan Kontrol
Menunjukkan Kesukaan, Kasih
Sayang, Cinta Terhadap Orang Lain
Menunjukkan Minat, Perhatian
dalam Kegiatan Ruang Kelas
Tersenyum, Terlihat Bahagia
Sepanjang Waktu
Mengamati, Mencatat, dan
Menafsirkan Perkembangan Emosional
Kegiatan Pemelajaran
Bacaan yang Disarankan
Bacaan Anak-anak
BAB 5 PERMAINAN SOSIAL
Mengembangkan Kemampuan Permainan
Sosial
Pentingnya Permainan
Penelitian Permainan Dini Lain
Perkembangan Permainan Sosial
Peran Guru
Menghabiskan Waktu Mengamati Anak
Lain Bermain
Bermain Sendirian dengan
Materiel/Mainan Sendiri
Bermain Paralel dengan Anak Lain
dengan Mainan/Materiel yang Sama
Bermain dengan Anak Lain dalam
Permainan Kelompok
Berteman dengan Anak-anak Lain
Mendapatkan Akses ke Permainan
Berlangsung dalam Cara Positif
Mempertahankan Peran dalam
Permainan Sedang Berlangsung dalam Cara Positif
Menyelesaikan Konflik Permainan
dengan Cara Positif
Mengamati, Mencatat, dan
Menafsirkan Permainan Sosial
Kegiatan Pemelajaran
Bacaan yang Disarankan
Bacaan Anak-anak
BAB 6 PERILAKU PROSOSIAL
Mengembangkan Perilaku Prososial
Menunjukkan Kepedulian bagi
Seseorang dalam Kesusahan
Bisa Mengetahui Bagaimana
Perasaan Anak Lain Selama Konflik
Berbagi Sesuatu dengan Orang Lain
Memberikan Sesuatu Kepada Orang
Lain
Mengambil Giliran dengan Mudah
Memenuhi Permintaan dengan Mudah
Membantu Orang Lain Mengerjakan
Tugas
Membantu (Peduli Kepada) Orang
Lain yang Membutuhkan
Mengamati, Mencatat, dan
Menafsirkan Perilaku Prososial
Kegiatan Pemelajaran
Bacaan yang Disarankan
Bacaan Anak-anak
BAB 7 PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR
Mengembangkan Kemampuan Motorik
Kasar
Berjalan dengan Langkah Kaki
Selang-Seling
Berlari dengan Kecepatan dan Arah
Terkontrol
Melompat dengan Kedua Kaki
Bersama-sama
Meloncat dengan Satu Kaki
Mendaki dan Menuruni Peralatan
Mendaki
Melempar, Menangkap, dan
Menendang Bola
Mengendarai Sepeda Roda Tiga,
Sepeda, dan Skuter
Melakukan Gerakan Kreatif
Mengamati, Mencatat, dan
Menafsirkan Perkembangan Motorik Kasar
Kegiatan Pemelajaran
Bacaan yang Disarankan
Bacaan Anak-anak
BAB 8 PERKEMBANGAN MOTORIK HALOS
Mengembangkan Kemampuan Motorik
Halus
Memutar Kenop, Penutup, Pengocok
Telur
Menuang Cairan Tanpa Tumpah
Merapatkan/Membuka Ritsleting,
Kancing, Pengait Celana
Membawa dan Menyisipkan
Benda-bends dengan Tangkas
Membentuk Adonan Mainan/Lempung
dengan Tangkas
Menggunakan Peralatan
Gambar/Tulis dengan Terkontrol
Menggunakan Gunting dengan
Terkontrol
Menggunakan Martil dengan
Terkontrol
Mengamati, Mencatat, dan Menafsirkan
Perkembangan Motorik Kecil
Kegiatan Pemelajaran
Bacaan yang Disarankan
Bacaan Anak-anak
BAB 9 PERKEMBANGAN KOGNITIF
Mengembangkan Konsep
Kognitif
Penelitian Otak
Menggunakan Permainan
Tahapan Permainan Eksplorasi
Pengelompokan
Menilai Perkembangan
Memilah Objek Berdasarkan Bentuk,
Warns
Mengelompokkan Objek Berdasarkan
Ukuran
Menempatkan Objek dalam Urutan
atau Rangkaian
Mengenali, Membuat Pola
Menghitung Sambil Menghafal
Hingga 20
Menampilkan Korespondensi 1 Lawan
1 dengan Angka-angka
Menyelesaikan Soal/Masalah dengan
Benda Konkret
Menyelesaikan Soal/Masalah dengan
Program Komputer
Mengamati, Mencatat, dan
Menafsirkan Perkembangan Kognitif
Kegiatan Pemelajaran
Bacaan yang Disarankan
Bacaan Anak-Anak
BAB 10 BAHASA PERCAKAPAN
Mengembangkan Bahasa Percakapan
Tahapan Penguasaan Bahasa
Mendengarkan Tetapi Tidak
Berbicara
Memberikan Jawaban Satu Kata
Memberikan Respons Frasa Pendek
Melakukan Senanclung
Turut Serta dalam Percakapan
Berbicara dalam Kalimat Panjang
Mengajukan Pertanyaan
Bisa Mengisahkan Cerita
Mengamati, Mencatat, dan
Menafsirkan Bahasa Percakapan
Kegiatan Pemelajaran
Bacaan yang Disarankan
Bacaan Anak-anak
BAB 11 KEMUNCULAN KEMAMPUAN MENULIS DAN MEMBACA
Mengembangkan Kemampuan Literasi
Dini
Berpura-pura Menulis dengan
Gambar dan Coretan
Membuat Garis Horizontal Saat
Menuliskan Coretan
Menyertakan Behtuk Seperti Huruf
dalam Menulis
Membuat Beberapa Huruf, Mencetak
Nama atau Inisial
Memegang Buku di Sisi Kanan;
Membalik Halaman dari Kanan ke Kiri
Berpura-Pura Membaca Menggunakan
Gambar untuk Bercerita
Mengisahkan Kembali Cerita dari
Buku dengan Akurasi Meningkat
Menunjukkan Kesadaran Bahwa
Cetakan di Buku Mengisahkan Cerita
Mengamati, Mencatat, dan
Menafsirkan Perkembangan Literasi Munculan
Kegiatan Pemelajaran
Bacan yang Disarankan
Bacaan Anak-anak
BAB 12 KEMAMPUAN SENI DAN MUSIK
Mengembangkan Kemampuan Seni
Membuat Bentuk Coretan Dasar
Menggabungkan Lingkaran/Persegi
dengan Garis Stiang
Menggambar Orang Berwajah
Matahari dengan Lengan dan Tungkai
Menggabungkan Objek di Gambar
Mengamati, Mencatat, dan
Menafsirkan Kemampuan Seni
Mengembangkan Kemampuan Musik
Menggerakkan Tungkai dan Kaki
Ikuti Nada dan Irama
Menggerakkan Lengan dan Tangan
Ikuti Nada dan Irama
Memainkan Alat Musik
Menyanyi dalam
Kelompok atau Sendirian
Kegiatan
Pemelajaran
Bacaan yang
Disarankan
Bacaan
Anak-anak
BAB 13 PERMAINAN DRAMA
Mengembangkan
Kemampuan Permainan Drama
Melakukan
Permainan Simulatif Seorang Did
Memberikan
Peran atau Menerima Peran yang Diberikan
Membutuhkan
Alat Peraga Tertentu untuk Melakukan Permainan Simulasi
Memerankan
Karakteristik dan Tindakan Terkait Peran
Bisa
Berimajinasi dengan Benda Khayal
Menggunakan
Bahasa untuk Membuat dan Mempertahankan Alur Cerita
Mementaskan
Tema Bernuansa Bahaya, dan Menarik
Menggunakan
Tema, Ide, dan Detail Mendalam
Mengamati,
Mencatat, dan Menafsirkan Kemampuan Germain Drama
Kegiatan
Pemelajaran
Bacaan yang
Disarankan
Bacaan
Anak-anak
BAB 14 BERBAGI DATA PENGAMATAN DENGAN KELUARGA
Melibatkan
Keluarga dalam Program Anak-anak Mereka
Menjaclikan
Orangtua Mitra
Berbagi Hasil
Pengamatan
Mengembangkan
Portofolio Kolaboratif
Kegiatan
Pemelajaran
Bacaan yang
Disarankan
REFERENSI
WEB SITE
INDEKS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar