Judul Buku | : | MANAJEMEN KELAS GURU PROFESIONAL YANG INSPIRATIF, KREATIF, MENYENANGKAN DAN BERPRESTASI | |
Pengarang | : | Euis Karwati, S.kom., M.Pd | |
Penerbit | : | Alfabeta | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 340 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 500 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 70,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 59,500 | |
Stock | : | 1 |
MANAJEMEN
KELAS GURU PROFESIONAL YANG INSPIRATIF, KREATIF, MENYENANGKAN DAN BERPRESTASI
Pengarang: Euis Karwati, S.kom.,
M.Pd
Penerbit: Alfabeta
DAFTA
ISI
BAB 1 ASPEK MANAJEMEN DALAM KELAS
Pendahuluan
Pengertian
Manajemen
Manajemen
Kelas
Jenis-jenis
Kelas
Teori
dan Pendekatan Manajemen
Pendekatan
dalam Manajemen Kelas
Fungsi-fungsi
Manajemen dalam Kelas
Kegiatan
Utama dalam Manajemen Kelas
Prinsip-Prinsip
Manajemen Kelas
Tujuan
Manajemen Kelas
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Manajemen Kelas
Komponen-komponen
Keterampilan Manajemen Kelas
Manajemen
Kelas yang Efektif
Hal-hal
yang Perlu Dihindari Guru dalam Manajemen Kelas
Rangkuman
BAB 2 RUANG KELAS
Pendahuluan
Pengertian
Ruang Kelas
Sarana
dan Prasarana Ruang Kelas
Prinsip-prinsip
Pengaturan Kelas
Pengaturan
Kelas
Jendela
Kelas
Pintu
Kelas
Inovasi
dalam Ruang Kelas
Syarat
Kelas yang Nyaman
Pembangunan
Fisik Kelas
Rangkuman
BAB 3 GURU PROFESIONAL
Pendahuluan
Pengertian
Guru
Tugas
dan Peran Guru
Kinerja
Guru
Sejumlah
Konsep Terkait Profesionalisme
Profesionalisme
Guru
Kompetensi
Pedagogik
Kompetensi
Kepribadian
Kompetensi
Sosial
Kompetensi
Profesional
Keterampilan
Manajerial Guru
Keterampilan
Dasar Mengajar Guru
Mengajar
yang Efektif
Mengajar
yang Nyaman
Rangkuman
BAB 4 KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Pengertian
Komunikasi
Fungsi
Komunikasi dalam Pembelajaran
Tujuan
Komunikasi dalam Pembelajaran
Model
Komunikasi dalam Pembelajaran
Bentuk-bentuk
Komunikasi dalam Pembelajaran
Proses
Komunikasi dalam Pembelajaran
Alur
Komunikasi dalam Pembelajaran
Komunikasi
Efektif dalam Pembelajaran
Hambatan
dan Solusi dalam Komunikasi Pembelajaran
Prinsip
Komunikasi dalam Quantum
Teaching
Rangkuman
BAB 5 MEMAHAMI
PESERTA DIDIK
Pendahuluan
Pengertian
Peserta Didik
Hubungan
Guru dengan Peserta Didik
Tahapan
Perkembangan Peserta Didik
Identifikasi
dan Pola Tingkah Laku Peserta Didik
Kecerdasan
Berganda
Minat
Belajar Peserta Didik
Macam-macam
Minat Belajar Peserta Didik
Kelompok
Belajar Peserta Didik
Keaktifan
Belajar Peserta Didik
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar
Prestasi
Belajar
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
Tes
dan Non Tes untuk Memahami Peserta Didik
Rangkuman
BAB 6 MOTIVASI
PESERTA DIDIK
Pendahuluan
Pengertian
Motivasi Peserta Didik
Sumber
Motivasi Peserta Didik
Fungsi
dan Karakteristik Motivasi Peserta Didik
Teori
Hirarki Kebutuhan Maslow
Teori
Kebutuhan Berprestasi McClelland
Teori
"ERG" Clayton Alderfer
Teori
Dua Faktor Herzberg
Teori
Penguatan dan Modifikasi Perilaku
Teori
Imbalan dan Prestasi
Cara-cara
untuk Memotivasi Peserta Didik
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Motivasi Peserta Didik
Rangkuman
BAB 7 BELAJAR
Pendahuluan
Pengertian
Belajar
Ciri
dan Gaya Belajar
Prinsip-prinsip
Belajar
Jenis
Perilaku Belajar
Ciri-ciri
Perubahan Perilaku dalam Belajar
Teori
Behaviorisme
Teori
Kognitivisme
Teori
Belajar Psikologi Sosial
Teori
Belajar Gagne
Hasil
Belajar
Metode
Penelitian untuk Memahami Belajar
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Belajar
Rangkuman
BAB 8 MEDIA PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Pengertian
Media Pembelajaran
Fungsi
dan Manfaat Media Pembelajaran
Landasan
Pemanfaatan Media Pembelajaran
Prinsip-prinsip
Penggunaan Media Pembelajaran
Kriteria
dan Aspek Penting Memilih Media Pembelajaran
Perangkat
Media Pembelajaran
Klasifikasi
Media Pembelajaran
Rangkuman
BAB 9 MODEL PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Pengertian
Model Pembelajaran
Pertimbangan
dalam Memilih Model Pembelajaran
Kelompok
Model Pembelajaran
Model
Interaksi Sosial
Model
Pengolahan Informasi
Model
Personal
Model
Sistem Perilaku
Rangkuman
BAB 10 LINGKUNGAN SEKOLAH
Pendahuluan
Pengertian
Lingkungan Sekolah
Unsur-unsur
Lingkungan Sekolah
Macam-macam
Lingkungan Sekolah
Lingkungan
Sekolah yang Nyaman
Sekolah
Adiwiyata
Pengelolaan
Sampah Sekolah
Rangkuman
BAB 11 PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Pendahuluan
Pengertian
Penelitian Tindakan Kelas
Tujuan
Penelitian Tindakan Kelas
Manfaat
Penelitian Tindakan Kelas
Karakteristik
Penelitian Tindakan Kelas
Prinsip-prinsip
Penelitian Tindakan Kelas
Syarat-syarat
agar Penelitian Tindakan Kelas Berhasil
Bentuk-bentuk
Penelitian Tindakan Kelas
Dwain
Penelitian Tindakan Kelas
Model-model
Penelitian Tindakan Kelas
Perbedaan
Penelitian Tindakan Kelas dengan Penelitian Konvensional
Prosedur
dan Sistematika Proposal Penelitian Tindakan Kelas
Rangkuman
GLOSARIUM
INDEKS
DAFTAR
PUSTAKA
TENTANG
PENULIS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar