Judul Buku | : | PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR | |
Pengarang | : | Dr. Ahmad Susanto, M.Pd | |
Penerbit | : | Kencana | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 366 hlm | |
Kertas Isi | : | CD | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 23 cm | |
Berat | : | 600 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 88,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 74,800 | |
Stock | : | 1 |
PENGEMBANGAN
PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
Pengarang: Dr. Ahmad Susanto,
M.Pd
Penerbit: Kencana
DAFTAR
ISI
BAB 1 MAKNA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Urgensi Pengembangan Pembelajaran IPS
Pengertian Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Karakteristik Mata Pelajaran IPS
Karakteristik Dilihat dari Aspek Tujuan
Karakteristik Dilihat dari Aspek Ruang Lingkup Materi
Karakteristik
Dilihat dari Aspek Pendekatan
Pembelajaran
Dimensi Pembelajaran IPS
Dimensi Pengetahuan (Knowledge)
Dimensi Keterampilan (Skill)
Dimensi Mai Dan Sikap (Value And Atitude)
Dimensi Tindakan (Action)
Tujuan Pembelajaran IPS
Nilai-Nilai Keteladanan dalam Pembelajaran IPS
Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial
BAB 2 PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN METODE SIMULASI
Pendahuluan
Hakikat Metode Simulasi
Pengertian
Metode Simulasi
Bentuk
Simulasi
Permainan
Simulasi
Pelaporan dan
tanya jawab
Tujuan Metode
Simulasi
Kelebihan dan
Kekurangan Metode Simulasi
Kelebihan
Metode Simulasi
Kekurangan
Metode Simulasi
Implementasi Metode Simulasi
dalam Pembelajaran IPS
Prasyarat
yang Mengoptimalkan Metode Simulasi
Prinsip-Prinsip
Metode Simulasi
BAB
3 PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MASALAH
Konsep Dasar
Pembelajaran Berbasis Masalah
Hakikat Masalah Dalam
Pembelajaran Berbasis Masalah
Karakteristik
Pembelajaran Berbasis Masalah
Tujuan
Pembelajaran Berbasis Masalah
Lingkungan Belajar dalam
Pembelajaran Berbasis Masalah
Desain
Pembelajaran Berbasis Masalah
Tahapan
Pembelajaran Berbasis Masalah
Implementasi
Pembelajaran Berbasis Masalah
Keunggulan dan Kelemahan
Pembelajaran Berbasis Masalah
Penilaian
Pembelajaran Berbasis Masalah
BAB 4 PEMBELAJARAN IPS
MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND
LEARNING (CTL)
Pengertian Contextual
Teaching And Learning
Landasan Filosofis Pendekatan
Pembelajaran Kontekstual
Karakteristik
Pendekatan CTL
Teori Belajar
yang Mendasari Pendekatan CTL
Implentasi
Pendekatan CTL Dalam Pembelajaran IPS
BAB 5 PENDEKATAN
PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME
Pengertian Konstruktivisme
Ciri-Ciri
Pembelajaran Konstruktivisme
Jenis-Jenis
Konstruktivisme
Teori Belajar yang Mendukung
Pendekatan Konstruktivisme
Implementasi Pendekatan
Konstruktivisme dalam Pembelajaran IPS
Metode
Mengajar Dalam Pendekatan Konstruktivisme
BAB 6 PENDEKATAN
INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
Pentingnya
Penerapan Pendekatan Inquiry
Pengertian
Pendekatan Pembelajaran Inquiry
Ciri-Ciri
Pendekatan Pembelajaran Inquiry
Tujuan
Pendekatan Pembelajaran Inquiry
Implementasi Pendekatan Inkuiri
dalam Pembelajaran IPS
Kelebihan dan
Keterbatasan Pendekatan Inquiry
Peran Guru
dalam Pembelajaran Inquiry
Jenis
Pendekatan Pembelajaran Inquiry
Penutup
BAB 7 PENGGUNAAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENDIDIKAN
IPS
Pentingnya
Model Pembelajaran Kooperatif
Pengertian
Pembelajaran Kooperatif
Tujuan
Pembelajaran Kooperatif
Unsur-Unsur
Pembelajaran Koperatif
Landasan
Teori Pembelajaran Koperatif
Implementasi
Pembelajaran Kooperatif
Tipe-Tipe
Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht)
Pembelajaran
Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt)
Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Investigasi Kelompok
Model Pembelajaran Tipe STAD
Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC)
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Team Accelerated Instruction (TAI)
Peran Guru dalam Model Pembelajaran Kooperatif
Keunggulan
dan Kelemahan Model Pembelajaran Kooperatif
BAB
8 PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN IPS
Perihal
Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat ,
Pengertian Pendekatan Sains
Teknologi dan Masyarakat
Tujuan
Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat
Karakteristik Pendekatan Sains
Teknologi dan Masyarakat
Penerapan Pendekatan Sains
Teknologi dan Masyarakat
Keunggulan Dan Kelemahan
Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat
BAB
9 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU
Pentingnya
Pembelajaran Terpadu
Pengertian
Pembelajaran Terpadu
Karakteristik
Pembelajaran Tematik Terpadu
Landasan-landasan
Pembelajaran Terpadu
Model-model
Pembelajaran Terpadu
Implikasi-implikasi
Pembelajaran Terpadu
Prinsip-prinsip
Pembelajaran Terpadu
Kelebihan dan Kelemahan Pembelajaran Terpadu
Manfaat Pembelajaran Terpadu
Implementasi Pembelajaran Terpadu
BAB 10 PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPS
Pendahuluan
Pengertian Media Pembelajaran
Klasifikasi Media Pembelajaran
Tujuan Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran
Kegunaan Media Pembelajaran
Jenis Media Pembelajaran
Media Berbasis Visual
Media Berbasis Audio Visual
Media Berbasis Komputer
Media Berbasis Edutainment
Film Animasi
DAFTAR PUSTAKA
INDEKS
TENTANG PENULIS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar