Judul Buku | : | PERSPEKTIF ISLAM TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A | |
Penerbit | : | Kencana | |
Cetakan | : | Ke-3 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 382 hlm | |
Kertas Isi | : | CD | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 23 | |
Berat | : | 500 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 88,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 74,800 | |
Stock | : | 1 |
PERPSPEKTIF
ISLAM TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN
Pengarang: Prof. Dr. H. Abuddin
Nata, M.A
Penerbit: Kencana
DAFTAR
ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
Dasar Pemikiran
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode dan Pendekatan
BAB 2 PARADIGMA BARU PENDIDIKAN
Pendahuluan
Macam-macam Paradigms Baru
Pendidikan
Penutup
BAB 3 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BELAJAR DAN MENGAJAR
Pengantar
Berbagai Istilah tentang Manusia
Berbagai Potensi Manusia
Penutup
BAB 4 STRUKTUR JIWA
MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEGIATAN
BELAJAR MENGAJAR
Pengertian Jiwa dan Ilmu Jiwa
Struktur Kejiwaan Manusia
Hubungan Struktur Kejiwaan dengan
Kegiatan Belajar Mengajar
Penutup
BAB 5. STRUKTUR FITRAH MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEGIATAN BELAJAR
MENGAJAR
Pengertian Fitrah Manusia
Struktur Fitrah Manusia
Hubungan Struktur Fitrah Manusia
dan Kegiatan Belajar Mengajar
Penutup
BAB 6. KONSEP PEMBELAJARAN
Hakikat Belajar
Berbagai Teori tentang
Pembelajaran
Tujuan Belajar dan Pembelajaran
Tingkat dan Jenis Karakteristik
Peserta Didik dalam Kegiatan Belajar
Hubungan Tingkat dan Jenis
Karakteristik Peserta Didik dengan Kegiatan Pembelajaran
Penutup
BAB 7. BERBAGAI ALIRAN DALAM PENDIDIKAN DAN
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Berbagai Aliran dalam
Pendidikan dan Pembelajaran
Aliran Konvergensi
Penutup
BAB 8. BERBAGAI KONSEP DAN TEORI PEMBELAJARAN
Pengantar
Teori Pembelajaran yang
Bercorak Naturalisme dan Romantisme
Konsep Pendidikan Transmisi
Kultural
Penutup
BAB 9. BERBAGAI PENDEKATAN DALAM BELAJARMENGAJAR
Pengantar
Pendekatan Individualistic
Pendekatan Kelompok
Pendekatan Campuran
Pendekatan Edukatif
Penutup
BAB 10. METODE PENGAJARAN
Pengertian Metode Mengajar
Kedudukan Metode Pengajaran
Macam-macam Metode Pengajaran
Faktor-faktor yang Perlu
Dipertimbangkan dalam Memilih Metode Pengajaran
Penutup
BAB 11. KOMPONEN STRATEGI PEMBELAJARAN
Pengertian Strategi Pembelajaran
Komponen Strategi Pembelajaran
Penutup
BAB 12. PENDEKATAN CARA BELAJAR SISWA AKTIF (CBSA) DAN KETERAMPILAN
PROSES
Pengertian
Langkah-langkah Pendekatan CBSA
dan Keterampilan Proses
CBSA dalam Pandangan Islam
Penutup
BAB 13. MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING (QT)
Pengertian
Prinsip-prinsip dalam Quantum
Teaching
Penutup
BAB 14. MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL)
Pengertian
Desain Pembelajaran Model PBL
Kelebihan dan Kekurangan PBL
Pandangan Islam tentang PBL
Penutup
BAB 15. MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTERAKTIF LEARNING
Pengertian
Tahap-tahap Pelaksanaan
Beberapa Teknik Pembelajaran
Partisipatif
Pandangan Islam tentang
Interaktif dan Cooperatif Learning
Penutup
BAB 16. PENGEMBANGAN VARIASI BELAJAR MENGAJAR
Pengertian
Tujuan Variasi Belajar Mengajar
Prinsip-prinsip yang Perlu
Dipertimbangkan
Berbagai Komponen Variasi
Mengajar
Penutup
BAB 17. SUMBER, MEDIA, DAN ALAI PEMBELAJARAN
Sumber Pembelajaran
Media Pengajaran
Alat Pengajaran
Manfaat Sumber, Media, dan Alat
Pengajaran
Pertimbangan dalam Memilih Sumber
Pengajaran
Pertimbangan dalam Memilih Media
Pengajaran
Pertimbangan dalam Memilih Alat
Pengajaran
Penutup
BAB 18. KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR
Pengertian Keberhasilan Belajar
Mengajar
Faktor yang Memengaruhi
Keberhasilan Mengajar
Keberhasilan Belajar Mengajar
Menurut Ajar; Islam
Penutup
BAB 19. TEKNIK MENDAPATKAN UMPAN BALIK
Pengertian dan Tujuan
Teknik Mendapatkan Umpan Balik
Tinjauan Islam tentang Penggunaan
Umpan Balik
Penutup
BAB 20. PENGELOLAAN KELAS
Pengertian dan Tujuan Pengelolaan
Kelas
Berbagai Pendekatan dalam
Pengelolaan Kelas
Prinsip-prinsip Pengelolaan Kelas
Pengelolaan Kelas dalam Pandangan
Islam
Penutup
BAB 21. PENUTUP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar