Judul | : | PENDIDIKAN ANAKKU TERLAMBAT BICARA | |
Pengarang | : | Julia Maria Vantiee | |
Penerbit | : | Prenada | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 488 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 23 cm | |
Berat | : | 600 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 92,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 78,200 | |
Stock | : | 1 |
PENDIDIKAN
ANAKKU TERLAMBAT BICARA
Pengarang: Julia Maria Vantiee
Penerbit: Prenada
DAFTAR
ISI
BAGIAN I TERLAMBAT BICARA (Gangguan Bicara
dan Bahasa Ekspresif)
Adakah Masalah di Baliknya?
Gara-gara Prognosis Baik jadi
Terabaikan ?
Sebagai Anak Berisiko Mereka Perlu "Benders
Merah"
Gangguan Bicara dan Bahasa Spesifik sebagai Gangguan Primer
Gangguan Bicara dan Bahasa Spesifik
Afasia
Klasifikasi Gangguan Komunikasi
dan Bahasa
Mixed Receptive-Expressive
•Language Disorder dari DSM IV dan
DSM IV-TR
Satu Anak Berbagai Istilah
Multisystem
Developmental Disorder (MSDD)
Maturity
Delayed
Dysphasia
Specch
Delayed
Speech
and Language Expressive Disorder
Specific
Language Impairment
Centrum
Auditory Processing Disorder (CAPD)
Pure
Dysphatic Development
Gifted
Visual Spatial Learner
Disynchronous
Developmental
Fewyebabnya Genetik
Tak Pernah Disangka jika
IQ-nyaTinggi
Wajari Dahulu Perkembangan
Normal
Periode Pra-Lingual atau Pra-Verbal
Usia 6
Minggu Hingga 4 Bulan
Usia 4-7
Bulan
Usia 7-12
Bulan
Periode Lingual Dini atau Awal Verbal (1 -2,6 Tahun)
Periode Diferensiasi (Sekitar Usia 2,6 — 5 Tahun)
Aspek
Pragmatik dan Metalinguistik yang Komunikatif
Perkembangan
Kosakata Anak
Pembentukan
Kalimat
Memori bahasa dan Mencari Daftar Kata dalam
Memori......
Ikuti
PolaAlanniahTurnbuh Kembangnya
Konsep
Metamorphose
Belahan
Otak (Hemisfer)
Dominasi
Otak Sebelah Kanan dan Visual Learner
Bagaimana
Penjelasannya?
Tampilan
Gejala
Kemampuan
Reseptifnya Baik
Kemampuan
Bahasa Nonverbalnya Baik
Perkembangan
Pemahaman dan Perasaan
terhadap
Situasi Sosial Juga Baik
Do. Kaitannya
dengan Perkembangan Bicara
Perkembangan
Fantasi dan Imajinasi
Kefkesibelan
Terhadap Perubahan dalam Situasi Sosial
Bagaimana Gejalanya
Jika Anak Kita Mempunyai Keterbatasan Berbahasa Nonverbal?
CuekTak Mau Merespons Panggilan?
Dalam
Dunianya Sendiri?
Keterlambatan
atau Kelemahan Bahasa
Dianogsis Pembanding
Bagaimana
Membedakannya dengan Autis?
Bagaimana
Cara Mengetahui bukan Learning
Disabilities?
Komorbiditas (Gangguan Lain yang Mengikutinya atau yang Muncul
Secara Bersamaan)
Tidak
Berperilaku RepetitifAutisme
(Gerakan
Berulang-ulang)
Perilaku Bermasalah
Rigiditas?
Dibutuhkan Pendekatan Multidisiplin (Dalam Deteksi,
Diagnosis, Interversi, dan Pendidikannya)
Apa
Itu Ortopedagog?
Psikolog
Dokter
Speech
Language Pathologist dan Terapis Wicara
Terapi
Gerak (Physiotherapy) dan Terapi
Okupasi
(Occupational
Therapy)
Perlu Penanganan DuaArah
Diperlukan Laporan Detail
Stimulasi dan Faktor yang Perlu Diperhatikan
Konsentrasi
Pemrosesan
Informant Auditory
Oral
Motor
Kemampuan
Bicara (Kelancaran, Gagap, Pemalu)
Penanganan Gangguan Berbahasa
Perkembangan
Kemampuan Fonologis
Perkembangan
Kemampuan Morfologi Bahasa
Perkembangan Kemampuan Pernahaman Bahasa (Aspek
Semantik)
Perkembangan
Secara Kuantitatif
Bagaimana
dengan Anak-Anak Multibahasa?
Perkembangan
secara Kualitatif
Pengelompokan
Kata-kata Baru
Neologisms
Perkembangan
Kemampuan membangun Gramatika (Aspek Sintaksis)
Perkembangan Kemampuan Pragmatika Bahasa (Aspek
Pragmatik)
Faktor yang Perlu Diperhatikan pads Saat Intervensi
Intervensi
Memerlukan Pemahaman FaseTumbuh
Kembang
Intervensi Memerlukan Kontak Sosial
Intervensi Memerlukan Pendekatan pads Minat dan
Karakteristik Anak
Intervensi
Perlu Memanfaatkan Inner Language
Intervensi
Adalah dalam Bentuk Stimulasi bukan Training
jangan Lupa jika Ada Gangguan Ikutan (Komorbiditas)
Fase-fase Intervensi
Fase Praverbal
Fase Awal Verbal
Fase Verbal
Evaluasi dan PencapaianTujuan
BAGIAN 2 KEBERBAKATAN (GIFTEDNESS)
Bukan Sekadar Perkembangan
Kognitif
Tipenya Ternyata Banyak
Tipe gifted menurut Betts & Neihart (1988)
Tipe I (The Success full)
Tipe II (The Challonging)
Tipe 111 (The Underground)
Tipe IV (The Drop Out)
Tipe V (The Double Labeled)
Tipe V1 (The Outonomous Learner)
Anak Kita yang Mana?
Model Giftedness
Bukan Hanya Mengukur IQ
Tiga Model Giftedness yangTerkenal
The Three Ring dari
Renzulli
The Triadich Renzulli
– Monks
The Munich Model dari
Kurt Heller
Anak Gifted,Anak
BerinteligensiTinggi,AnakAjaib, Anak
Genius, dan Anak Bertalenta
Gifted atau Anak Berinteligensi Tinggi?
jadi Apa Artinya Kreativitas?
Anak Ajaib (The Prodigy atau Wonder Kind)
Anak Genius
Anak Bertalenta
Dari Thhun ke Tahun:
Perkembangan Anak Gifted
Bagaimana Gejalanya Sejak Bayi?
Bagaimana Pola Perkembangan SeorangAnak Gifted?
Perkernbangannya.
Mempunyai Skala yang Besar (Dabrowski's Theory)
Mempunyai
Lompatan Perkembangan
Disinkronitas
atau Asinkronitas Perkembangan
Perkembangan
Dari Periode ke Periode
Tahun-Tahun Pertama Hingga Usia 2,5 Tahun
Perkembangan
Usia 2,54 Tahun
Perkembangan Usia 4-6 Tahun
Perkembangan Usia Sekolah Dasor (6-12 Tahun)
Usia
Sekolah Lanjutan (12-18 Tahun)
Cepat
Dewasa
Asyik
Mengembangkan Talentanya
Kompetisi
Demi
Masa
Depon
Masalah-masalah Anak Gifted
Anak
yangTak Bisa Dididik atau Anak Gifted?
Mengapa
Anak Gifted-dapat Terjerat dalam
Diagnose
Autisme atau ADHD?
Gifted Plus
Hambatan
Prestasi Karena Apa?
No. Masalah
Gangguan Primer
Masalah
Gangguan Sekunder
Bagaimana Bedanya:Anak Bermasalah atau Anak Gifted?...'
Anak
Gifted Sering Dipahami Sebagai Anak Bermasalah
Gaya Berpikir (Cognitive Style)
Cara Berpikir Auditory Learner vs.Visual Spatial Learner
Kekuatan Auditory Learner vs. Kekuatan Visual
Learner
Kesadaran
Akan Waktu vs. Kesadaran Akan Ruang
Tahap
Pertahap vs. Global-Detail
Dari yang Mudah ke
yang Sulit vs. Sulit dan SulitAdalah Lebih Mudah
Detail vs. Gambaran Global
Perintah SecaraVerbal vs. Memberikan Bentuk Gambar '
Komposisi vs. Pemecahan Masalah dalam Matematika
Andal dalam
Mengucapkan Kata-kata vs.Kesulitan Mengeja
Menjelaskan
Hasil Kerja Secara Berurutan vs.Tidak tahu Bagaimana Jalan Ceritanya
Mengulang Hafalan vs. Mendahulukan
Auditory
Short-Term Memory vs. Visual Long-Term Memory
Pengulangan-pengulangan
dan Driling vs. Gambaran Permanen
Belajar
dari Instruksi vs. Membangun Cara-caranya Sendiri
Berpikir Konvergen vs. Berpikir Divergen
Dapat
Memisahkan antara Belajar dan Emosi vs. Faktor Emosi Akan Memengaruhi Kegiatan
Belajar
Tumbuh
dan Berkembang Secara Harmonis vs. Mengalami Keticlaksinkronan Perkembangan
Berprestasi Secara Konsisten di Semua Bidang vs. Berprestasi di Bidang
Khusus
Academically
Tallented vs. Creativity Gifted
Cepat
Berkembang vs. Berkembang Belakangan
Pendeteksian dan Permasalahannya
Ticlak
Ada Check List yang Baku Saat Balita
Tumbuh
Kembangnya Krusial—Deteksinya Semakin Sulit
Hindari
Pelabelan?Tentu SajaTak Mungkin
Salah
Penggunaan Spektrum Autisme
Gifted Underachiever
BAGIAN 3 MENDAMPINGI PENDIDIKAN TERNYATA SEGALANYA SANGAT RUMIT
School readiness
Menyiapkan
Anak ke Sekolah
Penyusuaian
Rencana Pendidikan dengan Taumbuh
Kembangannya
Mulai
dengan Prasyarat yang Menclukung Pembelajaran
Prasyarat
Pembelajaran
Inteligensi
Faktor
yang Selalu Menjadi "Debar Sambal"
Inteligensi Sebuah Potensi Bawaan, Prestasi Adalah Perwujudan dari
Potensi dan Pengasuhan/Pendidikan
Tiga
Bentuk Inteligensi: Inteligensi A, B, C
Sisi Nature dari
Inteligensi (Suclut Pandang Biologis) Genetik
Sebagai Blue Print Perkembangan
Sisi Nurture dari
Inteligensi (Lingkungan, Nutrisi, Pengasuhan,
dan Pendidikan)
Tes
Inteligensi, Perlukah?
Kapan Tes
Dilakukan?
Bagaimana
Stimulasi yang Sesuai
Personalitas dan Perkembangan Sosial Emosional
Pengaruh
Skala Perkembangan yang Besar dan
Disinkronitas Perkembangan
Perkembangan Emosi
Perkembangan
Pemahaman dan Perasaan Terhadap Situasi
Sosial
Membaca
Kedalaman atau Perspektif Pesan Sosial
Eksplorasi Emosinya dan Kenalkan Padanya
Metakognisi dan Anxiety
Tuntutan yang
Harus Adil dan Jujur
Kritis
Terhadap Diri Sendiri, Perfeksionis,
dan
Kefrustasian
Kritis,
Seperti Mempunyai "Stoner" Terhadap Apa Pun
Bagaimana
Kita Harus Bergaul dengan Keras Kepalanya
Faalangst,
Masalah yangTersering Muncul
Konsep Diri
yang Sering Jatuh
Bagaimana Mengatasi Konsep Diri
yang Negatif?
Introvert,
Menarik Diri Terbanyak pads Gifted Visual Spatial Learner
Kemarahannya
Akan Dibawanya Saat Belajar
jangan
Biarkan la Memanipulasi Orang Lain
Perlu
Dibuatkan Struktur
Ketidak
Percayaan Pada Kelelakiannya
Gifted
Perempuan
Ajarkan
Relasi dengan Teman Sebaya
Ajarkan Pentingnya Mampu Berfungsi dalam Kelompok
Mendukungnya
Reward & PunishmentTak Berguna Baginya
Kompromi, Janji, Konsisten dan
Konsekuen Adalah
Strategi yang
Dibutuhkannya
Utamakan
Mendukung Faktor Kuatnya.
Kenalkan Dirinya pads
Karakteristik Kuat dan Lemahnya.
Aktualisasi Keberbakatan
Potensi vs. Prestasi
Mengetahui Potensi? LihatTingkat Perkembangan Anak
Bandingkan dengan Pola Normal
Potensi Terkuat
Pendidikan dan Bentuk Sekolah
yang Cocok
Strategi Perluasan Jejaring Sekolah
Strategi Pendalaman Masalah
Loncat Kelas?
Pengkayaan (Enrichment) dan Pendalaman (Extention)
IEP (Individualized Education Program)
Perbaiki Kinerja dan Strategi Belajar
Daftar Pustaka
Tentang Penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar