TOKO BUKU RAHMA

TOKO BUKU DISKON SEPANJANG MASA, DISKON s/d 50%
Sedia buku TK/ PAUD, SD, SMP/SMK, Soal-soal ujian, UAN, UASBN, SBMPTN, Evaluasi Ulangan Umum, Agama Islam, Umum, Perguruan Tinggi: Ekonomi, Akuntansi, manajemen, pajak, hukum, undang-undang, mipa, fisika, kimia, biologi, matematika, elektro, listrik, teknik industri, kimia, arsitektur, sipil, lingkungan, perawat, bidan, kedokteran, atlas, statistika, metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, pendidikan, penelitian tindakan kelas PTK, penelitian tindakan sekolah PTS, penulisan skripsi, tesis, disertasi, agama, syariah, proses belajar mengajar, komunikasi, jurnalistik, komputer, dll.

KONTAK

HP/WA 0856 0196 7147
email tokobukuantik@gmail.com

Mengingat kapasitas Blog terbatas dan saat ini blog sudah mulai penuh, maka untuk buku-buku baru silahkan lihat di web TB. RAHMA yang baru :
www.tokobukurahma.com

Senin, 06 Mei 2013

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Judul : PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Pengarang : Drs. Sumadi Suryabrata, B.A., M.A., Ed.S., Ph.D.
Penerbit : RajaGrafindo
ISBN : 979-421-082-x
Cet/ Edisi  : Edisi 5 Cet 19
Tahun Terbit : 2012
Bahasa : Indonesia 
Jumlah Halaman : xvi + 354 hlm
Kertas Isi : HVS
Cover : Soft
Ukuran : 13 x 21 cm
Berat : 400 Gram
Kondisi : Baru
Harga : Rp. 75.000 diskon 15%
Bayar :  Rp. 63.750
Stock : 1




PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Pengarang : Drs. Sumadi Suryabrata, B.A., M.A., Ed.S, Ph.D.

Penerbit : RajaGrafindo Persada (Rajawali Press)


DAFTAR ISI :

BAB 1. PENDAHULUAN
Perlu dan pentingnya psikologi pendidikan
Ruang lingkup psikologi pendidikan
Sistematika isi buku

BAB 2. SIFAT- SIFAT UMUM AKTIVITAS MANUSIA
Perhatian
-          pengertian
-          macam- macam perhatian
-          hal- hal yang manarik perhatian
-          beberapa kesimpulan praktis
pengamatan
-          pengertian
-          penglihatan
-          pendengaran
-          rabaan
-          pembauan (penciuman)
-          pencecapan
-          beberapa masalah praktis
Tanggapan dan variasinya
-          Pengertian tanggapan
-          Bayangan pengiring
-          Bayangan eidetic
-          Beberapa catatan praktis
Fantasi
-          Pengertian
-          Klasifikasi
-          Nilai praktis fantasi
-          Beberapa catatan praktis
Ingatan
-          Pengerian
-          Mencamkan
-          Mengingat dan lupa
-          Reproduksi
-          Asosiasi
-          Beberapa catatan praktis
Berfikir
-          Pengertian
-          Proses berpikir
-          Psikologi berpikir
-          Beberapa catatan praktis
Perasaan
-          Pengertian
-          Macam- macam perasaan
-          Beberapa catatan praktis
Motif- motif
-          Pengertian
-          Macam- macam motif
-          Beberapa catatan praktis

BAB 3. SIFAT- SIFAT KHAS KEPRIBADAIAN MANUSIA
Beberapa teori tipologi
-          Teori Hippocrates-Galenus
-          Tipologi mazhab Italia dan mazhab Perancis
-          Tipologi kreatchmer
-          Teori sheldor
-          Beberapa tipologi yang berdasarkan keadaan kejiwaan semata- mata
-          Tipologi heymans
-          Tipologi spranger
Beberapa teori kepribadian yang memakai cara pendekatan lain
-          Psikoanalisis teori Sigmund freud
-          Psikologi analitis, teori Carl Gustav Jung
-          Individual psychologie, teori Alfred Adler
-          Beberapa catatan praktis

BAB 4. SIFAT- SIFAT KHAS INDIVIDU YANG LAIN: MASALAH INTELIGENSI
Sifat hakikat inteligensi
-          Konsepsi-konsepsi mengenai inteligensi yang bersifat spekulatif-filsafati
-          Konsepsi- konsepsi yang bersifat pragmatis
-          Konsepsi- konsepsi factor
-          Konsepsi yang bersifat operasional
-          Konsepsi-konsepsi fungsional
Pengukuran inteligensi
-          Perkembangan tes inteligensi pada umumnya
-          Perkembangan tes inteligensi model binet
-          Test Wechsler
-          Soal- soal praktis

BAB 5. PERBEDAAN –PERBEDAAN DALAM BAKAT
Apakah bakat itu?
Bagaimana caranya kita mengenal bakat seseorang?

BAB 6. PERKEMBANGAN INDIVIDU
Apakah perkembangan itu?
-          Aliran asosiasi
-          Tipologi Gestalt
-          Aliran sosiologis
Factor- factor apakah yang mempengaruhi perkembangan itu?
-          Nativisme
-          Empirisme
-          Konvergensi
Bagaimana sifat- sifat anak- anak pada masa- masa tertentu dalam perkembangan tersebut
-          Periodisasi-periodisasi yang berdasar biologis
-          Periodisasi-periodisasi yang berdasar didaktis
-          Periodisasi-periodisasi yang berdasar psikologis 

BAB 7. PERUBAHAN INDIVIDU KARENA BELAJAR
Pendahuluan
-          Perlu dan pentingnya masalah belajar
-          Ahli- ahli psikologi memegang peran utama dalam mengupas masalah belajar
Apakah belajar itu?
-          Macam- macam aktivitas yang disebut belajar
-          Macam- macam definisi
Factor- factor yang mempengaruhi belajar
-          Factor- factor nonsosial dalam belajar
-          Factor- factor social dalam belajar
-          Factor- factor fisiologis dalam belajar
-          Factor- factor psikologi dalam belajar
Bagaimanakah belajar itu terjadi? Beberapa konsepsi atau teori belajar
-          Konsepsi- konsepsi yang disusun atas dasar pemikiran spekulatif
-          Ebbinghaus merintis cara pendekatan eksperimental
-          Teori thorndike atau bond-psychology
-          Pavlovionisme conditioning
-          Behaviorisme
-          Teori skinner : operant conditioning
-          Teori gestalt
-          Belajar menurut teori medan
-          Pendirian eklektik

BAB 8. PENILAIAN HASIL- HASIL PENDIDIKAN
Pendahuluan
-          Masalah penilaian hasil- hasil pendidikan bukanlah maslah baru, ujian adalah cara yang paling umum dilakukan dalam usaha tersebut
-          Rapor sebagai perumusan terakhir sesaat daripada penilaian hasil- hasil pendidikan
-          Fungsi penilaian dalam proses pendidikan
Teknik penilaian
-          Syarat- syarat penilaian yang baik
-          Bermacam- macam bentuk penilaian
Statistika sederhana
-          Perlu dan pentingnya soal ini
-          Bermacam- macam data kuantitatif
-          Pembuatan table frekuensi
-          Ukuran- ukuran pemencaran (sebaran) atau variabilitas
-          korelasi
-          beberapa catatan penutup



KEMBALI KE HALAMAN AWAL 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar