Judul | : | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | |
Pengarang | : | Drs. Sumadi Suryabrata, B.A., M.A., Ed.S., Ph.D. | |
Penerbit | : | RajaGrafindo | |
ISBN | : | 979-421-082-x | |
Cet/ Edisi | : | Edisi 5 Cet 19 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xvi + 354 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 13 x 21 cm | |
Berat | : | 400 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 75.000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp. 63.750 | |
Stock | : | 1 |
PSIKOLOGI
PENDIDIKAN
Pengarang
: Drs. Sumadi Suryabrata, B.A., M.A., Ed.S, Ph.D.
Penerbit
: RajaGrafindo Persada (Rajawali Press)
DAFTAR
ISI :
BAB
1. PENDAHULUAN
Perlu
dan pentingnya psikologi pendidikan
Ruang
lingkup psikologi pendidikan
Sistematika
isi buku
BAB
2. SIFAT- SIFAT UMUM AKTIVITAS MANUSIA
Perhatian
-
pengertian
-
macam-
macam perhatian
-
hal-
hal yang manarik perhatian
-
beberapa
kesimpulan praktis
pengamatan
-
pengertian
-
penglihatan
-
pendengaran
-
rabaan
-
pembauan
(penciuman)
-
pencecapan
-
beberapa
masalah praktis
Tanggapan
dan variasinya
-
Pengertian
tanggapan
-
Bayangan
pengiring
-
Bayangan
eidetic
-
Beberapa
catatan praktis
Fantasi
-
Pengertian
-
Klasifikasi
-
Nilai
praktis fantasi
-
Beberapa
catatan praktis
Ingatan
-
Pengerian
-
Mencamkan
-
Mengingat
dan lupa
-
Reproduksi
-
Asosiasi
-
Beberapa
catatan praktis
Berfikir
-
Pengertian
-
Proses
berpikir
-
Psikologi
berpikir
-
Beberapa
catatan praktis
Perasaan
-
Pengertian
-
Macam-
macam perasaan
-
Beberapa
catatan praktis
Motif-
motif
-
Pengertian
-
Macam-
macam motif
-
Beberapa
catatan praktis
BAB
3. SIFAT- SIFAT KHAS KEPRIBADAIAN MANUSIA
Beberapa
teori tipologi
-
Teori
Hippocrates-Galenus
-
Tipologi
mazhab Italia dan mazhab Perancis
-
Tipologi
kreatchmer
-
Teori
sheldor
-
Beberapa
tipologi yang berdasarkan keadaan kejiwaan semata- mata
-
Tipologi
heymans
-
Tipologi
spranger
Beberapa
teori kepribadian yang memakai cara pendekatan lain
-
Psikoanalisis
teori Sigmund freud
-
Psikologi
analitis, teori Carl Gustav Jung
-
Individual
psychologie, teori Alfred Adler
-
Beberapa
catatan praktis
BAB
4. SIFAT- SIFAT KHAS INDIVIDU YANG LAIN: MASALAH INTELIGENSI
Sifat
hakikat inteligensi
-
Konsepsi-konsepsi
mengenai inteligensi yang bersifat spekulatif-filsafati
-
Konsepsi-
konsepsi yang bersifat pragmatis
-
Konsepsi-
konsepsi factor
-
Konsepsi
yang bersifat operasional
-
Konsepsi-konsepsi
fungsional
Pengukuran
inteligensi
-
Perkembangan
tes inteligensi pada umumnya
-
Perkembangan
tes inteligensi model binet
-
Test
Wechsler
-
Soal-
soal praktis
BAB
5. PERBEDAAN –PERBEDAAN DALAM BAKAT
Apakah
bakat itu?
Bagaimana
caranya kita mengenal bakat seseorang?
BAB
6. PERKEMBANGAN INDIVIDU
Apakah
perkembangan itu?
-
Aliran
asosiasi
-
Tipologi
Gestalt
-
Aliran
sosiologis
Factor-
factor apakah yang mempengaruhi perkembangan itu?
-
Nativisme
-
Empirisme
-
Konvergensi
Bagaimana
sifat- sifat anak- anak pada masa- masa tertentu dalam perkembangan tersebut
-
Periodisasi-periodisasi
yang berdasar biologis
-
Periodisasi-periodisasi
yang berdasar didaktis
-
Periodisasi-periodisasi
yang berdasar psikologis
BAB
7. PERUBAHAN INDIVIDU KARENA BELAJAR
Pendahuluan
-
Perlu
dan pentingnya masalah belajar
-
Ahli-
ahli psikologi memegang peran utama dalam mengupas masalah belajar
Apakah
belajar itu?
-
Macam-
macam aktivitas yang disebut belajar
-
Macam-
macam definisi
Factor-
factor yang mempengaruhi belajar
-
Factor-
factor nonsosial dalam belajar
-
Factor-
factor social dalam belajar
-
Factor-
factor fisiologis dalam belajar
-
Factor-
factor psikologi dalam belajar
Bagaimanakah
belajar itu terjadi? Beberapa konsepsi atau teori belajar
-
Konsepsi-
konsepsi yang disusun atas dasar pemikiran spekulatif
-
Ebbinghaus
merintis cara pendekatan eksperimental
-
Teori
thorndike atau bond-psychology
-
Pavlovionisme
conditioning
-
Behaviorisme
-
Teori
skinner : operant conditioning
-
Teori
gestalt
-
Belajar
menurut teori medan
-
Pendirian
eklektik
BAB
8. PENILAIAN HASIL- HASIL PENDIDIKAN
Pendahuluan
-
Masalah
penilaian hasil- hasil pendidikan bukanlah maslah baru, ujian adalah cara yang
paling umum dilakukan dalam usaha tersebut
-
Rapor
sebagai perumusan terakhir sesaat daripada penilaian hasil- hasil pendidikan
-
Fungsi
penilaian dalam proses pendidikan
Teknik
penilaian
-
Syarat-
syarat penilaian yang baik
-
Bermacam-
macam bentuk penilaian
Statistika
sederhana
-
Perlu
dan pentingnya soal ini
-
Bermacam-
macam data kuantitatif
-
Pembuatan
table frekuensi
-
Ukuran-
ukuran pemencaran (sebaran) atau variabilitas
-
korelasi
-
beberapa
catatan penutup
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar