| Judul | : | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | |
| Pengarang | : | Drs. Sumadi Suryabrata, B.A., M.A., Ed.S., Ph.D. | |
| Penerbit | : | RajaGrafindo | |
| ISBN | : | 979-421-082-x | |
| Cet/ Edisi | : | Edisi 5 Cet 19 | |
| Tahun Terbit | : | 2012 | |
| Bahasa | : | Indonesia | |
| Jumlah Halaman | : | xvi + 354 hlm | |
| Kertas Isi | : | HVS | |
| Cover | : | Soft | |
| Ukuran | : | 13 x 21 cm | |
| Berat | : | 400 Gram | |
| Kondisi | : | Baru | |
| Harga | : | Rp. 75.000 | diskon 15% | 
| Bayar | : | Rp. 63.750 | |
| Stock | : | 1 | |
PSIKOLOGI
PENDIDIKAN
Pengarang
: Drs. Sumadi Suryabrata, B.A., M.A., Ed.S, Ph.D.
Penerbit
: RajaGrafindo Persada (Rajawali Press)
DAFTAR
ISI :
BAB
1. PENDAHULUAN
Perlu
dan pentingnya psikologi pendidikan
Ruang
lingkup psikologi pendidikan
Sistematika
isi buku
BAB
2. SIFAT- SIFAT UMUM AKTIVITAS MANUSIA
Perhatian
-         
pengertian
-         
macam-
macam perhatian
-         
hal-
hal yang manarik perhatian
-         
beberapa
kesimpulan praktis
pengamatan
-         
pengertian
-         
penglihatan
-         
pendengaran
-         
rabaan
-         
pembauan
(penciuman)
-         
pencecapan
-         
beberapa
masalah praktis
Tanggapan
dan variasinya
-         
Pengertian
tanggapan
-         
Bayangan
pengiring
-         
Bayangan
eidetic
-         
Beberapa
catatan praktis
Fantasi
-         
Pengertian
-         
Klasifikasi
-         
Nilai
praktis fantasi
-         
Beberapa
catatan praktis
Ingatan
-         
Pengerian
-         
Mencamkan
-         
Mengingat
dan lupa
-         
Reproduksi
-         
Asosiasi
-         
Beberapa
catatan praktis
Berfikir
-         
Pengertian
-         
Proses
berpikir
-         
Psikologi
berpikir
-         
Beberapa
catatan praktis
Perasaan
-         
Pengertian
-         
Macam-
macam perasaan
-         
Beberapa
catatan praktis
Motif-
motif
-         
Pengertian
-         
Macam-
macam motif
-         
Beberapa
catatan praktis
BAB
3. SIFAT- SIFAT KHAS KEPRIBADAIAN MANUSIA
Beberapa
teori tipologi 
-         
Teori
Hippocrates-Galenus
-         
Tipologi
mazhab Italia dan mazhab Perancis
-         
Tipologi
kreatchmer
-         
Teori
sheldor
-         
Beberapa
tipologi yang berdasarkan keadaan kejiwaan semata- mata
-         
Tipologi
heymans
-         
Tipologi
spranger
Beberapa
teori kepribadian yang memakai cara pendekatan lain
-         
Psikoanalisis
teori Sigmund freud
-         
Psikologi
analitis, teori Carl Gustav Jung 
-         
Individual
psychologie, teori Alfred Adler
-         
Beberapa
catatan praktis
BAB
4. SIFAT- SIFAT KHAS INDIVIDU YANG LAIN: MASALAH INTELIGENSI
Sifat
hakikat inteligensi
-         
Konsepsi-konsepsi
mengenai inteligensi yang bersifat spekulatif-filsafati
-         
Konsepsi-
konsepsi yang bersifat pragmatis
-         
Konsepsi-
konsepsi factor
-         
Konsepsi
yang bersifat operasional
-         
Konsepsi-konsepsi
fungsional
Pengukuran
inteligensi
-         
Perkembangan
tes inteligensi pada umumnya
-         
Perkembangan
tes inteligensi model binet
-         
Test
Wechsler
-         
Soal-
soal praktis
BAB
5. PERBEDAAN –PERBEDAAN DALAM BAKAT
Apakah
bakat itu?
Bagaimana
caranya kita mengenal bakat seseorang?
BAB
6. PERKEMBANGAN INDIVIDU
Apakah
perkembangan itu?
-         
Aliran
asosiasi
-         
Tipologi
Gestalt
-         
Aliran
sosiologis
Factor-
factor apakah yang mempengaruhi perkembangan itu?
-         
Nativisme
-         
Empirisme
-         
Konvergensi
Bagaimana
sifat- sifat anak- anak pada masa- masa tertentu dalam perkembangan tersebut
-         
Periodisasi-periodisasi
yang berdasar biologis
-         
Periodisasi-periodisasi
yang berdasar didaktis
-         
Periodisasi-periodisasi
yang berdasar psikologis 
BAB
7. PERUBAHAN INDIVIDU KARENA BELAJAR
Pendahuluan
-         
Perlu
dan pentingnya masalah belajar
-         
Ahli-
ahli psikologi memegang peran utama dalam mengupas masalah belajar
Apakah
belajar itu?
-         
Macam-
macam aktivitas yang disebut belajar
-         
Macam-
macam definisi
Factor-
factor yang mempengaruhi belajar
-         
Factor-
factor nonsosial dalam belajar
-         
Factor-
factor social dalam belajar
-         
Factor-
factor fisiologis dalam belajar
-         
Factor-
factor psikologi dalam belajar
Bagaimanakah
belajar itu terjadi? Beberapa konsepsi atau teori belajar
-         
Konsepsi-
konsepsi yang disusun atas dasar pemikiran spekulatif
-         
Ebbinghaus
merintis cara pendekatan eksperimental
-         
Teori
thorndike atau bond-psychology
-         
Pavlovionisme
conditioning
-         
Behaviorisme
-         
Teori
skinner : operant conditioning
-         
Teori
gestalt
-         
Belajar
menurut teori medan
-         
Pendirian
eklektik
BAB
8. PENILAIAN HASIL- HASIL PENDIDIKAN
Pendahuluan
-         
Masalah
penilaian hasil- hasil pendidikan bukanlah maslah baru, ujian adalah cara yang
paling umum dilakukan dalam usaha tersebut
-         
Rapor
sebagai perumusan terakhir sesaat daripada penilaian hasil- hasil pendidikan
-         
Fungsi
penilaian dalam proses pendidikan
Teknik
penilaian
-         
Syarat-
syarat penilaian yang baik
-         
Bermacam-
macam bentuk penilaian
Statistika
sederhana
-         
Perlu
dan pentingnya soal ini
-         
Bermacam-
macam data kuantitatif
-         
Pembuatan
table frekuensi
-         
Ukuran-
ukuran pemencaran (sebaran) atau variabilitas
-         
korelasi
-         
beberapa
catatan penutup
KEMBALI KE HALAMAN AWAL

Tidak ada komentar:
Posting Komentar