Judul | : | PENGANTAR EVALUASI PENDIDIKAN | |
Pengarang | : | Prof. Drs. Anas Sudijono | |
Penerbit | : | RajaGrafindo (Rajawali Pers) | |
ISBN | : | 979-421-495-7 | |
Edisi/ Cet | : | Edisi 1 Cet 12 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xvi + 488 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 13,5 x 21 cm | |
Berat | : | 550 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 104.000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp. 88.400 | |
Stock | : | 1 |
PENGANTAR
EVALUASI PENDIDIKAN
Pengarang : Prof. Dr. Anas Sudijono
Penerbit : RajaGrafindo Persada (Rajawali Press)
DAFTAR
ISI :
BAB
1. PENDAHULUAN
Pengertian
evaluasi dan evaluasi pendidikan
Hubungan
antara penilaian (evaluation) dan pengukuran (measurement)
Perbedaan
antara penilaian dan penelitian
Fungsi
evaluasi pendidikan
Tujuan
evaluasi pendidikan
Kegunaan
evaluasi pendidikan
Klasifikasi
evaluasi pendidikan
Objek
(sasaran) evaluasi pendidikan
Subjek
(pelaku) evaluasi pendidikan
Ruang
lingkup (scope) evaluasi pendidikan di sekolah
BAB
2. TEKNIK EVALUASI HASIL BELAJAR
Prinsip-prinsip
dasar evaluasi hasil belajar
Cirri-
cirri evaluasi hasil belajar
Ranah
kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik sebagai objek evaluasi hasil
belajar
Langkah-
langkah pokok dalam evaluasi hasil belajar
Teknik-
teknik evaluasi hasil belajar di sekolah
BAB
3. TEKNIK TES DAN TEKNIK NONTES SEBAGAI ALAT EVALUASI HASIL BELAJAR
Teknik
tes
-
Pengertian
tes
-
Fungsi
tes
-
Penggolongan
tes
Teknik
nontes
-
Pengamatan
(observation)
-
Wawancara
(interview)
-
Angket
(questionnaire)
-
Pemeriksaan
dokumen (documentary analysis)
-
BAB
4. TEKNIK PENYUSUNAN DAN PELAKSAAN TES HASIL BELAJAR
Cirri-
cirri tes belajar yang baik
Prinsip-
prinsip dasar dalam penyusunan tes hasil belajar
Bentuk-
bentuk tes hasil belajar dan teknik penyusunannya
-
Tes
hasil belajar untuk uraian
-
Tes
hasil belajar untuk objektif (objective test)
Teknik
pelaksaan tes hasil belajar
-
Teknik
pelaksaan tes tertulis
-
Teknik
pelaksaan tes lisan
-
Teknik
pelaksaan tes perbuatan
Soal-
soal untuk latihan dan penugasan terstruktur di luar kelas
BAB
5. TEKNIK PENGUJIAN VALIDITAS TES DAN VALIDITAS ITEM TES HASIL BELAJAR
Teknik
pengujian validitas tes hasil belajar
-
Pengujian
validitas tes secara rasional
-
Pengujian
validitas tes secara empiris
Teknik
pengujian validitas item tes hasil belajar
-
Pengertian
validitas item
-
Teknik
pengujian validitas item tes hasil belajar
Soal-
soal untuk latihan dan penugasan terstruktur di luar kelas
BAB
6. TEKNIK PENGUJIAN RELIABILITAS TES HASIL BELAJAR
Teknik
pengujian reliabitas tes hasil belajar bentuk uraian
Teknik
pengujian reliabilitas tes hasil belajar bentuk objektif
-
Pengujian
reliabilitas tes hasil belajar bentuk objektif dengan menggunakan pendekatan
single test-single trial (single test-single trial method)
-
Pengujian
reliabitas tes hasil belajar bentuk objektif dengan menggunakan test- test
(single test-double trial method)
-
Pengujian
reliabilitas tes hasil belajar bentuk objektif dengan menggunakan pendekatan
alternate form (double test – double trial method)
Soal-
soal untuk latihan dan penugasan terstruktur di luar kelas
BAB
7. TEKNIK PEMERIKSAAN, PEMBERIAN SKOR DAN PENGOLAHAN HASIL TES HASIL BELAJAR
Teknik
pemeriksaan hasil tes hasil belajar
-
Teknik
pemeriksaan hasil tes hasil belajar
-
Teknik
pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes lisan
-
Teknik
pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes pembuatan
Teknik
pemberian skor hasil tes hasil belajar
-
Pemberian
skor pada tes uraian
-
Pemberian
skor pada tes objektif
Teknik
pengolahan dan pengubahan (konversi) skor hasil tes hasil belajar menjadi nilai
-
Perbedaan
antara skor dan nilai
-
Pengolahan
dan pengubahan skor mentah hasil tes hasil belajar menjadi nilai standar
(standard score)
Soal-
soal untuk latihan
Soal-
soal untuk latihan dan penugasan terstruktur di luar kelas
BAB
8. TEKNIK PENGANALISISAN ITEM TES HASIL BELAJAR
Pengantar
Teknik
penganalisisan item tes hasil belajar
-
Teknik
analisis derajat kesukaran item
-
Teknik
analisis daya pembeda item
-
Teknik
analisis fungsi distraktor
Soal-
soal untuk latihan dan penugasan terstruktur di luar kelas
BAB
9. TEKNIK MENENTUKAN NILAI AKHIR, PENYUSUNAN RANKING DAN PEMBUATAN PROFIL
PRESTASI BELAJAR
Teknik
penentuan nilai akhir
-
Pengertian
nilai akhir
-
Fungsi
nilai akhir
-
Factor-
factor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan nilai akhir
-
Beberapa
contoh cara penentuan nilai akhir
Teknik
penyusunan urutan kedudukan (ranking)
-
Pengertian
ranking
-
Jenis
dan prosedur penyusunan ranking
Teknik
pembuatan profil prestasi belajar
-
Pengertian
profil prestasi belajar
-
Bentuk-
bentuk profil prestasi belajar
-
Kegunaan
profil prestasi belajar
-
Beberapa
contoh cara pembuatan profil prestasi belajar
Soal-soal
untuk latihan dan penugasan terstruktur di luar kelas
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar