Judul | : | PSIKOLOGI BELAJAR | |
Pengarang | : | Muhibbin Syah | |
Penerbit | : | RajaGrafindo Persada (Rajawali Perss) | |
ISBN | : | 979-421-933-9 | |
Cet / Edisi | : | Edisi Revisi / Cet 12 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xx + 256 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 13 x 21 cm | |
Berat | : | 300 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 57.000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp. 48.450 | |
Stock | : | Tersedia |
PSIKOLOGI BELAJAR
Pengarang : Muhibbin Syah
Penerbit : RajaGrafindo Persada (Rajawali Perss)
DAFTAR ISI
:
BAB I.
PENDAHULUAN
Intisari
Buku ini
Pendekatan
Psikologis Buku Ini
Kiat
Mempelajari Buku Ini
BAB II. HUBUNGAN ANTARA PERKEMBANGAN DENGAN BELAJAR
Perkembangan Psiko-Fisik Siswa
Perkembangan Motor
(Fisik) Siswa
Perkembangan Kognitif
Siswa
Perkembangan Sosial
clan Moral Siswa
Arti Penting Perkembangan Kognitif Bagi Proses
Belajar Siswa
Mengembangkan
Kecakapan Kognitif
Mengembangkan
Kecakapan Afektif
Mengerabangkan Kecakapan Psikomotor Rangkuman
BAB III.
KONSEP DASAR BELAJAR
Arti Penting Belajar
Anti Penting Belaiar bagi Perkembangan Manusia
Arti Penting Belajar bagi Kehidupan Manusia
Definisi dan Contoh Belajar
Definisi
Belajar
Contoh
Belajar
Belajar, Memori, dan Pengetahuan
Perspektif
Psikologi
Perspektif
Agama
Teori-teori Pokok Belajar
Connectionism
(Koneksionisme)
Classical Conditioning
(Pembiasaan Klasik)
Operant Conditioning (Pembiasaan
Perilaku Respons)
Contiguous Conditioning (Pembiasaan Asosiasi Dekat)
Cognitive
Theory (Teori Kognitif)
Social Learning Theory (Teori Belajar Social)
Proses dan Tahapan Belaiar
Definisi Proses Belajar
Tahap-tahap dalam Proses Belajar
Rangkuman
BAB IV. KARAKTERISTIK,
MANIFESTASI, DAN RAGAM BELAJAR
Karakteristik Perubahan Hasil Belajar
Perubahan
Intensional
Perubahan
Positif-Aktif
Perubahan Efektif-Fungsional
Manifestasi
Perilaku Belajar
Manifestasi Kebiasaan
Manifestasi
Keterampilan
Manifestasi
Pengamatan
Manifestasi Berpikir
Asosiatif dan Daya Ingat
Manifestasi Berpikir
Rasional dan Kritis
Manifestasi Sikap
Manifestasi Inhibisi
Manifestasi Apresiasi
Manifestasi Tingkah
Laku Afektif
Ragam-ragam Belajar
Ragam
Abstrak
Ragam Keterampilan
Ragam Sosial
Ragam Pemecahan Masalah
Ragam
Rasional
Ragam Kebiasaan
Ragam Apresiasi S. Ragam Pengetahuan
Rangkuman
BAB V. EFISIENSI, METODE PENDEKATAN, DAN FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI BELAJAR
Efisiensi Belajar
Definisi Efisiensi Belajar
Efisiensi Usaha Belajar
Efisiensi Hasil Belaiar
Pendekatan dan Metode Belajar
Ragam Pendekatan Belajar
Ragam Metode Belajar
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar
Faktor
Internal Siswa
Faktor
Eksternal Siswa
Faktor Pendekatan Belajar Rangkurnan
BAB VI. TRANSFER, LUPA, JENUH, DAN KESULITAN BELAJAR
Transfer Belajar
Ragam Transfer
Belajar
Terjalinya
Transfer Belajar Positif
Transfer dari Short-term Memory ke Long-term Memory
Lupa dan Kejenuhan Belajar
Peristiwa Lupa dalam Belajar
Peristiwa Jenuh dalam Belajar
Kesulitan Belajar
Faktor Penyebab Kesulitan Belajar
Diagnosis Kesulitan Belajar
Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar Rangkuman
BAB VII.
EVALUASI DAN PRESTASI BELAJAR
Evaluasi Hasil Belajar
Definisi Evaluasi
Tujuan dan
Fungsi Evaluasi
Ragam Evaluasi
Ragam Alat Evaluasi
Syarat
Alat Evaluasi
Evaluasi Pelbagai Ranah Psikologis
Prestasi Belajar
Indicator Prestasi Belabor
Pendekatan
Evaluasi Prestasi gelajar
Batas Minimal Prestasi Belajar Rangkuman
DAFTAR PUSTAKA
INDEKS
TENTANG
PENULIS
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar