Judul | : | PSIKOLOGI BELAJAR | |
Pengarang | : | Drs. H. Abu Ahmadi; Drs. Widodo S. | |
Penerbit | : | Rineka Cipta | |
ISBN | : | 979-518-046-0 | |
Cet/ Edisi | : | Edisi 2 | |
Tahun Terbit | : | 2008 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | x + 243 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 14,5 x 20,5 cm | |
Berat | : | 400 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 52.000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp. 41.600 | |
Stock | : | Tersedia |
PSIKOLOGI BELAJAR
Pengarang : Drs. H. Abu Ahmadi
& Drs. Widodo Supriyono
Penerbit : Rineka Cipta
DAFTAR ISI :
Bab I. Pengertian Psikologi
1. Arti Psikologi Secara Umum
2. Pembagian Psikologi
3. Objek Pembahasan Psikologi
4. Hubungan Psikologi dengan
Ilmu-Ilmu Lain
5. Tujuan Mempelajari Psikologi
Bab II. Psikologi Umum
1. Tingkah Laku Manusia Berbeda
dengan Makhluk Lain
2. Metode Penyelidikan Ilmu Jiwa
3. Pengamatan
4. Asosiasi
5. Ingatan (Memory)
6. Fantasi
7. Berpikir
8. Inteligensi
9. Perasaan
10. Kemauan/Kehendak
11. Gejala Jiwa Campuran
Bab III. Psikologi Anak
1. Sejarahnya
2. Kedudukan dan Tugas Psikologi
Anak
3. Manfaat Psikologi Anak bagi
Pendidikan
4. Hal-Hal yang Mempengaruhi
Perkembangan Manusia
5. Perkembangan Anak sebagai
Makhluk Monodualis
6. Masa Anak
Bab IV. Psikologi Anak Luar Biasa
1. Pengertian
2. Tujuan Mempelajari Psikologi
Anak Luar Biasa (Psikologie of Handicap)
3. Pengaruh Kelainan Terhadap
Psikologinya
4. Kondisi Kognitif dan Motorik
Anak Berkelainan
5. Anak Tuna Netra
6. Anak Tuna Rungu
7. Cacat Mental
Bab V. Masalah
Kesulitan Belajar
1. Pengertian Kesulitan Belajar
2. Faktor-Faktor Penyebab
Kesulitan Belajar
3. Usaha Mengatasi Kesulitan
Belajar
4. Peranan Guru dalam Proses
Belajar
Bab VI. Bimbingan Belajar
1. Bimbingan dalam Belajar
2. Langkah-Langkah dalam
Bimbingan
3. Fungsi dari Bimbingan
4. Kebutuhan Bimbingan bagi Anak
dan MacamMacamnya
5. Teknik-Teknik dalam Bimbingan
Bab VII. Pengajaran Remedial dalam Proses Belajar
1. Pengertian tentang Belajar
2. Beberapa Aktivitas Belajar
3. Faktor yang Mempengaruhi
Prestasi Belajar
4. Beberapa Sifat Murid dalam
Belajar
Bab VIII. Pengertian Dasar Pengajaran Perbaikan (Remedial Teaching)
1. Hubungan Pengajaran Perbaikan
dalam Proses Belajar Mengajar
2. Perlunya Pengajaran Perbaikan
3. Pengertian Pengajaran
Perbaikan
4. Sifat Khusus Pengajaran
Perbaikan dengan Masalahnya
Bab IX. Pendekatan dan Metode dalam Pengajaran Remedial
1. Pendekatan yang Bersifat
Kuratif
2. Pendekatan yang Bersifat
Preventif
3. Pendekatan yang Bersifat
Pengembangan
4. Metode dalam Pengajaran
Perbaikan (Remedial)
5. Prosedur Pelaksanaan Remedial
Teaching
BAB X. Evaluasi dalam Psikologi Belajar
1. Pengertian dan Objek Evaluasi
2. Tujuan dan Fungsi Evaluasi
3. Jenis-Jenis Evaluasi
4. Teknik Evaluasi
5. Peranan Psikologi Belajar
dalam Kegiatan
Evaluasi
Bab XI. CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) dalam Proses Belajar Mengajar
1. Pengertian
2. Dasar Pemikiran Perlunya CBSA
dalam Proses Pengajaran
3. Penerapan CBSA dalam Proses
Belajar Mengajar
4. Prinsip-Prinsip Belajar Siswa
Aktif
Bab XII. Pemikiran ke Arab Aplikasi Psikologi Belajar Implikasi
Teori-Teori Belajar dari Psikologi
1. Behavioristik
2. Implikasi Teori-Teori Belajar
Psikologi Kognitif
3. Implikasi Teori Belajar
Humanistik
Daftar Pustaka
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar