Judul | : | PENGEMBANGAN PROFESI GURU | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Nanang Priatna, M.Pd. | |
Penerbit | : | Rosda | |
ISBN | : | 978-979-692-149-2 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 1 | |
Tahun Terbit | : | 2013 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xviii + 326 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15,5 x 24 cm | |
Berat | : | 600 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 58.000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp. 46.400 | |
Stock | : | 1 |
PENGEMBANGAN PROFESI GURU
Pengarang : Prof. Dr. H. Nanang Priatna,
M.Pd.; Tito Sukamto,S.Pd
Penerbit : Rosda
Daftar Isi :
Bab
1. Aspek Penilaian Kinerja Guru
A. Memahami Penilaian Kinerja Guru
B. Aspek yang Dinilai dalam PK Guru
C. Penilaian Kinerja Guru Mata Pelajaran/Guru
Kelas
D. Penilaian Kinerja Guru Bimbingan Konseling
(BK)
E. Penilaian Kinerja Tugas Tambahan
F. Tim Penilai PK Guru
G. Waktu Penilaian
H. Cara Penilaian
Bab
2. Tahapan Pelaksanaan PK Guru
A. Tahap Persiapan
B. Penilaian
C. Konfirmasi Nilai
D. Tahap Pelaporan
E. Monitoring dan Evaluasi
F. Prinsip Pelaksanaan PK Guru
G. Hierarki Pelaksanaan PK Guru
Bab
3. Penilaian Unsur Kompetensi untuk Guru Mata Pelajaran/ Guru Kelas
A. Kompetensi 1: Mengenal Karakteristik
Peserta Didik
B. Kompetensi 2: Menguasai Teori Belajar dan
Prinsipprinsip Pembelajaran yang Mendidik
C. Kompetensi 3: Pengembangan Kurikulum
D. Kompetensi 4: Kegiatan Pembelajaran yang
Mendidik
E. Kompetensi 5: Memahami dan Mengembangkan
Potensi Peserta Didik
F. Kompetensi 6: Komunikasi dengan Peserta
Didik
G. Kompetensi 7: Penilaian dan Evaluasi
H. Kompetensi 8: Bertindak Sesuai dengan Norma
Agama, Hukum, Sosial dan Kebudayaan Nasional Indonesia
I. Kompetensi 9: Menunjukkan Pribadi yang
Dewasa dan Teladan
J. Kompetensi 10: Etos Kerja, Tanggung Jawab
yang Tinggi, Rasa Bangga Menjadi Guru
K. Kompetensi 11: Bersikap Inklusif, Bertindak
Obyektif, serta Tidak Diskriminatif
L. Kompetensi 12: Komunikasi dengan Sesama
Guru, Tenaga Kependidikan, Orang Tua, Peserta Didik, dan Masyarakat
M. Kompetensi 13: Penguasaan Mated Struktur
Konsep dan Pola Pikir Keilmuan yang Mendukung Mata Pelajaran yang Diampu
N. Kompetensi 14: Mengembangkan Keprofesian
Melalui Tindakan Reflektif
Bab
4. Penilaian Unsur Kompetensi Guru Bimbingan Konseling
A. Kompetensi 1: Menguasai Teori dan Praksis
Pendidikan
B. Kompetensi 2: Mengaplikasikan Perkembangan
Fisiologis dan Psikologis Berta Perilaku Konseli
C. Kompetensi 3: Menguasai Esensi Layanan BK
dalam Jalur, Jenis, dan Jenjang Satuan Pendidikan
D. Kompetensi 4: Beriman dan Bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa
E. Kompetensi 5: Menghargai dan Menjunjung
Tinggi Nilai-nilai Kemanusiaan, Individualitas dan Kebebasan Memilih
F. Kompetensi 6: Menunjukkan Integritas dan
Stabilitas Kepribadian yang Kuat
G. Kompetensi 7: Menampilkan Kinerja
Berkualitas Tinggi
H. Kompetensi 8: Mengimplementasikan
Kolaborasi Internal di Tempat Bekerja
I. Kompetensi 9: Berperan dalam Organisasi
dan Kegiatan Profesi BK
J. Kompetensi 10: Mengimplementasikan
Kolaborasi Antar Profesi
K. Kompetensi 11: Menguasai Konsep dan
Praksis Penilaian (Assessment) untuk Memahami Kondisi, Kebutuhan, dan Masalah
Konseli
L. Kompetensi 12: Menguasai Kerangka Teoretik
dan Praksis BK
M. Kompetensi 13: Merancang Program BK
N. Kompetensi 14: Mengimplementasikan Program
BK yang Komprehensif
O. Kompetensi 15: Menilai Proses dan Hasil
Kegiatan BK
P. Kompetensi 16: Memiliki Kesadaran dan
Komitmen terhadap Etika Profesional
Q. Kompetensi 17: Menguasai Konsep dan
Praksis Penelitian dalam BK
Bab
5. Penilaian Unsur Kompetensi Tugas Tambahan
A. Kompetensi Tugas Tambahan sebagai Kepala
Sekolah/ Madrasah
B. Kompetensi Tugas Tambahan sebagai Wakil
Kepala Sekolah/Madrasah
C. Kompetensi Tugas Tambahan sebagai Kepala
Perpustakaan
D. Kompetensi Tambahan sebagai Kepala
Laboratorium/ Bengkel/Sejenisnya
E. Kompetensi Tugas Tambahan sebagai Ketua
Program Keahlian
Bab
6. Sistem Perhitungan PK Guru
A. Perhitungan nilai PK Guru untuk Guru Mata
Pelajaran/ Guru Kelas
B. Perhitungan nilai PK Guru untuk Guru
Bimbingan Konseling (BK)/Konselor
C. Perhitungan Nilai PK Guru Tugas Tambahan
Bab
7. Penetapan Angka Kredit Guru
A. Tugas Pokok clan Fungsi Guru
B. Beban Kerja Guru
C. Jenjang Jabatan Fungsional Guru
D. Unsur Penilaian Angka Kredit
E. Rincian Kegiatan Guru clan Angka Kreditnya
F. Penetapan Angka Kredit Minimal
G. Persyaratan Angka Kredit untuk
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
H. Penetapan Angka Kredit untuk Guru Golongan
II
I. Penetapan Angka Kredit Minimal untuk Guru
Golongan II
Bab
8. Perhitungan Angka Kredit untuk Kenaikan Jenjang Jabatan
A. Pengklasifikasian Guru dalam Perhitungan
Angka Kredit
B. Perhitungan Angka Kredit
C. Konversi Nilai PK GURU ke Angka Kredit
Bab
9. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
A. Pengertian Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan
B. Tujuan, Manfaat, dan Sasaran Kegiatan PKB
C. Penilaian Angka Kredit dan Kenaikan
Pangkat
D. Karya yang dilakukan Secara Bersama
E. Publikasi Ilmiah/Karya Inovatif yang Dapat
Dinilai
F. Perbedaan Kegiatan Pengembangan Profesi
Berdasarkan Peraturan Lama dan Peraturan Baru
Bab
10. Pengembangan Diri
A. Pengertian Pengembangan Diri
B. Kegiatan Pengembangan Diri
C. Contoh Sampul Laporan Kegiatan
Pengembangan Diri
Bab
11. Publikasi Ilmiah
A. Presentasi pada Forum Ilmiah
B. Publikasi Ilmiah Berupa Hasil Penelitian
atau Gagasan Emu Bidang Pendidikan Formal
C. Publikasi Buku Teks Pelajaran, Buku
Pengayaan, dan/ atau Pedoman Guru
Bab
12. Karya Inovatif
A. Menemukan Teknologi Tepat Guna (Karya
Sains/ Teknologi)
B. Menemukan/Menciptakan Karya Seni
C. Membuat/Memodifikasi Alat
Pelajaran/Peraga/Praktikum
D. Mengikuti Pengembangan Penyusunan Standar,
Pedoman, Soal, dan Sejenisnya
Bab
13. Pelaksanaan Kegiatan PKB
A. Prinsip-prinsip Dasar Pelaksanaan Kegiatan
PKB
B. Lingkup Pelaksanaan Kegiatan PKB
C. Peran Institusi dan Individu yang Terkait
dalam Kegiatan PKB
D. Mekanisme Kegiatan PKB
E. Monitoring dan Evaluasi Kegiatan PKB
F. Format Isian dalam Kegiatan PKB
Bab
14. Penilaian Laporan Kegiatan PKB
A. Prinsip Penilaian Laporan Kegiatan PKB
B. Penolakan Laporan Kegiatan PKB
Penutup
Daftar Pustaka
Lampiran
Tentang Penulis
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
BalasHapusSaya pesan mau pesan buku pengembangan profesi guru
Bagaimana caranya