| Judul | : | PERENCANAAN PENGAJARAN | |
| Pengarang | : | R. Ibrahim; Nana Syaodih S. | |
| Penerbit | : | Rineka Cipta | |
| ISBN | : | 978-979-518-656-4 | |
| Edisi/ Cet | : | Cet 3 | |
| Tahun Terbit | : | 2010 | |
| Bahasa | : | Indonesia | |
| Jumlah Halaman | : | xii + 139 hlm | |
| Kertas Isi | : | HVS | |
| Cover | : | Soft | |
| Ukuran | : | 14,5 x 20 cm | |
| Berat | : | 200 Gram | |
| Kondisi | : | Baru | |
| Harga | : | Rp. 30.000 | diskon 20% | 
| Bayar | : | Rp. 24.000 | |
| Stock | : | 1 | |
PERENCANAAN PENGAJARAN  
Pengarang : R. Ibrahim & Nana
Syaodih S.
Penerbit : Rineka Cipta
DAFTAR ISI:
BAB I.  PENDAHULUAN    
Sasaran Belajar            
Latar Belakang            
A. Kedudukan dan Tujuan Mata
Kuliah        
B. Hubungan dengan Mata Kuliah
Lain         
C. Sistematika dan Lingkup Isi
buku 
D. Cara Menggunakan Buku Ini         
T u g a s           
BAB II. TEORI DAN PRINSIP-PRINSIP YANG MENDASARI PENGAJARAN   
Sasaran Belajar            
Latara Belakang          
A. Rumpun Psikologi Kekuatan
Mental         
1. Psikologi Daya        
2. Psikologi Tanggapan           
3. Psikologi Naturalisme Romantik    
T u g a s           
B. Rumpun Psikologi Behaviorisme   
1. Psikologi Asosiasi   
2. Psikologi Conditioning       
3. Psikologi Penguatan            
T u g a s           
C. Rumpun Psikologi Kognitas
Gestalt          
1. Psikologi Gestalt     
2. Psikologi Kognitif   
3. Psikologi Medan     
T u g a s           
D. Prinsip-prinsip Pengajaran  
1. Prinsip Perkembangan         
2, Prinsip Perbedaan Individu            
3. Minas dan Kebutuhan Anak           
4. Aktivitas Siswa       
5. Motivasi      
T u g a s           
BAB III. BEBERAPA HAL POKOK DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR  
Proses Belajar  
Latar Belakang            
A. Interaksi Belajar-Mengajar 
T u g a s           
B. Proses Belajar-Mengajar
Ditinjau dari Sudut Siswa          
1. Macam-macam Keterampilan
Intelektual.
2. Belajar Menerima, Menghafal,
Diskaveri, dan Bermakna  
3. Belajar di Sekolah dan Luar
Sekolah
4. Belajar Secara Klasikal,
Kelompok, dan Individual           
5. Belajar Teori dan Praktek   
T u g a s           
C. Proses Belajar-Mengajar
Ditinjau dari Sudut Guru           
1. Belajar Secara Ekspositori  
2. Mengajar dengan Mengaktifkan
Siswa      
T u g a s           
BAB IV. PROGRAM PENGAJARAN DAN PERENCANAAN           
Sasaran Belajar            
Latar Belakang            
A. Pengajaran Sebagai Suatu
Sistem  
1. Konsep Pengajaran Sebagai
Suatu Sistem  
T u g a s           
B. Perencanaan Program Pengajaran  
1. Program untuk Jangka Waktu
Agak Panjang         
2. Program untuk Jangka Waktu
Singkat       
T u g a s           
C. Beberapa Hal yang Perlu
Diperhatikan dalam Perencanaan Program Pengajaran 
1. Kurikulum   
2. Kondisi Sekolah      
3. Kemampuan dan Perkembangan
Siswa      
4. Keadaan Guru         
T u g a s           
BAB V. PERUMUSAN TUJUAN PENGAJARAN        
Sasaran Belajar            
Latar Belakang            
A. Pengertian dan Penggolongan,
Tujuan Pengajaran            
1. Pengertian Tujuan & Latar
Belakangnya
2. Jenjang dan Lingkup Pendidikan   
T u g a s           
B. Tujuan Instruksional Khusus
dan Cara Penyusunannya    
1. Ciri Tujuan Instruksional
Khusus (TIK)     
2. Cara Menjabarkan TIU Menjadi
TIK
3. Penentuan TIK yang Sesuai
dengan Kebutuhan Siswa      
T u g a s           
BAB VI. PENENTUAN DAN PENYUSUNAN ALAT EVALUASI    
Sasaran Belajar            
Latar Belakang            
A. Penentuan Pendekatan dan Cara
Evaluasi             
1. Pendidikan dan Evaluasi    
2. Cara-cars dalam Evaluasi    
3. Bentuk Tes  
T u g a s           
B. Penyusunan Alat Evaluasi  
1. Kriteria Tes yang Baik        
2. Kesesuaian Soal dengan TIK          
3. Kesesuaian Soal dengan
Kaidah-kaidah Konstruksi Tes    
4. Langkah-langkah Menyusun Tes    
T u g a s           
BAB VII. PENENTUAN MATERI DAN KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR     
Sasaran Belajar            
Latar Belakang            
A. Penentuan Materi Pelajaran           
1. Pengertian dan Persyaratan
Materi 
2. Cara Pemilihan        
B. Penentuan Metode Mengajar         
1. Jenis-jenis Metode Mengajar          
2. Pemilihan Metode Mengajar           
T u g a s           
C. Penentuan kegiatan
Belajar-Mengajar        
1. Kegiatan Guru        
2. Kegiatan Siswa       
T u g a s           
BAB VIII. PEMILIHAN MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN           
Sasaran Belajar            
Latar Belakang            
A. Jenis-jenis Media yang Dapat
Digunakan  
1. Media Cetak           
2. Media Elektronik    
3. Realia (Objek Nyata)          
B. Hal-hal yang Perlu
Diperhatikan dalam Pemilihan Media 
C. Pemilihan Alat Pengajaran 
1. Jenis-Jenis Alat Pengajaran 
2. Hal-hal yang Pedu Diperhatikan
dalam
Pemilihan Alat            
T u g  a s          
BAB IX. PELAKSANAAN DAN EVALUASI PENGAJARAN           
Sasaran Belajar            
Latar Belakang            
A. Penyiapan Program/Bahan
Pengajaran      
1. Hasil yang Dicapai dari
Perenxanaan         
2. Jenis-jenis Program/Bahan
Pengajaran Tugas         
B. Pelaksanaan Program Pengajaran   
1. Evaluasi Awal         
2. Pelaksanaan Pengajaran      
3. Evaluasi Akhir        
4. Tindak Lanjut         
T u g a s           
C. Evaluasi Pengajaran           
1. Fungsi Evaluasi       
2. Cara-cars Evaluasi   
T u g  a s          
3. Cara Pengolahan hasil Evaluasi      
T u g a s           
4. Penggunaan Hasil Evaluasi 
T u g a s           
Daftar Pustaka
KEMBALI KE HALAMAN AWAL

Tidak ada komentar:
Posting Komentar