Judul | : | PERENCANAAN PENGAJARAN | |
Pengarang | : | R. Ibrahim; Nana Syaodih S. | |
Penerbit | : | Rineka Cipta | |
ISBN | : | 978-979-518-656-4 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 3 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xii + 139 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 14,5 x 20 cm | |
Berat | : | 200 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 30.000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp. 24.000 | |
Stock | : | 1 |
PERENCANAAN PENGAJARAN
Pengarang : R. Ibrahim & Nana
Syaodih S.
Penerbit : Rineka Cipta
DAFTAR ISI:
BAB I. PENDAHULUAN
Sasaran Belajar
Latar Belakang
A. Kedudukan dan Tujuan Mata
Kuliah
B. Hubungan dengan Mata Kuliah
Lain
C. Sistematika dan Lingkup Isi
buku
D. Cara Menggunakan Buku Ini
T u g a s
BAB II. TEORI DAN PRINSIP-PRINSIP YANG MENDASARI PENGAJARAN
Sasaran Belajar
Latara Belakang
A. Rumpun Psikologi Kekuatan
Mental
1. Psikologi Daya
2. Psikologi Tanggapan
3. Psikologi Naturalisme Romantik
T u g a s
B. Rumpun Psikologi Behaviorisme
1. Psikologi Asosiasi
2. Psikologi Conditioning
3. Psikologi Penguatan
T u g a s
C. Rumpun Psikologi Kognitas
Gestalt
1. Psikologi Gestalt
2. Psikologi Kognitif
3. Psikologi Medan
T u g a s
D. Prinsip-prinsip Pengajaran
1. Prinsip Perkembangan
2, Prinsip Perbedaan Individu
3. Minas dan Kebutuhan Anak
4. Aktivitas Siswa
5. Motivasi
T u g a s
BAB III. BEBERAPA HAL POKOK DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR
Proses Belajar
Latar Belakang
A. Interaksi Belajar-Mengajar
T u g a s
B. Proses Belajar-Mengajar
Ditinjau dari Sudut Siswa
1. Macam-macam Keterampilan
Intelektual.
2. Belajar Menerima, Menghafal,
Diskaveri, dan Bermakna
3. Belajar di Sekolah dan Luar
Sekolah
4. Belajar Secara Klasikal,
Kelompok, dan Individual
5. Belajar Teori dan Praktek
T u g a s
C. Proses Belajar-Mengajar
Ditinjau dari Sudut Guru
1. Belajar Secara Ekspositori
2. Mengajar dengan Mengaktifkan
Siswa
T u g a s
BAB IV. PROGRAM PENGAJARAN DAN PERENCANAAN
Sasaran Belajar
Latar Belakang
A. Pengajaran Sebagai Suatu
Sistem
1. Konsep Pengajaran Sebagai
Suatu Sistem
T u g a s
B. Perencanaan Program Pengajaran
1. Program untuk Jangka Waktu
Agak Panjang
2. Program untuk Jangka Waktu
Singkat
T u g a s
C. Beberapa Hal yang Perlu
Diperhatikan dalam Perencanaan Program Pengajaran
1. Kurikulum
2. Kondisi Sekolah
3. Kemampuan dan Perkembangan
Siswa
4. Keadaan Guru
T u g a s
BAB V. PERUMUSAN TUJUAN PENGAJARAN
Sasaran Belajar
Latar Belakang
A. Pengertian dan Penggolongan,
Tujuan Pengajaran
1. Pengertian Tujuan & Latar
Belakangnya
2. Jenjang dan Lingkup Pendidikan
T u g a s
B. Tujuan Instruksional Khusus
dan Cara Penyusunannya
1. Ciri Tujuan Instruksional
Khusus (TIK)
2. Cara Menjabarkan TIU Menjadi
TIK
3. Penentuan TIK yang Sesuai
dengan Kebutuhan Siswa
T u g a s
BAB VI. PENENTUAN DAN PENYUSUNAN ALAT EVALUASI
Sasaran Belajar
Latar Belakang
A. Penentuan Pendekatan dan Cara
Evaluasi
1. Pendidikan dan Evaluasi
2. Cara-cars dalam Evaluasi
3. Bentuk Tes
T u g a s
B. Penyusunan Alat Evaluasi
1. Kriteria Tes yang Baik
2. Kesesuaian Soal dengan TIK
3. Kesesuaian Soal dengan
Kaidah-kaidah Konstruksi Tes
4. Langkah-langkah Menyusun Tes
T u g a s
BAB VII. PENENTUAN MATERI DAN KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR
Sasaran Belajar
Latar Belakang
A. Penentuan Materi Pelajaran
1. Pengertian dan Persyaratan
Materi
2. Cara Pemilihan
B. Penentuan Metode Mengajar
1. Jenis-jenis Metode Mengajar
2. Pemilihan Metode Mengajar
T u g a s
C. Penentuan kegiatan
Belajar-Mengajar
1. Kegiatan Guru
2. Kegiatan Siswa
T u g a s
BAB VIII. PEMILIHAN MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN
Sasaran Belajar
Latar Belakang
A. Jenis-jenis Media yang Dapat
Digunakan
1. Media Cetak
2. Media Elektronik
3. Realia (Objek Nyata)
B. Hal-hal yang Perlu
Diperhatikan dalam Pemilihan Media
C. Pemilihan Alat Pengajaran
1. Jenis-Jenis Alat Pengajaran
2. Hal-hal yang Pedu Diperhatikan
dalam
Pemilihan Alat
T u g a s
BAB IX. PELAKSANAAN DAN EVALUASI PENGAJARAN
Sasaran Belajar
Latar Belakang
A. Penyiapan Program/Bahan
Pengajaran
1. Hasil yang Dicapai dari
Perenxanaan
2. Jenis-jenis Program/Bahan
Pengajaran Tugas
B. Pelaksanaan Program Pengajaran
1. Evaluasi Awal
2. Pelaksanaan Pengajaran
3. Evaluasi Akhir
4. Tindak Lanjut
T u g a s
C. Evaluasi Pengajaran
1. Fungsi Evaluasi
2. Cara-cars Evaluasi
T u g a s
3. Cara Pengolahan hasil Evaluasi
T u g a s
4. Penggunaan Hasil Evaluasi
T u g a s
Daftar Pustaka
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar