Judul | : | MANAJEMEN (Teori, Praktik dan Riset Pendidikan) | |
Pengarang | : | Prof. Dr. Husaini Usman, M.Pd., M.T. | |
Penerbit | : | Bumi Aksara | |
ISBN | : | 978-602-217-263-5 | |
Edisi/ Cet | : | Edisi 4 | |
Tahun Terbit | : | 2013 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xxxiv + 684 hlm | |
Kertas Isi | : | CD | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 23 cm | |
Berat | : | 900 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 180.000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp. 153.000 | |
Stock | : | 1 |
Manajemen Teori, Praktik, dan Riset
Pendidikan Edisi 4
Pengarang : Prof. Dr. Husaini Usman, M.Pd., M.T.
Penerbit : Bumi Aksara
Daftar Isi :
BAB
I. KONSEP DASAR ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN
A. Pengertian Administrasi
B. Pengertian Manajemen
C. Perbedaan Administrasi dengan Manajemen,
Manager dengan Leader, dan Manajemen dengan Kepemimpinan
D. Definisi Pendidikan
E. Definisi Manajemen Pendidikan
F. Model-Model Manajemen Pendidikan
G. Tujuan dan Manfaat Manajemen Pendidikan
H. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku
Manajer Pendidikan
I. Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan
J. Keterampilan Manajerial dan Tanggung
Jawabnya
K. Peranan Manajer
L. Refleksi
BAB
2. PERKEMBANGAN TEORI MANAJEMEN
A. Pendahuluan
B. Teori Manajemen Klasik
C. Pendekatan Hubungan Manusiawi (Human
Relations Approach)
D. Pendekatan Teori Perilaku (Behavioral
Approach)
E. Pendekatan Kuantitatif
F. Pendekatan Sistem
G. Pendekatan Kontingensi
H. Pendekatan Hubungan Manusia Baru
I. Praktik Perkembangan Administrasi di
Indonesia
J. Praktik Manajemen
K. Hasil Riset
L. Refleksi
BAB
3. PERENCANAAN
A. Pendahuluan
B. Filsafat Perencanaan
C. Tujuan Perencanaan
D. Manfaat Perencanaan
E. Pengertian Perencanaan
F. Sejarah Perencanaan Pendidikan
G. Ruang Lingkup Perencanaan
H. Perspektif Perencanaan
I. Macam Pendekatan Perencanaan Pendidikan
J. Teori Perencanaan
K. Model Perencanaan Pendidikan
L. Metode Perencanaan
M. Proses Perencanaan
N. Prinsip Perencanaan yang Bak
O. Karakteristik Perencanaan Pendidikan
P. Koordinasi Perencanaan
Q. Teknik Perencanaan
R. Praktik Perencanaan Pendidikan
S. Hasil Riset
T. Refleksi
BAB
4. PENGORGANISASIAN
A. Pendahuluan
B. Tujuan dan Manfaat Organisasi
C. Pengertian Pengorganisasian dan Organisasi
D. Tujuh Pengertian Organisasi
E. Tipe Organisasi
F. Penyakit, Gejala, dan Pengobatan
Organisasi
G. Pengembangan Organisasi (Organizational
Development)
H. Keefektifan Organisasi
I. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)
J. Perubahan Organisasi (Organizational
Change)
K. Refleksi
BAB
5. MOTIVASI
A Pendahuluan
B. Manfaat Teori Motivasi
C. Motivasi dan Motif
D. Teori Motivasi
E. Teknik Memotivasi
F. Praktik Motivasi
G. Hasil Riset
H. Refleksi
BAB
6. KEPEMIMPINAN DAN KEKUASAAN
A. Pendahuluan
B. Manfaat Kepemimpinan
C. Pengertian Kepeminipinan, Pemimpin, dan
Pimpinan
D. Macam Kepemimpinan
E. Kerangka Perspektif Kepernimpinan
F. Teori Kepemimpinan
G. Prinsip Kepemimpinan Abad ke-21
H. Lima Tahap Pengembangan Kepemimpinan
I. Konsep Kekuasaan
J. Model Kepemimpinan
K. Kecerdasan Kepemimpinan Pendidikan
L. Mutu-Mutu Kepemimpinan (Leadership
Qualities)
M. Kepemimpinan Mutu
N. Kepemimpinan Pemberdayaan
O. Praktik Kepemimpinan Efektif dan Kekuasaan
P. Hasil Riset
Q. Refleksi
BAB
7. PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN PENYELESAIAN MASALAH
A. Pendahuluan
B. Pengertian
C. Model Pengambilan Keputusan
D. Tipe Keputusan Manajerial
E. Metode Keputusan
F. Perbedaan Pengambilan Keputusan Bersama
Kelompok dengan Keputusan Kelompok
G. Keuntungan dan Kerugian Pengambilan
Keputusan Kelompok
H. Keputusan Diputuskan Sendiri
I. Penyelesaian Masalah
J. Praktik Pengambilan Keputusan
K. Penelitian Pengambilan Keputusan
L. Gaya Penyelesaian Masalah
M. Refleksi
BAB
8. KOMUNIKASI
A. Pendahuluan
B. Tujuan dan Manfaat Komunikasi
C. Pengertian Komunikasi
D. Prows Komunikasi
E. Interaksi Leader atau Manajer
F. Jalur Komunikasi
G. Bentuk Komunikasi
H. Prinsip Komunikasi
I. Hambatan Komunikasi
J. Teknik Berkomunikasi secara Efektif
K. Penggunaan Komunikasi Oral dan Tertulis
L. Praktik Komunikasi
M. Penelitian Komunikasi
N. Refleksi
BAB
9. KOORDINASI
A. Pendahuluan
B. Tujuan dan Manfaat Koordinasi
C. Pengertian Koordinasi, Kooperasi, dan
Sinergi
D. Macam Koordinasi
E. Pendekatan Koordinasi
F. Jenis Koordinasi
G. Prinsip Koordinasi
H. Karakteristik Koordinasi yang Efektif
I. Praktik Koordinasi
J. Hasil Riset
K. Refleksi
BAB
10. NEGOSIASI DAN KONFLIK
A. Pendahuluan
B. Pengertian Negosiasi
C. Manfaat Negosiasi
D. Macam Negosiasi
E. Teknik Bernegosiasi Menang-Menang
F. Konflik dalam Organisasi
G. Persepsi Terhadap Konflik
H. Bentuk Konflik
I. Penyebah Konflik
J. Strategi Mengatasi Konflik
K. Taktik untuk Mengurangi Konflik
L. Hasil Konflik
M. Model untuk Mengatasi Konflik
N. Hubungan Konflik dengan Keefektifan Organisasi
O. Praktik Negosiasi dan Konflik
P. Refleksi
BAB
11. KETERAMPILAN INTERPERSONAL, KONSEPTUAL, TEKNIK, DAN
MEMBANGUN KEPERCAYAAN
A. Keterampilan Interpersonal
B. Keterampilan Konseptual
C. Keterampilan Teknik
D. Membangun Kepercayaan
E. Praktik Keterampilan Interpersonal
F. Praktik Membangun Kepercayaan
G. Hasil Riset
H. Refleksi
BAB
12. PENGENDALIAN
A. Pendabuluan
B. Tujuan Wasdal
C. Manfaat Wasdal
D. Pengertian Wasdal
E. Bentuk Pengawasan
F. Prosedur Wasdal
G. Ruang Lingkup Pengendalian
H. Definisi, Manfaat, Pesan, dan
Karakteristik Mutu
I. Pesan Mutu
J. Karakteristik Mutu
K. Hierarki Mutu
L. Perkembangan Mutu
M. Teknik Pengawasan untuk Peningkatan MUtU
N. Praktik Wasdal
O. Refleksi
BAB
13. MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN
A. Pengertian Manajemen Mutu Terpadu
Pendidikan (MMTP)
B. Perbedaan MMT dengan Manajemen Lainnya
C. Prinsip dan Komponen MMTP
D. Keefektifan Kerja Tim MMTP
E. Kepemimpinan MMTP
F. Organisasi MMTP
G. Perbedaan Orgamsasi Mutu dengan Organisasi
Biasa
H. Budaya MMTP
I. Langkah-Langkah MMTP
J. Kerangka Paradigms Manajer Pendidikan
K. Hambatan Penerapan MMTP
L. Faktor Sukses MMTP
M. Asesmen Penerapan MMTP
N. Praktik MMTP
O. Hasil Riset
P. Refleksi
DAFTAR
PUSTAKA
GLOSARIUM
INDEKS
SUBJEK
INDEKS
PENULIS
PROFIL
PENULIS
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar