Judul | : | BELAJAR DENGAN PENDEKATAN PAILKEM | |
Pengarang | : | Prof. Dr. Hamzah, B. Uno, M.Pd. | |
Penerbit | : | Bumi Aksara | |
ISBN | : | 978-602-217-127-0 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 3 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xii + 344 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15,5 x 23 cm | |
Berat | : | 600 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 89.000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp. 75.650 | |
Stock | : | 1 |
BELAJAR DENGAN PENDEKATAN PAILKEM
(Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik)
Pengarang : Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd.
& Nurdinm Mohammad, S.Pd., M.Si.
Penerbit : Bumi Aksara
DAFTAR ISI :
BAB
1. KONSEP DASAR STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERCIRIKAN PAILKEM
A. Pendahuluan
B. Hakikat Strategi Pembelajaran
C. Berbagai Pendapat tentang Strategi
Pembelajaran
D. Hubungan antara Strategi, Tujuan, dan
Metode Pembelajaran
E. Perbedaan antara Strategi, Metode, dan
Teknik Pembelajaran
F. Strategi Pembelajaran PAILKEM
G. Rangkuman
H. Latihan
BAB
2. KOMPONEN DAN KRITERIA PEMILIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN
A. Komponen Strategi Pembelajaran
B. Kriteria Pemilihan Strategi Pembelajaran
C. Pendekatan Inovatif dalam Strategi
Pembelajaran
D. Mendorong Siswa Belajar secara Aktif
BAB
3 KEBUTUHAN BELAJAR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
A. Mengapa Kita Memulai dengan Perancangan
Pembelajaran?
B. Kapan Suatu Kebutuhan Dapat Dikatakan
Bukan Kebutuhan atau Perancangan Pembelajaran?
C. Mengumpulkan Data untuk Membuktikan Adanya
Suatu Kebutuhan
D. Memilih Judul dan Menetapkan Tujuan
Pembelajaran
E. Prioritas dan Kendala
F. Deskripsi Taxonomi Tujuan Pembelajaran
G. Contoh Penulisan Tujuan dengan Kata-Kata
Operasional
BAB
4. STRATEGI PEMBELAJARAN YANG AKTIF
A. Pendahuluan
B. Pembelajaran yang Aktif
C. Bagaimana Merancang Strategi Pembelajaran
Aktif
D. Bagaimana Suasana Menerapkan Strategi
Pembelajaran Aktif?
E. Bagaimana Menilai Siswa dalam Strategi
Pembelayang AktiV
F. Metode Pembelajaran Apa yang Dapat
Diterapkan Pembelajaran Aktif?
BAB
5. MODEL PEMBELAJARAN YANG INOVATIF
A. Pendahuluan
B. Pengertan Pembelajaran Inovatif
C. Model-Model Pembelajaran Inovatif
D. Penutup
BAB
6. PEMBELAJARAN YANG MEMANFAATKAN LIN KUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR
A. Pendahuluan
B. Hakikat Lingkungan
C. Pandangan tentang Belajar
D. Hakikat Pembelajaran
E. Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Siswa
Melalui Lingkungan
F. Kelebihan Konsep Pembelajaran dengan
Menggunakan Lingkungan
G. Kelemahan Konsep Pembelajaran dengan
Menggunakan Lingkungan
H. Simpulan
BAB
7. PEMBELAJARAN YANG KREATIF
A. Pendahuluan
B. Mengapa Guru Harus Kreatif?
C. Guru yang Kreatif
D. Upaya Menjadi Guru yang Kreatif
E. Guru Perlu Kreatif untuk Meredam Kebosanan
F. Kegunaan Guru yang Kreatif
G. Berpikir Lebih Kreatif
H. Penutup
BAB
8. PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
A. Pendahuluan
B. Pembelajaran Efektif
C. Prinsip-Prinsip, Belajar pada Pembelajaran
Efektif
D. Beberapa Faktor yang Memengaruhi
Keefektifan Belajar Siswa
BAB
9. PEMBELAJARAN YANG MENARIK
A. Pendahuluan
B. Pembelajaran yang Menarik
C. Mengapa Pembelajaran Harus Menarik
D. Model Pembelajaran yang Menarik
E. Kelemahan dan Kelebihan Mengenai Model
Pembelajaran
F. Simpulan
BAB
10. MELIBATKAN KECERDASAN DALAM PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
B. Memahami Peserta Didik
C. Tahap-Tahap Perkembangan Peserta Didik
D. Tugas-Tugas Perkembangan Peserta Didik
E. Bakat dan Kecerdasan Peserta Didik
F. Tanda-Tanda Bakat Peserta Didik
G. Kecerdasan Peserta Didik
H. Identifikasi Potensi Peserta Didik
I. Proses Identifikasi Potensi Peserta Didik
J. Penutup
BAB
11. PEMBELAJARAN BERDASARKAN KEBUTUHAN ANAK
A. Pendahuluan
B. Fokus Kajian
C. Perbedaan Individual Anak Usia SD
D. Perbedaan pada Perkembangan Fisik
E. Perbedaan pada Perkembangan Intelektual
F. Perbedaan pada Perkembangan Moral
G. Perbedaan Kemampuan
H. Tes IQ
I. Pendidikan Khusus untuk Anak Cacat
J. Sikap Orang Tua dalam Membentuk Perbedaan
Individu
K. Profit Guru dalam Menyikapi Perbedaan
L. Jerns-Jens Kebutuhan Anak Usia Sekolah
Dasar
M. Penutup
BAB
12. PEMBELAJARAN YANG DAPAT MEMBANGKITKAN INOVASI BELAJAR SISWA
A. Pendahuluan
B. Inovasi Pembelajaran
C. Kategori Adopter secara Ideal
D. Pembelajaran Inovatif
E. Pendekatan Pembelajaran dengan
Membangkitkan Inovasi Siswa
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
TENTANG
PENULIS
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
DI buku ini membahas ttg metode Concept Sentence ga ya?
BalasHapusKalau dilihat dari daftar isi di atas, tidak ada bab yg membahas Concept Sentence.
BalasHapusbab satu pada bagian 4.Hubungan antara Strategi, Tujuan, dan Metode Pembelajaran itu dari halaman berapa sampai halaman berapa ya?makasih
BalasHapusSaya butuh buku ini, kenapa ga ada pdf nya?? ðŸ˜ðŸ˜
BalasHapusDibuku ini menjelaskan ttg metode talking stick ga ?
BalasHapus