TOKO BUKU RAHMA

TOKO BUKU DISKON SEPANJANG MASA, DISKON s/d 50%
Sedia buku TK/ PAUD, SD, SMP/SMK, Soal-soal ujian, UAN, UASBN, SBMPTN, Evaluasi Ulangan Umum, Agama Islam, Umum, Perguruan Tinggi: Ekonomi, Akuntansi, manajemen, pajak, hukum, undang-undang, mipa, fisika, kimia, biologi, matematika, elektro, listrik, teknik industri, kimia, arsitektur, sipil, lingkungan, perawat, bidan, kedokteran, atlas, statistika, metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, pendidikan, penelitian tindakan kelas PTK, penelitian tindakan sekolah PTS, penulisan skripsi, tesis, disertasi, agama, syariah, proses belajar mengajar, komunikasi, jurnalistik, komputer, dll.

KONTAK

HP/WA 0856 0196 7147
email tokobukuantik@gmail.com

Mengingat kapasitas Blog terbatas dan saat ini blog sudah mulai penuh, maka untuk buku-buku baru silahkan lihat di web TB. RAHMA yang baru :
www.tokobukurahma.com

Rabu, 17 Oktober 2012

COLABORATIVE LEARNING TECHNIQUES (Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif)


Judul : COLABORATIVE LEARNING TECHNIQUES (Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif)
Pengarang : Elizabert E. Barkley
Penerbit : Nusamedia
ISBN : 979-1305-62-5
Edisi/ Cet : Cet 2
Tahun Terbit : 2012
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : xx + 444 hlm
Kertas Isi : HVS
Cover : Soft
Ukuran : 15,5 x 23 cm
Berat : 600 Gram
Kondisi : Baru
Harga : Rp. 67.000 diskon  15%
Bayar :  Rp. 56.950
Stock : 0





COLLABORATIVE LEARNING TECHNIQUES (Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif): Elizabert E. Barkley dkk

 30 Metode Meraih Sukses Bersama Dalam Studi Secara Efektif dan Menyenangkan


DAFTAR ISI :

BAGIAN 1. PENDAHULUAN

ALASAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Apakah yang Kami Maksud dengan Pembelajaran Kolaboratif
Ada Perbedaan antara Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif
-          Pembelajaran Kooperatif
-          Pembelajaran Kolaboratif
-          Pembelajaran Kooperatif versus Kolaboratif
Apakah Karakteristik yang Menguntungkan Kelompok Pembelajaran yang efektif
Apakah dasar Pemikiran Pedagogis bagi Pembelajaran Kolaboratif
-          Pentingnya Membuat Koneksi
-          Koneksi Neurologis
-          Koneksi Kognitif
-          Koneksi-koneksi Sosial
Apakah Bukti Bahwa Pembelajaran Kolaboratif Mendorong dan Meningkatkan Pembelajaran
-          Riset Mengenai Teman Sabaya
-          Riset Mengenai Lingkungan Perguruan Tinggi
-          Riset Terhadap Pembelajaran Kolaboratif di Kelas
-          Riset Terhadap kepuasan Mahsiswa
Mahsiswa Manakah yang Mendapatkan Manfaat Paling Besar dari Pembelajaran Kooperatif
Apakah Semua Orang Senang dengan Pembelajaran Kooperatif
-          Masalah-masalah yang Tidak Diriset
Kesimpulan
Catatan Akhir

BAGIAN 2. MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF
MENGORIENTASIKAN MAHASISWA
Pendahuluan dan Pemecahan Kebekuan
-          Pemecahan Kebekuan Sosial
-          Pengenalan Perkuliahan
Kebijakan dan Prosedur Perkuliahan
-          Tinjauan Silabus
-          Menentukan Aturan Dasar Kelompok
-          Kontrak Belajar Kelompok
Mengorientasikan Mahasiswa pada Pembelajaran Kolaboratif
Kesimpulan

MEMBENTUK KELOMPOK
Jenis Kelompok
Ukuran Kelompok
Keanggotaan Kelompok
-          Memilih Anggota Kelompok
-          Mengubah Anggota Kelompok
-          Membagi Peran pada Anggota Kelompok
Kesimpulan

MENYUSUN TUGAS PEMBELAJARAN
Pertimbangan Umum Ketika Menyusun Tugas
Merancang Pengarah Tugas Pembelajaran
Membuat Tugan yang Berhubungan dengan Desain Perkuliahan yang Lebih Luas
-          Taksonomi Tujuan-tujuan Pendidikan Ciptaan Bloom
-          Teaching Goals Inventory (TGT) dan Classroom Assessment Techniques (CATs) dari Angelo dan Cross
-          Menggunakan Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif untuk Mengimplementasikan Model Ini
-          Model-model Desain Perkuliahan Lainnya
Kesimpulan

MAMFASILITASI KOLABORASI MAHASISWA
Memperkenalkan Kegiatan
Mengobservasi dan Berinteraksi dengan Kelompok
Menangani Masalah
-          Partisipasi yang Tidak Berimbang
-          Penolakan Mahasiswa terhadap Kerja Kelompok
-          Perilaku Mangkir dari Tugas
-          Kelompok yang Tidak Bisa Akur
-          Ada Beberapa Atau Tidak Ada Mahasiswa yang Bersedia Menjadi Pemimpin
-          Tingkat Kemamnpuan yang Berbeda
-          Kelompok-kelompok yang Bekerja dengan Tingkat Berbeda
-          Persoalan Kehadiran
-          Kecurangan
Teknik-teknik Pelaporan
Membantu Kelompok Membuat Penutup
-          Membantu Kelompok Menyintesiskan Pelajaran yang Telah Dipelajari dan Kesimpulan yang Dicapai
-          Membantu Mahasiswa Merayakan Percapaian Mereka
Kesimpulan

MEMBERI NILAI DAN MENGEVALUASI PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Memastikan Tanggung Jawab Individu dan Interdependensi Positif Kelompok
-          CoLT 12: Tes-Taking Teams
-          CoLT 20: Group Gird
-          CoLT 24: Dialogue Journals
Pedoman Umum untuk Memberi Nilai Kerja Kolaboratif
Keputusan Penting dalam Memberi Nilai untuk Kerja Kolaboratif
-          Menentukan Apa yang Harus Dievaluasi
-          Memutuskan Apakah Harus Evaluasi Terhadap Tujuan Formatif dan Sumatif
-          Memutuskan Siapa yang Melakukan Evaluasi
-          Pengajar
-          Evaluasi oleh Mahasiswa Sendiri
-          Evaluasi oleh Teman
-          Evaluasi oleh Kelompok
Kesimpulan

BAGIAN 3. TEKNIK-TEKNIK PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLT)
Asal Usul CoLt
Bagaimana Menggunakan CoLT
Kategori-kategori CoLT
Format yang Digunakan untuk Menyampaikan CoLT

TEKNIK-TEKNIK DISKUSI
Think – Pair – Share (Bertukar Pikiran secara Berpasangan)
Round  Robin (Merespon Bergiliran)
Buzz Group (Kelompok Desas-Desus)
Talking Chips (Keping Bicara)
Three – Steps Intervew (Wawancara Tiga Tahap)
Critical Debate (Debat Kritis)

TEKNIK-TEKNIK PENGAJARAN RESIPROKAL
Note – Taking Pairs (Pasangan Mencatat)
Learning Cell (Sel Pembelajaran)
Fishbowl (Toples Ikan)
Role Play (Permnainan Peran)
Jigsaw (Menyusun Potongan Pusel)
Test – Taking Teams (Tim Peserta Ujian)

TEKNIK-TEKNIK PENYELESAIAN MASALAH
Think – Aloud Problems Solving (TAPPS) (Menyelesaikan Masalah Berpasangan secara Lisan)
Send – A – Problem (Mengirim Masalah
Case Study (Studi Kasus)
Structured Problem Solving (Penyelesaian Masalah Terstruktur)
Analitic Teams (Tim Analisis)
Group Investigation (Investigasi Kelompok)

TEKNIK-TEKNIK YANG MENGGUNAKAN PENGELOLA INFORMASI GRAFIS
Affinity Grouping (Pengelompokan Afinitas)
Group Grid (Kisi Kelompok)
Team Matrix (Matriks Team)
Sequence Chains (Rantai Skuen)
Word Webs (Jaring-jaring Kota)

TEKNIK-TEKNIK YANG BERFOKUS PADA MENULIS
Dialogue Jurnal (Jurnal Dialog)
Round Table (Meja Bundar)
Dyadic Essay (Menulis Esay Berpasangan)
Peer Editing (Pengeditan oleh Teman)
Team Anthologies (Antologi Kelompok)
Paper Seminar (Makalah Seminar)

LAMPIRAN: IDE-IDE LAIN UNTUK MENGINTEGRASIKAN TUGAS PEMBELAJARAN KE DALAM SEBUAH KERANGKA KURIKULUM
Understanding by Design Karya Wiggins dan McTighe (1988)
-          Mengajar untuk Pemahaman
-          Backward Design (Desain Mundur)
-          Menggunakan Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif
-          Mengimplementasikan Model Ini
-          Contoh: Sejarah Perang Vietnam
-          Penjelasan dan Aplikasi
-          Aplikasi, Interpretasi, Perspektif, dan Empati
-          Empati dan Pemahaman-Diri
Pengalaman Significant Learning dari Fink (2003)
-          Taksonomi Significant Learning
-          Menggunakan Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif untuk Mengimplementasikan Model Ini
-          Tujuan Pembelajaran



KEMBALI KE HALAMAN AWAL  


3 komentar: