Judul | : | COLABORATIVE LEARNING TECHNIQUES (Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif) | |
Pengarang | : | Elizabert E. Barkley | |
Penerbit | : | Nusamedia | |
ISBN | : | 979-1305-62-5 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 2 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xx + 444 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15,5 x 23 cm | |
Berat | : | 600 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 67.000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp. 56.950 | |
Stock | : | 0 |
COLLABORATIVE
LEARNING TECHNIQUES (Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif): Elizabert E. Barkley dkk
30 Metode Meraih Sukses Bersama Dalam Studi Secara Efektif dan Menyenangkan
DAFTAR ISI :
BAGIAN 1. PENDAHULUAN
ALASAN PENERAPAN
PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Apakah yang Kami Maksud dengan Pembelajaran Kolaboratif
Ada Perbedaan antara Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif
-
Pembelajaran Kooperatif
-
Pembelajaran Kolaboratif
-
Pembelajaran Kooperatif versus Kolaboratif
Apakah Karakteristik yang Menguntungkan Kelompok
Pembelajaran yang efektif
Apakah dasar Pemikiran Pedagogis bagi Pembelajaran
Kolaboratif
-
Pentingnya Membuat Koneksi
-
Koneksi Neurologis
-
Koneksi Kognitif
-
Koneksi-koneksi Sosial
Apakah Bukti Bahwa Pembelajaran Kolaboratif Mendorong dan
Meningkatkan Pembelajaran
-
Riset Mengenai Teman Sabaya
-
Riset Mengenai Lingkungan Perguruan Tinggi
-
Riset Terhadap Pembelajaran Kolaboratif di Kelas
-
Riset Terhadap kepuasan Mahsiswa
Mahsiswa Manakah yang Mendapatkan Manfaat Paling Besar dari
Pembelajaran Kooperatif
Apakah Semua Orang Senang dengan Pembelajaran Kooperatif
-
Masalah-masalah yang Tidak Diriset
Kesimpulan
Catatan Akhir
BAGIAN 2.
MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF
MENGORIENTASIKAN
MAHASISWA
Pendahuluan dan Pemecahan Kebekuan
-
Pemecahan Kebekuan Sosial
-
Pengenalan Perkuliahan
Kebijakan dan Prosedur Perkuliahan
-
Tinjauan Silabus
-
Menentukan Aturan Dasar Kelompok
-
Kontrak Belajar Kelompok
Mengorientasikan Mahasiswa pada Pembelajaran Kolaboratif
Kesimpulan
MEMBENTUK KELOMPOK
Jenis Kelompok
Ukuran Kelompok
Keanggotaan Kelompok
-
Memilih Anggota Kelompok
-
Mengubah Anggota Kelompok
-
Membagi Peran pada Anggota Kelompok
Kesimpulan
MENYUSUN TUGAS
PEMBELAJARAN
Pertimbangan Umum Ketika Menyusun Tugas
Merancang Pengarah Tugas Pembelajaran
Membuat Tugan yang Berhubungan dengan Desain Perkuliahan
yang Lebih Luas
-
Taksonomi Tujuan-tujuan Pendidikan Ciptaan Bloom
-
Teaching Goals Inventory (TGT) dan Classroom Assessment
Techniques (CATs) dari Angelo dan Cross
-
Menggunakan Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif
untuk Mengimplementasikan Model Ini
-
Model-model Desain Perkuliahan Lainnya
Kesimpulan
MAMFASILITASI
KOLABORASI MAHASISWA
Memperkenalkan Kegiatan
Mengobservasi dan Berinteraksi dengan Kelompok
Menangani Masalah
-
Partisipasi yang Tidak Berimbang
-
Penolakan Mahasiswa terhadap Kerja Kelompok
-
Perilaku Mangkir dari Tugas
-
Kelompok yang Tidak Bisa Akur
-
Ada Beberapa Atau Tidak Ada Mahasiswa yang Bersedia
Menjadi Pemimpin
-
Tingkat Kemamnpuan yang Berbeda
-
Kelompok-kelompok yang Bekerja dengan Tingkat Berbeda
-
Persoalan Kehadiran
-
Kecurangan
Teknik-teknik Pelaporan
Membantu Kelompok Membuat Penutup
-
Membantu Kelompok Menyintesiskan Pelajaran yang Telah
Dipelajari dan Kesimpulan yang Dicapai
-
Membantu Mahasiswa Merayakan Percapaian Mereka
Kesimpulan
MEMBERI NILAI DAN
MENGEVALUASI PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Memastikan Tanggung Jawab Individu dan Interdependensi
Positif Kelompok
-
CoLT 12: Tes-Taking Teams
-
CoLT 20: Group Gird
-
CoLT 24: Dialogue Journals
Pedoman Umum untuk Memberi Nilai Kerja Kolaboratif
Keputusan Penting dalam Memberi Nilai untuk Kerja
Kolaboratif
-
Menentukan Apa yang Harus Dievaluasi
-
Memutuskan Apakah Harus Evaluasi Terhadap Tujuan
Formatif dan Sumatif
-
Memutuskan Siapa yang Melakukan Evaluasi
-
Pengajar
-
Evaluasi oleh Mahasiswa Sendiri
-
Evaluasi oleh Teman
-
Evaluasi oleh Kelompok
Kesimpulan
BAGIAN 3.
TEKNIK-TEKNIK PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLT)
Asal Usul CoLt
Bagaimana Menggunakan CoLT
Kategori-kategori CoLT
Format yang Digunakan untuk Menyampaikan CoLT
TEKNIK-TEKNIK DISKUSI
Think – Pair – Share (Bertukar Pikiran secara Berpasangan)
Round Robin (Merespon
Bergiliran)
Buzz Group (Kelompok Desas-Desus)
Talking Chips (Keping Bicara)
Three – Steps Intervew (Wawancara Tiga Tahap)
Critical Debate (Debat Kritis)
TEKNIK-TEKNIK
PENGAJARAN RESIPROKAL
Note – Taking Pairs (Pasangan Mencatat)
Learning Cell (Sel Pembelajaran)
Fishbowl (Toples Ikan)
Role Play (Permnainan Peran)
Jigsaw (Menyusun Potongan Pusel)
Test – Taking Teams (Tim Peserta Ujian)
TEKNIK-TEKNIK
PENYELESAIAN MASALAH
Think – Aloud Problems Solving (TAPPS) (Menyelesaikan
Masalah Berpasangan secara Lisan)
Send – A – Problem (Mengirim Masalah
Case Study (Studi Kasus)
Structured Problem Solving (Penyelesaian Masalah
Terstruktur)
Analitic Teams (Tim Analisis)
Group Investigation (Investigasi Kelompok)
TEKNIK-TEKNIK YANG
MENGGUNAKAN PENGELOLA INFORMASI GRAFIS
Affinity Grouping (Pengelompokan Afinitas)
Group Grid (Kisi Kelompok)
Team Matrix (Matriks Team)
Sequence Chains (Rantai Skuen)
Word Webs (Jaring-jaring Kota)
TEKNIK-TEKNIK YANG
BERFOKUS PADA MENULIS
Dialogue Jurnal (Jurnal Dialog)
Round Table (Meja Bundar)
Dyadic Essay (Menulis Esay Berpasangan)
Peer Editing (Pengeditan oleh Teman)
Team Anthologies (Antologi Kelompok)
Paper Seminar (Makalah Seminar)
LAMPIRAN: IDE-IDE
LAIN UNTUK MENGINTEGRASIKAN TUGAS PEMBELAJARAN KE DALAM SEBUAH KERANGKA
KURIKULUM
Understanding by Design Karya Wiggins dan McTighe (1988)
-
Mengajar untuk Pemahaman
-
Backward Design (Desain Mundur)
-
Menggunakan Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif
-
Mengimplementasikan Model Ini
-
Contoh: Sejarah Perang Vietnam
-
Penjelasan dan Aplikasi
-
Aplikasi, Interpretasi, Perspektif, dan Empati
-
Empati dan Pemahaman-Diri
Pengalaman Significant Learning dari Fink (2003)
-
Taksonomi Significant Learning
-
Menggunakan Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif
untuk Mengimplementasikan Model Ini
-
Tujuan Pembelajaran
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Kak.... ini bukunya msih ada? Saya berminat
BalasHapusBukunya bisa dipesan???
BalasHapusBukunya bisa dipesan???
BalasHapus