Judul | : | LEARNING THEORIES EDISI 6 | |
Pengarang | : | Dale H. Schunk | |
Penerbit | : | Rineka Cipta | |
Cetakan | : | Cet. 1 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 808 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 18 x 24 cm | |
Berat | : | 1400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 165,000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp 132,000 | |
Stock | : | 1 |
LEARNING THEORIES EDISI 6
Pengarang: Dale
H. Schunk
Penerbit:
Pustaka Pelajar
DAFTAR ISI
BAB 1. PENGANTAR KAJIAN ILMU PEMBELAJARAN
DEFINISI PEMBELAJARAN
PELOPOR-PELOPOR TEORI-TEORI PEMBELAJARAN MODERN
Teori dan Filsafat Pembelajaran
Awal mula Studi Psikologi Pembelajaran
Strukturalisme dan Fungsionalisme
TEORI DAN PENELITIAN TENTANG PEMBELAJARAN
Fungsi-fungsi Teori
Melakukan Penelitian
PENILAIAN TENTANG PEMBELAJARAN
Observasi Langsung
Respons Tertulis
Respons Lisan
Penilaian oleh Pihak Lain
Laporan-diri
HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN
Perspektif Historis
Karakteristik-karakteristik Umum Pengajaran
Integrasi Teori dan Praktik
PERSOALAN-PERSOALAN PENTING DALAM TEORI-TEORI PEMBELAJARAN
Bagaimana. Pembelajaran Terjadi
Apa Peran Memori?
Apa Peran Motivasi?
Bagaimana Transfer Terjadi?
Proses-proses Apa Sajakah yang Terlibat dalam Pengaturan-diri?
Apa Sajakah Implikasinya bagi Pengajaran?
TIGA SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas Tiga di Bawah Asuhan Kathy Stone
Kelas Sejarah Amerika Serikat di Bawah Asuhan Jim
Marshall
Kelas Psikologi Pendidikan di Bawah Asuhan Gina Brown
BAB 2. NEUROSAINS PEMBELAJARAN
ORGANISASI DAN STRUKTUR-STRUKTUR
Organisasi Saraf
Struktur-struktur Otak
Lokalisasi dan Berbagai Interkoneksi
Metode-Metode Penelitian Otak
NEUROFISIOLOGIPEMBELAJARAN
Sistem Pengolahan
Jaringan-Jaringan Memori
Pembelajaran Bahasa
PERKEMBANGAN OTAK
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perkembangan Otak
Fase-fase Perkembangan Otak
Periode-periode Kritis Perkembangan Otak
Perkembangan Kemampuan Berbahasa
MOTIVASI DAN EMOSI
Motivasi
Emosi
APUKASI-APLIKASIPENGAJARAN
Relevansi Penelitian Otak
Persoalan-persoalan dalam Pendidikan
Praktik-praktik Pendidikan Berbasis Otak
BAB 3. BEHAVIORISME — 98
KONEKSIONISME
Pembelajaran dengan Cara Trial-and-Error
Hukum Latihan dan Akibat (Exercise
and Effect Laws)
Prinsip-Prinsip Lain
Revisi terhadap Teori Thorndike
Thorndike dan Pendidikan
PENGKONDISIAN KLASIK
Proses-Proses Dasar
Variabel-variabel Informasi
Pengaruh-pengaruh Biologis
Reaksi-reaksi Emosional Terkondisi
PENGKONDISIAN KONTIGUITAS (CONTIGUOUS CONDITIONING)
Tindakan dan Gerakan
Kekuatan Asosiatif
Imbalan dan Hukuman
Pembentukan dan Perubahan Kebiasaan
PENGKONDISIAN OPERAN (OPERANT CONDITIONING)
Kerangka Konseptual
Proses-proses Dasar
Perubahan Perilaku
Modifikasi Perilaku 1
Pengaturan-diri
APLIKASI-APLIKASI DALAM PENGAJARAN
Tujuan-Tujuan Behavioral (Behavioral Objectives)
Waktu Belajar
Belajar Menguasai
Pelajaran Terprogram
Kontrak Kontingensi
BAB 4. TEORI KOGNITIF SOSIAL
KERANGKA KONSEPTUAL PEMBELAJARAN
Interaksi-interaksi Timbal Balik
Pembelajaran Melalui Praktik (Enactive Learning) dan Melalui
Pengamatan (Vicarious Learning)
Mempelajari (Learning) dan Mempraktikkan (Performance)
Pengaturan-
PROSES-PROSES PEMODELAN
Teori-teori Peniruan
Fungsi-fungsi Pemodelan
Pembelajaran Keterampilan Kognitif
Pembelajaran Keterampilan Motorik
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PEMBELAJARAN DAN PRAKTIK
Status Perkembangan Siswa
Keunggulan dan Kompetensi Si Model
Akibat-akibat atau Hasil-hasil yang Dirasakan dari
Mengamati Model
PROSES-PROSES MOTIVASIONAL
Tujuan
Harapan-harapan akan Hasil
Nilai-nilai
EFEKTIFITAS-DIRI
Gambaran Konseptual
Efikasi-diri dalam Situasi-situasi Berprestasi
Model dan Efikasi-diri
Keterampilan-keterampilan Motorik
Efikasi-diri Pengajar
Aktivitas-aktivitas untuk Kesehatan dan Pengobatan
APLIKASI-APLIKASI UNTUK PENGAJARAN
Model-model
Efikasi-diri
Contoh-contoh Terapan
Tutoring dan Mentoring
BAB 5. TEORI PENGOLAHAN INFORMASI
SISTEM PENGOLAHAN INFORMASI
Asumsi-asumsi
Model Memori Dua-Penyimpanan
Alternatif-alternatif Model Dua-Penyimpanan
PERHATIAN
Teori-Teori tentang Perhatian
Perhatian dan Pembelajaran
Perhatian dan Keterampilan Membaca
PERSEPSI
Teori Gestalt
Register-register Sensorik
Perbandingan-perbandingan Memori Jangka-panjang (LTM)
MODEL MEMORI DUA-PENYIMPANAN
Pembelajaran Verbal
Memori (Kerja) Jangka-pendek
Memori Jangka Panjang
Faktor-faktor yang Memengaruhi Pengkodean
MEMORI JANGKA PANJANG (LTM): GUDANG PENYIMPANAN
Proposisi-proposisi
Gudang Penyimpanan Pengetahuan
Sistem-sistem Produksi dan Model-Model Koneksionis
MEMORI JANGKA PANJANG: PENARIKAN INFORMASI DAN KONDISI LUPA
Penarikan Informasi
Pemahaman Bahasa
Lupa
PENCITRAAN MENTAL
Representasi Informasi Spasial
Pencitraan dalam Memori Jangka-panjang (LTM)
Perbedaan-perbedaan Individual
APLIKASI-APLIKASI DALAM PENGAJARAN
Organisator Pengantar
Kondisi-kondisi Pembelajaran
Muatan Kognitif
RINGKASAN
BACAAN TAMBAHAN
BAB 6. KONSTRUKTIVISME
KONSTRUKTIVISME: ASUMSI-ASUMSI DAN PERSPEKTIF-PERSPEKTIF
Gambaran Umum
Berbagai Perspektif dalam Konstruktivisme
Kognisi Berkonteks (Situated Cognition)
Kontribusi dan Aplikasi
TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET
Proses-proses Perkembangan Kognitif
Implikasi-implikasinya bagi Pengajaran
TEORI SOSIOKULTURAL VYGOTSKY
Latar Belakang
TUTURAN PRIBADI DAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIASI SOSIAL
MOTIVASI
LINGKUNGAN-LINGKUNGAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS
APLIKASI-APLIKASI DALAM PENGAJARAN
BAB 7. PROSES-PROSES PEMBELAJARAN KOGNITIF
PENGETAHUAN KONDISIONAL DAN METAKOGNISI
MEMPELAJARI KONSEP
PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING)
TRANSFER
TEKNOLOGI DAN PENGAJARAN
APLIKASI-APLIKASI DALAM PENGAJARAN
BAB 8. MOTIVASI
PERSPEKTIF-PERSPEKTIF LAMA
Teori Dorongan
Teori Pengkondisian
Teori Konsistensi Kognitif
Teori Humanistik
MODEL PEMBELAJARAN BERMOTIVASI
Pra-tugas
Selama Tugas
Pasca-tugas
MOTIVASI BERPRESTASI
Teori Harapan-Nilai
Pengaruh-pengaruh yang Berhubungan dengan Keluarga
Model Kontemporer Motivasi Berprestasi
Teori Nilai-diri
Tugas dan Keterlibatan Ego
TEORI ATRIBUSI
Lokus Kontrol
Analisis Naif tentang Tindakan
Teori Atribusi tentang Prestasi
TEORI KOGNITIF SOSIAL
Tujuan dan Harapan
Perbandingan Sosial
Teori Tujuan
Orientasi Tujuan
Konsepsi Kemampuan
KONTROL YANG DIPAHAMI (PERCEIVED CONTROL)
Keyakinan-keyakinan akan Kontrol
Ketidakberdayaan yang Dipelajari (Learned Helplessness)
Siswa yang Memiliki Masalah dalam Belajar
KONSEP-DIRI
Dimensi-dimensi dan Perkembangan
Konsep-diri dan Pembelajaran
N10TIVASI INTRINSIK
Perspektif-perspektif Teoretis
APLIKASI-APLIKASI DALAM PENGAJARAN
Pelatihan Motivasi Berprestasi
Program-program Pengubahan Atribusi
Orientasi-orientasi Tujuan
BAB 9. PENGATURAN-DIRI 544
TEORI PERILAKU
Self-Monitoring (Pemantauan-diri)
Pengajaran-diri (Self-instruction)
Pendesak-diri (Self-Reinforcement)
TEORI KOGNITIF SOSIAL
Kerangka Konseptual
Proses-proses Kognitif Sosial
Sifat Siklis Pengaturan-diri
Pengaruh Sosial dan Pengaruh Diri-sendiri
TEORI PENGOLAHAN INFORMASI
Model Pengaturan-diri
Strategi-strategi Pembelajaran
Pengaruh-pengaruh Sosiokultural
TEORI KONSTRUKTIVIS
Teori-teori Implisit
MOTIVASI DAN PENGATURAN-DIRI
Kemauan
Nilai-nilai
Skema-diri
Mencari Bantuan
APLIKASI-APLIKASI DALAM PENGAJARAN
Pembelajaran Akademik
Keterampilan Menulis
Keterampilan Matematika
BAB 10. PERKEMBANGAN
AWAL MULA PENELITIAN ILMIAH MENGENAI PERKEMBANGAN
Landasan Historic
Landasan Filosofis
The Child Study Movement
(Gerakan
Penelitian terhadap Anak)
PERSPEKTIF-PERSPEKTIF MENGENAI PERKEMBANGAN
Hal-hal Utama terkait Pembelajaran
Tipe-tipe Teori Perkembangan
TEORI-TEORI STRUKTURAL
TEORI BRUNER TENTANG PERTUMBUHAN KOGNITIF Representasi Pengetahuan
Kurikulum Spiral
TEMA-TEMA PERKEMBANGAN KONTEMPORER
Perubahan-perubahan dalam Perkembangan
Pengajaran yang Sesuai dengan Perkembangan
Transisi-transisi dalam Bersekolah
PENGARUH KELUARGA
Status Social Ekonomi
Lingkungan Rumah
Keterlibatan Orangtua
Media Elektronik
MOTIVASI DAN PERKEMBANGAN
Perubahan-perubahan dalam Perkembangan
Implikasi-implikasinya terhadap Pembelajaran
APLIKASI-APLIKASI DALAM PENGAJARAN
Gaya belajar
Model Pengajaran Case
Interaksi Guru-Siswa
RINGKASAN
BACAAN TAW1BAHAN
Glosarium
Daftar Pustaka
Indeks
buku ini masih ada ?
BalasHapus