Judul | : | DELPHI | |
Pengarang | : | Abdul Kadir | |
Penerbit | : | Penerbit Andi | |
Cetakan | : | Cet. 1 | |
Tahun Terbit | : | 2013 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 662 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 20 x 28 cm | |
Berat | : | 1300 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 214,000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp 171.200 | |
Stock | : | 1 |
DELPHI
Pengarang: Abdul Kadir
Penerbit: Penerbit Andi
DAFTAR ISI
BAB 1 YUK, MENGENAL DELPHI!
1.1 Delphi, Tool untuk Membuat Aplikasi
1.2 Menjalankan Delphi
1.3 Membuat Aplikasi Sederhana
1.4 Menambahkan Komponen Tombol
1.5 Memberi Judul pads Tombol
1.6 Mengubah Nama Tombol
1.7 Mengubah Nama Formulir dan Judul Formulir
1.8 Menyimpan Proyek
1.9 Menutup Proyek
1.10 Membuka Kembali Suatu Proyek
1.11 Menjalankan Kembali Aplikasi
1.12 Mengakhiri Delphi
1.13 Tanya dan Jawab
BAB 2 YUK,
MULAI MENULIS KODE!
2.1 Properti, Metode, dan Kejadian
2.2 Mengubah Warna Formulir
2.3 Menuliskan Kode untuk Kejadian OnClick
Milik ButtonSaklar
2.4 Mengompilasi Program
2.5 Membetulkan Kesalahan dan Menguji Aplikasi
2.6
Memahami Kode Delphi untuk Kejadian OnClick Milik Buttonsaklar
2.7 Melihat Sejenak Kode Keseluruhan
2.8 Menambahkan Tombol untuk Mengakhiri
Aplikasi
2.9 Tanya dan Jawab
BAB 3
MELAKUKAN PERHITUNGAN
3.1 Bukankah Menghitung Luas Segitiga Mudah
Sekali Dilakukan?
3.2 Persiapan yang Dilakukan
3.3 Menambahkan Kode pads Kejadian OnClick
Milik ButtonHitung
3.4 Melengkapi Kode untuk Kejadian OnClick
Milik ButtonKeluar
3.5 Memformat Nilai Luas Segitiga
3.6 Menangani Kesalahan Pemasukan Data
3.7 Tanya dan Jawab
BAB 4 MEMANFAATKAN TOMBOL RADIO DAN KOTAK CEK
4.1 Mengenal TGroupBox
4.2 Mengenal TRadioButton
4.3 Mengenal TRadioGroup
4.4 Mengenal TCheckBox
4.5 Mengenal TUpDown
4.6 Aplikasi Pengatur Teks
4.6.1 Membuat Proyek dan Form
4.6.2 Membuat GroupBox Berjudul Teks
4.6.3 Membuat Label Delphi
4.6.4 Menyisipkan TRadioGroup Berjudul Warna
Teks
4.6.5 Menyisipkan Kotak Group Berjudul Jenis
Font
4.6.6 Membuat Dua Tombol Radio
4.6.7 Menyisipkan Kotak Group Berjudul
Karakteristik Teks
4.6.8 Menyisipkan Dua Buah Kotak Cek
4.6.9 Menyisipkan Kotak Grup Berjudul Ukuran
Font
4.6.10 Menyisipkan TEdit
4.6.11 Menyisipkan TUpDown
4.6.12 Menyimpan dan Menguji Aplikasi
4.6.13 Menambahkan Kode pads Kejadian OnClick Milik RadioGroup berjudul Warna Teks
4.6.14 Menambahkan Kode pads Kejadian OnClick Milik Tombol Radio Berjudul MS Sans Serif dan Comic Sans MS
4.6.15 Menambahkan Kode pads Kejadian OnClick Milik Kotak Cek Berjudul Digarisbawahi
4.6.13 Menambahkan Kode pads Kejadian OnClick Milik RadioGroup berjudul Warna Teks
4.6.14 Menambahkan Kode pads Kejadian OnClick Milik Tombol Radio Berjudul MS Sans Serif dan Comic Sans MS
4.6.15 Menambahkan Kode pads Kejadian OnClick Milik Kotak Cek Berjudul Digarisbawahi
4.6.16 Menambahkan Kode pads Kejadian OnClick
Milik Kotak Cek Berjudul Miring
4.6.17 Menambahkan Kode pads Kejadian OnChange
Milik Kotak Edit
4.7 Tanya dan Jawab
BAB
5 YUK, MEMPELAJARI PENGULANGAN!
5.1 Pengulangan Seringkali Terjadi
5.2 Persiapan Membuat Proyek
5.3 Pernyataan repeat
5.4 Pernyataan while
5.5 Pernyataan for................................................................................
5.6 Penggunaan for Bersarang
5.7 Pernyataan break dan continue
5.8 Tanya dan Jawab
BAB 6 YUK, MENGENAL ARRAY!
6.1 Apa Array Itu?
6.2 Persiapan Membuat Proyek
6.3 Array Berdimensi Satu
6.4 Array Berdimensi Banyak
6.5 Array Dinamis
6.6 Penggunaan Komponen TComboBox
6.6.1 Mendeklarasikan Array Sebagai Variabel
Privat
6.6.2 Menyisipkan Kode untuk Kejadian
OnCreate Milik Formulir
6.6.3 Menyisipkan Kode untuk Kejadian
OnChange Milik Kotak Kombo
6.6.4 Menguji Aplikasi
6.7 Penggunaan TListBox
6.7.1 Contoh Penggunaan TListBox untuk
Menangani Pilihan Tunggal
6.7.2 Mendeklarasikan Array Sebagai Variabel
Privat
6.7.3 Menyisipkan Kode untuk Kejadian
OnCreate Milik Formulir
6.7.4 Menyisipkan Kode untuk
Kejadian OnClick Milik Tombol ButtonSalin
6.7.5 Menyisipkan Kode untuk Kejadian
DblClick Milik ListBoxBuah
6.7.6 Menguji Aplikasi
6.8 Contoh
Penggunaan ListBox untuk Menangani Pilihan Berganda
6.8.1 Mengubah Properti MultiSelect dan
Extended Milik ListBoxBuah
6.8.2 Memodifikasi Kode pads Kejadian OnClick
Milik Tombol ButtonSalin
6.9 Tanya dan Jawab
BAB 7 MENGENAL SEJUMLAH KOMPONEN — BAGIAN 1
7.1
Komponen TScrollBar
7.1.1 Menyisipkan Kode
untuk Menampilkan Posisi Tombol Geser di Awal Eksekusi
7.1.2 Memantau Posisi Tombol Geser
7.1.3 Menguji Aplikasi
7.2 Komponen TMerno.
7.2.1 Mengosongkan Isi MemoKeterangan
7.2.2 Menambahkan Kode di Kejadian OnCreate
Formulir
7.2.3 Menambahkan Kode di Kejadian OnClick
Milik ButtonOK
7.2.4 Menjalankan Aplikasi
7.3 Komponen TShape
7.4 Komponen Tlmage
7.5 Komponen TBitBtn
7.6 Komponen OpenPictureDialog
7.7 Tanya dan Jawab
BAB 8 MENGENAL SEJUMLAH KOMPONEN -
BAGIAN II
8.1 Komponen TEditMask
8.2 Komponen TPageControl
8.3 Komponen TTabControl
8.4 Komponen TDateTimePicker
8.5 Komponen TProgressBar
8.6 Komponen TTrackBar
8.7 TstringGrid
8.7.1 Menambahkan Variabel Privat
8.7.2 Menangani Kejadian OnCreate Milik Formulir
8.7.3 Menangani Kejadian OnSelectCell Milik
StringGridDaftarBrg
8.7.4 Menangani Kejadian OnClick Milik
ButtonSimpan
8.7.5 Menangani Kejadian OnClick Milik
ButtonTambah
8.8 Tanya dan Jawab
BAB 9
MENGGUNAKAN MENU
9.1 Menu
9.2 Menu Utama
9.2.1 Membuat Program yang Melibatkan Menu
9.2.2 Membuat Menu
9.2.3 Menguji Menu
9.2.4 Memberi Nama Menu
9.2.5 Menambahkan Kode pads Item Menu Exit
9.3 Proyek dengan Formulir Berganda
9.3.1 Menambahkan Formulir ke dalam Proyek
9.3.2 Menambahkan Kode pads
Item Menu Modal dan Non-Modal
9.3.3 Menguji Aplikasi
9.4 Menu Pop-up
9.4.1 Membuat Program Popup
9.4.2 Membuat Isi Menu PopUp dan Memberi
Namanya
9.4.3 Mengaitkan Menu Pop-up ke Formulir
9.4.4 Menguji Menu Pop-up
9.4.5 Kejadian OnContextPopup
9.4.6 Menambahkan Kode pads Item Menu Pop-up
9.5 Lain-lain
9.6 Tanya dan Jawab
BAB 10 MENGGUNAKAN KOTAK DIALOG
10. 1 Fungsi
MessageDIg
10.2
Membuat Program yang Menggunakan MessageDIg
10.2.1 Menambahkan Kode pads
Kejadian OnClick Milik Tombol Informasi
10.2.2 Menambahkan Kode pads
Kejadian OnClick Milik Tombol Selesai
10.2.3 Menambahkan Kode pads
Kejadian OnClose Milik Formulir
10.2.4 Menguji Program
10.3 Kotak Dialog TOpenDialog
10.4 Kotak Dialog FontDialog
10.4.1 Membuat Proyek dan Formulir untuk
Menangani TFontDialog
10.4.2 Menambahkan Kode pads Kejadian OnClick
Milik Tombol Font
10.4.3 Menguji Program Font
10.5 Kotak Dialog TColorDialog
10.5.1 Membuat Proyek dan Formulir untuk
Menangani TColorDialog
10.5.2 Menambahkan Kode pads Kejadian OnClick
Milik Tombol Font
10.5.3 Menguji Aplikasi
10.6 Tanya & Jawab
BAB 11 MEMBUAT ANIMASI
11.1 Komponen TTimer
11.2 Menampilkan Tanggal dan Jam
11.3 Membuat Animasi Sederhana
11.4 Tanya dan Jawab
BAB 12 MEMBUAT APLIKASI MULTIMEDIA
12.1 Fungsi API PlaySound
12.2 Membuat Program untuk Memainkan Suara
12.3 Komponen MediaPlayer dan Multimedia
12.4 Membuat Program Sederhana yang
Menggunakan TMediaPlayer
12.5 Meletakkan Film pads Formulir
12.6 Menyembunyikan Tombol MediaPlayer
12.7 Menambahkan Status Main
12.8 Tanya dan Jawab
BAB 13 PEMROGRAMAN GRAFIK — BAGIAN 1
13.1 Dasar Grafik
13.2 Operasi Piksel
13.3 Pena untuk Menggaris
13.4 Mengatur Bentuk dan Ketebalan Garis
13.5 Menggambar Kotak
13.6 Menggambar. Lingkaran, Elips, Potongan
Kue, dan Busur
13.7 Menggambar Poligon
13.8 Menggambar Kurva Bezier
13.9 Menampilkan Tulisan
13.10 Properti Mode pads Pen
13.11 Tanya dan Jawab
BAB 14 PEMROGRAMAN GRAFIK — BAGIAN II
14.1 Mengatur Warna Kotak, Poligon, dll.
14.2 Mengarsir Melalui Brush
14.3 Mengarsir dengan Bitmap
14.4 Memenuhi suatu Bentuk dengan Warna
14.5 Memuat dan Menampilkan Bitmap
14.6 Mengenal CopyMode
14.7 Membuat Animasi
14.8 Membalik Arah Gambar
14.9 Menyimpan Gambar
14.10 Kejadian OnPaint pads Formulir
14.11 Tanya dan Jawab
BAB 15 DASAR PENGOLAHAN CITRA
15.1 Pengantar Pengolahan Citra
15.2 Persiapan Membuat Proyek
15.3 Mengonversi dari Citra Berwarna ke
Beraras Keabuan
15.4 Mengonversi ke Citra Biner
15.5 Membuat Film Negatif
15.6 Tanya dan Jawab
BAB 16 GAMBAR DI RISTBOX DAN
MOMBOBOX
16.1 Gambar pads TListBox
16.1.1 Mempraktikkan Bentuk lbOwnerDrawFixed
16.1.2 Membuat Gambar yang Berbeda-beda
16.1.3 Mempraktikkan Bentuk lbOwnerDrawVariable
16.2 Gambar pads ComboBox
16.3 Tanya dan Jawab
BAB 17 MELIBATKAN TTOOLBAR DAN TSTATUSBAR
17.1 Mengenal Tool Bar
17.1.1 Komponen TCoolBar
17.1.2 Menyembunyikan Bidang
17.1.3 Komponen TToolBar
17.1.4 Menambahkan Bitmap pads Tombol
17.1.5 Menambahkan Kode pads Tombol ToolBar
17.1.6 Tool Bar yang Dapat Dipindah
17.2 Mengenal Status Bar
17.2.1 Membuat Formulir yang Mengandung Status
Bar
17.2.2 Menambahkan Kode untuk Kejadian
OnMouseMove Milik Formulir
17.3.3 Menambahkan Kode untuk Kejadian
OnMouseDown dan OnMouseUp Milik Formulir
17.3 Tanya dan Jawab
BAB 18 MENGENAL TTREEVIEW DAN
TLISTVIEW
18.1 Mengenal TreeView
18.1.1 Menyertakan Komponen TreeView ke
Formulir
18.1.2 Memperoleh Item yang Sedang Disorot
18.1.3 Mengetahui Level Simpul
18.1.4 Menambahkan Gambar pads Setiap Item
18.1.5 Menambahkan dan Menghapus Simpul
18.2 Mengenal TListView
18.2.1 Mempraktikkan TListView
18.2.2 Mengetahui Item yang Sedang Dipilih
18.2.3 Mengenal Properti ViewStyle dan
Smallimages
18.3 Tanya dan Jawab
BAB 19 OPERASI FILE
19.1 File pada Delphi
19.2 File Bertipe
19.2.1 Mendeklarasikan Variabel File
19.2.2 Mengaitkan Variabel File dan Nama File
19.2.3 Gambaran Operasi File
19.2.4 Membuka File
19.2.5 Menutup File
19.2.6 Menyimpan Data
19.3 Membaca Data
19.4 File Teks
19.4.1 Mendeklarasikan,
Membuka, dan Menutup File Teks
19.4.2 Membaca File Teks
19.4.3 Merekam Data Teks
19.5 File Tak-Bertipe
19.5.1 Mendeklarasikan, Membuka, dan Menutup
File Tak-Bertipe
19.5.2 Membaca Data
19.5.3 Merekam Data
19.6 Tanya dan Jawab
BAB 20
MENGAKSES DATABASE – BAGIAN I
20.1 MySQL untuk Pengelolaan Data
20.2 Pengertian Database
20.3 Menjalankan Program mysql
20.4 Menjalankan Program Klien MySQL
20.5 Melihat Daftar.Database
20.6 Melakukan Koneksi ke Suatu Database
20.7 Mengetahui Daftar Nama Tabel
20.8 Mengetahui Struktur Tabel
20.9 Keluar dari Program Klien mysql
20.10 Melihat Isi Tabel User
20.11 Mengubah Password
20.12 Menghapus Pemakai
20.13 Membuat Pemakai Baru
20.14 Mengganti Wewenang untuk Pemakai delphi
20.15 Membuat Database
20.16 Mengaktifkan Database
20.17 Mengenal Berbagai Tipe Data
20.18 Menciptakan Sejumlah Tabel
20.19 Memasukkan Data ke Tabel bagian
20.20 Memasukkan Data ke Tabel gaji
20.21 Memasukkan Data ke Tabel pribadi dan
pekerjaan
20.22 Tanya dan Jawab
BAB 21
MENGAKSES DATABASE – BAGIAN II
21.1 Aplikasi Sederhana Pengakses MySQL
21.2 Melihat Isi dbExpress
21.3 Menambahkan Komponen SQLConnection ke
Formulir
21.4 Menambahkan Komponen TSQLDataSet
21.5 Menambahkan Komponen DataSetProvider
21.6 Menambahkan Komponen TClientDataSet
21.7 Menambahkan Komponen DataSource
21.8 Menambahkan Komponen DBGrid
21.9 Mencoba Menjalankan Aplikasi
21.10 Mengubah Data
21.11 Tanya dan Jawab
BAB 22 LAPORAN MENGGUNAKAN RAVE DESIGNER
22.1 Cara Menggunakan Rave Designer
22.2 Menyiapkan Proyek Baru
22.3 Mengaktifkan Rave Designer dari Formulir
22.4 Menentukan Sumber Data
22.5 Menggunakan Wizard untuk Membuat Laporan
22.6 Menyimpan Laporan
22.7 Menampilkan Laporan
22.8 Melihat Sejenak Isi Rancangan Laporan
22.9 Melakukan Perubahan
22.10 Keluar dari Rave Designer
22.11 Menghubungkan Laporan Ke Formulir
22.12 Pengenalan Komponen TRvSystem
22.12.1 Menyalin Proyek dan Formulir
22.12.2 Menghubungkan RvProject ke RvSystem
23.12.3 Mengubah Kode pads Kejadian OnClick
Milik Tombol Cetak
22.12.4 Menambahkan Kode
pads Kejadian OnClick Milik Tombol Preview
22.12.5 Menguji Aplikasi
22.13 Tanya dan Jawab
BAB 23 LAPORAN DAN GAMBAR
23.1 Menambahkan Tabel Pendidikan
23.2 Menambahkan Foto
23.2.1 Membuat Field Bertipe Text dan LongBlob
23.2.2 Membuat Proyek Baru
23.2.3 Foto-Foto yang Dibutuhkan
23.2.4 Menambahkan Kode
untuk Kejadian OnClick Milik Tombol Ganti Foto
23.2.5
Menambahkan Kode untuk Kejadian AfterPost Milik ClientDataSet
23.2.6 Menguji Aplikasi
23.3 Menyalin Aplikasi untuk Latihan Laporan
23.4 Membuat Laporan
23.4.1 Menentukan Sumber Data
23.4.2 Membuat Judul Laporan
23.4.3 Menambahkan Region
23.4.4 Menambahkan Komponen Band dan DataBand
23.4.5 Menambahkan Text pads Band1
23.4.6 Menambahkan Komponen DataText pads
DataBandl
23.4.7 Menambahkan Memo
23.4.8 Menambahkan Foto
23.4.9 Menyimpan dan Menguji
23.5 Menambahkan Bingkai
23.6 Menambahkan Nomor Urut
23.7 Menambahkan Keterangan Akhir Laporan
23.8 MenghubungkaA Laporan ke Formulir
23.9 Tanya dan Jawab
BAB 24 GRAFIK DENGAN TCHART
24.1 Komponen TChart
24.2 Membuat Formulir yang Dilengkapi Chart
24.3 Menentukan Bentuk Diagram
24.4 Menuliskan Kode Pengatur TChart
24.5 Mengubah Judul Chart
24.6 Mengubah Bentuk Diagram
24.7 Tanya dan Jawab
BAB 25 PENANGANAN EKSEPSI
25.1 Mengenal Eksepsi
25.2 Pernyataan try ... except
25.3 Pernyataan try ... finally
25.4 Meletakkan try di dalam try
25.5 Mengenal Raise
25.6 Tanya dan Jawab
23.2.5
Menambahkan Kode untuk Kejadian AfterPost Milik ClientDataSet
23.2.6 Menguji Aplikasi
23.3 Menyalin Aplikasi untuk Latihan Laporan
23.4 Membuat Laporan
23.4.1 Menentukan Sumber Data
23.4.2 Membuat Judul Laporan
23.4.3 Menambahkan Region
23.4.4 Menambahkan Komponen Band dan DataBand
23.4.5 Menambahkan Text pads Band1
23.4.6 Menambahkan Komponen DataText pads
DataBandl
23.4.7 Menambahkan Memo
23.4.8 Menambahkan Foto
23.4.9 Menyimpan dan Menguji
23.5 Menambahkan Bingkai
23.6 Menambahkan Nomor Urut
23.7 Menambahkan Keterangan Akhir Laporan
23.8 MenghubungkaA Laporan ke Formulir
23.9 Tanya dan Jawab
BAB 24 GRAFIK DENGAN TCHART
24.1 Komponen TChart
24.2 Membuat Formulir yang Dilengkapi Chart
24.3 Menentukan Bentuk Diagram
24.4 Menuliskan Kode Pengatur TChart
24.5 Mengubah Judul Chart
24.6 Mengubah Bentuk Diagram
24.7 Tanya dan Jawab
BAB 25 PENANGANAN EKSEPSI
25.1 Mengenal Eksepsi
25.2 Pernyataan try ... except
25.3 Pernyataan try ... finally
25.4 Meletakkan try di dalam try
25.5 Mengenal Raise
25.6 Tanya dan Jawab
BAB 28 PENGELOLAAN AKSI
28.1 Komponen TActionList
28.1.1 Menyiapkan Proyek
28.1.2 Menyiapkan Daftar Aksi di TActionLis
28.1.3 Membuat Menu
28.1.4 Menguji Aplikasi
28.1.5 Menambahkan Tombol di Tool Bar
28.2 Komponen TActionManager
28.2.1 Menyiapkan Proyek
28.2.2 Menambahkan TActionManager
28.2.3 Menguji Aplikasi
28.2.4 Menambahkan Gambar
28.2.5 Menguji Aplikasi
28.3 Tanya dan Jawab
BAB 29 FORMAT DATA DI DBGRID
29.1 Menyiapkan Aplikasi
29.2 Memformat Data
29.3 Mengatur Properti Field
29.4 Melibatkan Field Kalkulasi
29.5 Menyembunyikan Kolom
29.6 Mengatur Judul dan Lebar Kolom
29.7 Tanya dan Jawab
BAB 30 PENGGUNAAN FRAME
30.1 Pengertian Frame
30.2 Pembuatan Frame
30.3 Penanganan Kejadian di Frame
30.4 Penggunaan Frame
30.5 Melihat Instan Frame
30.6 Pengubahan Properti Instan Frame
30.7 Tanya dan Jawab
BAB 31 PEMBUATAN PUSTAKA KELAS
31.1 Berbagi Kelas
31.2 Pembuatan Kelas
31.3 Penjelasan Unit
31.4 Penggunaan Kelas TOrang
di Formulir
31.5 Mengenal Konsep Pewarisan
31.6 Destruktor
31.7 Tanya dan Jawab
BAB 32 PENGATURAN OPSI PROYEK
32.1 Persiapan Proyek
32.2 Mengatur Tampilan Formulir
32.3 Mengubah Ikon Aplikasi
Lampiran: Instalasi MySQL dan Isi CD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar