Judul | : | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | |
Pengarang | : | Dr. H. Mahmud | |
Penerbit | : | Pustaka Setia | |
ISBN | : | 978-979-076-097-4 | |
Cet / Edisi | : | Cet 1 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 376 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 600 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 42.000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp. 33.600 | |
Stock | : | Tersedia |
Psikologi Pendidikan
Pengarang : Dr. H. Mahmud, M.Si.
Penerbit : Pustaka Setia
DAFTAR ISI
Bab
I. Hakikat Psikologi Pendidikan
A.
Pengertian
Psikologi Pendidikan
B.
Ruang
Lingkup Psikologi Pendidikan
C.
Pendekatan
Psikologi Pendidikan
D.
Kegunaan
Psikologi Pendidikan
Bab
II. Hakikat Manusia
A. Manusia dalam Pandangan Psikologi
1.
Manusia
menurut Aliran Behaviorisme
2.
Manusia
menurut Aliran Psikoanalisis
3.
Manusia
menurut Aliran Kognitif
4.
Manusia
menurut Aliran Humanistik
5.
Manusia
menurut Psikologi Islam
B.
Faktor-Faktor Personal yang Memengaruhi Perilaku Manusia
1.
Faktor
Biologis
2.
Faktor
Sosiopsikologis
3.
Faktor
Situasional yang Memengaruhi Perilaku Manusia
1.
Faktor
Ekologis
2.
Faktor
Rancangan dan Arsitektural
3.
Faktor
Temporal
4.
Teknologi
5.
Lingkungan
Psikososial
Bab III. Belajar
A.
Pengertian
dan Hakikat Belajar
B.
Proses
Belajar
C.
Teori
Belajar
D.
Faktor-Faktor
yang Memengaruhi Belajar
E.
Berpikir
sebagai Proses Belajar
Bab
IV. Mengingat
A. Pengertian Ingatan
1.
Jenis-jenis
Ingatan
2.
Proses
Pembentukan Ingatan
3.
Proses
Pengodean Ingatan
B. Meningkatkan Ingatan
C. Prinsip Dasar dalam Mengingat
D. Strategi Mengingat Informasi yang Penting
E. Mempertahankan dan Memerkuat Ingatan
F. Pengaruh Obat, Alkohol, Nikotin, dan
Teknologi terhadap Ingatan
G. Strategi Meningkatkan Ingatan
H. Lupa
Bab V. Pengetahuan
A.
Pengertian
B.
Teori
Pengetahuan dalam Psikologi Islam
Bab VI. Mengenal Otak
A.
Apakah
Otak Itu?
B.
Sel,
Kemampuan Tumbuh, dan Fungsi Otak
C.
Peta
Otak
D.
Neuron,
Dendrit, Sel Glial, dan Sistem Penyelubungan
E.
Pusat-pusat
Kecerdasan pada Otak
F.
Belahan
Otak dan Fungsinya
G.
Proses
Penyimpan Informasi oleh Otak
H.
Kebutuhan
dan Nutrisi Otak
Bab
VII. Guru dan Mengajar
A. Guru
1.
Pengertian
Guru
2.
Kredibihtas
Guru
3.
Atraksi
Fisik Guru
4.
Kekuasaan
Guru
B. Mengajar
1.
Cara
Pandang
2.
Melibatkan
Emosi dalam Mengajar
3.
Bersimpatik
kepada Peserta Didik
4.
Menciptakan
Keriangan
5. Mengakui dan Menghargai Kemampuan Siswa
6. Keteladanan (Modeling)
7.
Keyakinan
Dapat Mengajar
C. Trik dan Tips Mengajar
Bab
VIII. Perkembangan
A.
Pengertian
Perkembangan
B.
Ciri-ciri
Perkembangan
C.
Prinsip-prinsip
dan Arah Perkembangan
D.
Tahap-tahap
Perkembangan
E.
Tugas
Perkembangan pada Setiap Tahapan
F.
Perkembangan
Kepribadian
G.
Perkembangan
Perilaku Konatif
H.
Perkembangan
Moralitas
I.
Perkembangan
Keagamaan
J.
Faktor
Keturunan bagi Perkembangan
K.
Faktor
Keluarga bagi Perkembangan
L.
Faktor
Lingkungan bagi Perkembangan
Bab IX. Konsep Diri (Self)
A.
Pengertian
Self
B.
Kepribadian
C. Harga Diri (Self Esteem)
Daftar Pustaka
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar