Judul Buku | : | PENGEMBANGAN PROFESI GURU DARI PRA JABTAAN, INDUKSI, KE PROFESIONAL MADANI | |
Pengarang | : | Prof. Dr. Sudarwan Danim | |
Penerbit | : | Kencana | |
Cetakan | : | Ke-2 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 282 hlm | |
Kertas Isi | : | CD | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 23 cm | |
Berat | : | 400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 57,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 48,450 | |
Stock | : | 1 |
PENGEMBANGAN
PROFESI GURU DARI PRA JABTAAN, INDUKSI, KE PROFESIONAL MADANI
Pengarang: Prof. Dr. Sudarwan
Danim
Penerbit: Kencana
DAFTAR
ISI
1.RANAH PROFESIONALISASI GURU
Isi-isu Makro
Empat Ranah
Antidiskriminasi
Kiprah.Organisasi Guru
2 GURU MALAPRAKTIK
DAN GURU EFEKTIF
Guru Malapraktik
Kegagalan Induksi
Guru yang Efektif
3 ESENSI
DAN KONTROVERSI PROGRAM INDUKSI
Legitimasi Akademik
Inisiasi Kontroversial
Posisi Induksi
Berbasis Sekolah
4 DEFINISI
INDUKSI DAN MENTORING
Induksi sebagai Investasi
Definisi Induksi
Definisi Mentoring
5 KOMPONEN
DAN KARAKTERISTIK PROGRAM INDUKSI
Komponen Program
Karakteristik Program Induksi
Fokus Pengenalan
6 MODE DAN TEKNIK PROGRAM INDUKSI
Mode Program
Teknik Pelaksanaan
Isu-isu Dasar
7 DAMPAK PROGRAM INDUKSI
Sudi Komprehensif
Multi- Pengalaman Industri
8 TIPE HUBUNGAN DAN KRITERIA
IMPLEMENTASI
Program Induksi
Pelibatan Menyeluruh
Hubungan Mentor-Menti
Kriteria Implementasi
9 TEKNIK KOMUNIKASI DALAM MENTORING
Pengertian
Sikap Mentor
Komunikasi Klinis
Keputusan Berbasis Konsultasi
Pendekatan GATHER
Pendekatan REDI
10 PROFESIONALISASI GURU BERBASIS
KELEMBAGAAN
Dua Orientasi
Fokus Pengembangan
Kegiatan dan Persyaratan
Prinsip Dasar
Jenis-jenis Kegiatan
11. PROFESI DAN PROFESIONALISASI GURU
Guru dan Pendidikan
Definisi
Ciri-ciri Guru Profesional
Prinsip Profesional
Kompetensi atau Kinerja
12 MEMOTIVASI DIRI SENDIRI
Motivasi dan Motivasi Diri
Unsur-unsur Esensial
Cerminan Kedewasaan
Motivasi Diri Tinggi
Tidak Menyalahkan Keadaan
Suasana Batin
Ketekunan Diri untuk Berhasil
Memompa Prestasi
13 MENDISIPLINKAN DIRI SENDIRI
Apakah Disiplin Diri Itu?
Menyelesaikan Persoalan
Mengatur Diri
Pilar Disiplin Diri
Memperkuat Disiplin Diri
Melatih Disiplin Diri
Panduan Mendisiplin Diri
14 MENGEVALUASI DIRI SENDIRI
Evaluasi dan Evaluasi Diri
Tujuan Evaluasi Diri
Menjadi Berbeda
Fokus Evaluasi Diri
15 MEMILIKI KESADARAN DIRI
Definisi Kesadaran Diri
Bermula dari Kesadaran
Kunci Kesadaran Diri
Efektivitas Diri
Kemampuan Dasar
Kecakapan Kesadaran Diri
16 MENGEMBANGKAN DIRI SENDIRI
Makna Pengembangan Diri
Otak Tidak Penuh
Orbit Pengembangan Diri
Kit Pengembangan Diri
Strategi Individual
Meningkatkan Mutu Diri
Tahap Pengembangan Diri
Aktivitas Pengembangan Diri
17 MENJADI PEMBELAJAR SEJATI
Guru Pembelajar
Kemampuan Dasar
Lima Pilar
Berpikir Kritis
Kolaborasi dan Kolegialitas
18 BERKOMUNIKASI SECARA EFEKTIF
Komunikasi dan Pembelajaran
Perilaku Keliru
Membangun Hubungan Efektif
Menjaga Hubungan Baik
Panduan Hubungan Efektif
Hubungan dan Kerja Sama
Kegagalan Hubungan
19 BEREMPATI DENGAN SEMUA ORANG
Keanekaragaman Komunitas
Empati Kepada Siswa
Perkembangan Empati
Empati dan Simpati
Empati dan Mendengarkan
Menghindari Apatis
20 MENJUNJUNG TINGGI KODE ETIK GURU
Esensi Kode Etik
Komitmen Atas Kode Etik
Rumusan Kode Etik Guru Indonesia
Daftar Pustaka
Tentang Penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar