Judul Buku | : | PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN SEBAGAI REFERENSI BAGI PENDIDIK DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Yatim Riyanto, M.Pd | |
Penerbit | : | Kencana | |
Cetakan | : | Ke-4 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 316 hlm | |
Kertas Isi | : | CD | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 13 x 20 cm | |
Berat | : | 500 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 53,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 45,050 | |
Stock | : | 1 |
PARADIGMA
BARU PEMBELAJARAN SEBAGAI REFERENSI BAGI PENDIDIK DALAM IMPLEMENTASI
PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS
Pengarang: Prof. Dr. H. Yatim
Riyanto, M.Pd
Penerbit: Kencana
DAFTAR
ISI
BAB 1: BELAJAR
Pendahuluan
Definisi Belajar
Teori Belajar
Desain Pembelajaran
BAB 2: OPERANT CONDITIONING
Pendahuluan
Pengertian. Operant Conditioning
Latar
Belakang Lahirnya Teori Operant
Conditioning
Teori
Operant Conditioning tentang Tingkah Laku
Teori Operant Conditioning dalam Pembelajaran
BAB 3: BENTUK-BENTUK BELAJAR
Bentuk Belajar Menurut A. De Block
Belajar Menurut Van Parreren
Belajar Menurut Gagne
Belajar Menurut Robert H. Davis, dkk
BAB 4: PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN APLIKASINYA
DALAM PEMBELAJARAN
Prinsip-prinsip Belajar
Prinsip Belajar Menurut Slameto
Prinsip Belajar Menurut Gestalt
Prinsip Belajar Menurut Robert H. Davies
Prinsip
Belajar Menurut Rochman Natawidjaja
Prinsip Belajar yang Relatif Berlaku Umum
Implikasi Prinsip-prinsip Belajar bagi Siswa
Implikasi Prinsip-prinsip Belajar bagi Guru
BAB 5: TEORI PERKEMBANGAN BELAJAR MANUSIA
Pengertian Perkembangan
Faktor-faktor
yang Memengaruhi Perkembangan
Fase-fase
Periodisasi-periodisasi Perkembangan Manusia
Perkembangan Kognitif Menurut J. Piaget
BAB 6: STRATEGI PEMBELAJARAN
Pengertian Strategi Pembelajaran
Tahapan Pembelajaran
Pemilihan Strategi Pembelajaran
Jenis Strategi Pembelajaran
Klasifikasi Strategi Pembelajaran
Implementasi Strategi Pembelajaran
BAB 7: PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK
Makna dan Lingkungan Konstruktivistik
Beberapa Prinsip tentang Konstruktivis
Penciptaan Setting Konstruktivis
BAB 8: CONTECTUAL
TEACHING AND LEARNING
Latar Belakang
Mengapa CTL Menjadi Pilihan
Kecenderungan Pemikiran tentang
Belajar
Hakikat Pembelajaran Kontekstual
Motto Pembelajaran Kontekstual
Kata-kata Kunci Pembelajaran CTL
Strategi Pengajaran yang
Berasosiasi dengan CTL
Lima
Elemen Belajar yang Konstruktivistik
Perbedaan
Pendekatan Kontekstual dengan Pendekatan Tradisional.
Penerapan Pendekatan Kontekstual
di Kelas
Menyusun Rencana Pembelajaran Berbasis Kontekstual
BAB 9: QUANTUM LEARNING
DALAM PEMBELAJARAN (Bobby De Porter, 2001)
Pendahuluan
Belajar
tentang Cara Belajar
Menemukan
Gaya Belajar Anda
Berpikir
Kreatif
BAB 10: QUANTUM
TEACHING DALAM PEMBELAJARAN (Bobby De Porter, 2001)
Pendahuluan
Asas Utama
Prinsip-prinsip
Model QT
Mempraktikkan Quantum Teaching
BAB 11: INTELIGENSI DAN KREATIVITAS
Pengertian Inteligensi
The First
modern Intelliigence Test (Tes Kecerd, Modern yang Pertama)
Guilford's Structure of Intellect
(Struktur Otak/Akal Menurut Guilfod's)
Summary of Popular Intelligence
Test (Ringkasa Tes Kecerdasan yang Populer)
Individual Tes
Wechsler Intelligence Scale for Children-
Rivised (WISC-R)
Wechsler Preschool and Primary
Scale of Intelligence (WPPSI)
Standford-Binet Intelligence
Scale
Peabody Picture Vocabulary
Test-Revised (PPVT-R)
Group Intelligence Test
Recommendations for Teacher
Pengertian Kreativitas
Ciri-ciri Kepribadian Kreatif
Kepribadian yang Kreatif
Cara Mengajarkan Kreatif
Hubungan Kreatif dan Kecerdasan
BAB 12: MULTIPLE
INTELLIGENCES
Dasar-dasar Teori Kecerdasan
Majemuk
Mengembangkan Kecerdasan Majemuk
Metode dan Materi Kunci
Pengajaran Kecerdasan Majemuk
BAB
13: KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Apakah Emosi Itu?.
Kecerdasan Emosional
Dasar-dasar Kecerdasan Sosial
Hubungan Antara EQ dan IQ
Enam Kaidah Keberhasilan EQ
BAB 14: MODEL
PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
Pengertian, Tujuan, dan
Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif
Jenis-jenis Pembelajaran
Kooperatif
Pembelajaran
Langsung (Directive Learning) & Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
Prosedur Pembelajaran
DAFTAR REFERENSI
TENTANG PENULIS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar