| Judul Buku | : | PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR | |
| Pengarang | : | Rita Mariyana, M.Pd | |
| Penerbit | : | Kencana | |
| Cetakan | : | Ke-3 | |
| Tahun Terbit | : | 2013 | |
| Bahasa | : | Indonesia | |
| Jumlah Halaman | : | 164 hlm | |
| Kertas Isi | : | CD | |
| Cover | : | Soft | |
| Ukuran | : | 15 x 23 cm | |
| Berat | : | 300 gram | |
| Kondisi | : | Baru | |
| Harga | : | Rp 32,500 | diskon 15% | 
| Bayar | : | Rp 27,625 | |
| Stock | : | 1 | |
PENGELOLAAN
LINGKUNGAN BELAJAR
Pengarang: Rita Mariyana, M.Pd
Penerbit: Kencana
DAFTAR
ISI
BAGIAN
KESATU MEMAHAMI KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN EBLAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK
BAB 1
PENDAHULUAN
Tujuan pendidikan taman
kanak-kanak
Kekhasan pemelajaran di TK
Pentingnya penyediaan lingkungan
kondusif bagi anak
Kerangka penulisan buku
BAB 2
KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK
Definisi pengelolaan lingkungan
belajar di TK
Tujuan pengelolaan lingkungan
belajar di TK
Prinsip-prinsip pengelolaan
lingkungan belajar di TK
BAB 3
LINGKUNGAN BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK
Lingkungan belajar indoor
Lingkungan belajar outdoor
BAGIAN
KEDUA STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK
BAB 4
STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR IN-DOOR DI TAMAN KANAK-KANAK
Prinsip umum penataan ruangan
Jenis ruangan
Ruang Tidur/Ruang Istirahat  
Ruang Makan  
Ruang Isolasi  
Ruang
Khusus Tempat Penyimpanan Barang (Gudang)        
Penataan Ruangan dan Perlengkapan
Belajar 
Ukuran Anak sebagai Standar            
Pentingnya Ruangan yang Rapi          
Mempertimbangkan
Lalu-Lintas Orang ketika Merencanakan
suatu Ruangan Kelas            
Memisahkan Ruangan yang Ribut
dengan Ruang yang Sepi 
Kelas dan Area Luar Harus Bersih,
Rapi, dan Menyenangkan          
Penempatan Barang yang Membantu
Pengawasan Guru       
Cara Penyimpanan Bahan dan
Perlengkapan Belajar 
Memahami Tujuan dan Manfaat Media
yang Dipergunakan 
Pemilihan dan Penggunaan
Perlengkapan Belajar      
Loker Anak     
Memilih Perlengkapan Mebel atau
Furniture  
Memilih Media/Mainan anak  
Setting Area    
Area Bahasa    
Area Matematika        
Area Balok      
Area Bermain Drama  
Area Seni dan Keterampilan Tangan  
Area Musik     
Area Pasir dan Air      
Area Sains       
Area Komputer           
Area Hewan dan Tumbuhan   
Area Pengembangan Agama   
Suasana
Psikologis yang Kondusif dalam Ruang Pembelajaran        
Kontrol Lingkungan   
Keamanan       
Kenyamanan   
Daya Tarik      
Menumbuhkan Tanggung jawab dan
Rasa Pemeliharaan       
Pengaturan Akustik    
Penerangan      
Suhu Udara dan Ventilasi       
Denah Setting Area dalam Kelas (indoor)    
BAB 5: STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN
BELAJAR OUT-DOOR TAMAN KANAK-KANAK
Pentingnya Aktivitas Outdoor dalam Optimalisasi Perkembangan Anak      
Perkembangan Fisik    
Perkembangan Keterampilan Sosial
dan Pengetahuan Budaya          
Perkembangan Emosional       
Perkembangan Intelektual      
Prinsip Umum Penataan Arena
Bermain Outdoor      
Memenuhi Aturan Keamanan 
Melindungi dan Meningkatkan Karakteristik Alamiah Anak 
Desain
Lingkungan Luar Kelas Harus Didasarkan pada Kebutuhan Anak   
Secara Estetis Harus Menyenangkan  
Spesifikasi Lingkungan Belajar di
Luar Kelas            
Lokasi 
Ukuran            
Pagar   
Tanah Lapang 
Permukaan      
Atap atau Naungan     
Desain dan Setting Area
Lingkungan Belajar di Luar Kelas  
Jenis Permainan dan Perlengkapan
Aktivitas di Luar Kelas   
Area Bermain Bebas   
Area Memanjat           
Area Transportasi        
Area yang Tenting      
Area Pertukangan       
Area Kebun     
Suasana
Psikologis yang kondusif dalam Pembelajaran di Luar Kelas          
Memastikan Keamanan Anak-anak    
Memberikan kesempatan dan
Kepercayaan pada Anak         
Pengawasan    
Kenyamanan   
BAGIAN KETIGA PENUTUP
BAB 6: UNSUR-UNSUR YANG BERPERAN PENTING
DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK
Profesionalisme Guru dalam Mengelola Lingkungan Belajar 
Kompetensi dalam Membangun dan Mengatur Lingkungan Belajar 
Kompetensi dalam Menata dan Mengkreasikan Lingkungan Belajar            
Kompetensi dalam Memelihara Keselamatan Lingkungan Belajar    
Kompetensi dalam Memelihara Kesehatan Lingkungan Belajar        
Kompetensi dalam Menjalin
Hubungan Komunikasi             
Dukungan Fasilitas dan Kebijakan
Sekolah   
Peran Serta Orang Tua dan
Masyarakat         
DAFTAR PUSTAKA            

Tidak ada komentar:
Posting Komentar