TOKO BUKU RAHMA

TOKO BUKU DISKON SEPANJANG MASA, DISKON s/d 50%
Sedia buku TK/ PAUD, SD, SMP/SMK, Soal-soal ujian, UAN, UASBN, SBMPTN, Evaluasi Ulangan Umum, Agama Islam, Umum, Perguruan Tinggi: Ekonomi, Akuntansi, manajemen, pajak, hukum, undang-undang, mipa, fisika, kimia, biologi, matematika, elektro, listrik, teknik industri, kimia, arsitektur, sipil, lingkungan, perawat, bidan, kedokteran, atlas, statistika, metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, pendidikan, penelitian tindakan kelas PTK, penelitian tindakan sekolah PTS, penulisan skripsi, tesis, disertasi, agama, syariah, proses belajar mengajar, komunikasi, jurnalistik, komputer, dll.

KONTAK

YESSI :HP/WA 085725363887; PIN BB : 51B6B8F2
email tokobukuantik@gmail.com

Mengingat kapasitas Blog terbatas dan saat ini blog sudah mulai penuh, maka untuk buku-buku baru silahkan lihat di web TB. RAHMA yang baru :
www.tokobukurahma.com

Kamis, 01 Januari 2015

PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR

Judul Buku : PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR
Pengarang : Rita Mariyana, M.Pd
Penerbit : Kencana
Cetakan  :  Ke-3
Tahun Terbit : 2013
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : 164 hlm
Kertas Isi : CD
Cover : Soft
Ukuran : 15 x 23 cm
Berat : 300 gram
Kondisi : Baru
Harga :  Rp       32,500 diskon 15%
Bayar :  Rp       27,625
Stock : 1



PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR
Pengarang: Rita Mariyana, M.Pd
Penerbit: Kencana

DAFTAR ISI

BAGIAN KESATU MEMAHAMI KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN EBLAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK

BAB 1 PENDAHULUAN
Tujuan pendidikan taman kanak-kanak
Kekhasan pemelajaran di TK
Pentingnya penyediaan lingkungan kondusif bagi anak
Kerangka penulisan buku

BAB 2 KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK
Definisi pengelolaan lingkungan belajar di TK
Tujuan pengelolaan lingkungan belajar di TK
Prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan belajar di TK


BAB 3 LINGKUNGAN BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK
Lingkungan belajar indoor
Lingkungan belajar outdoor


BAGIAN KEDUA STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK

BAB 4 STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR IN-DOOR DI TAMAN KANAK-KANAK
Prinsip umum penataan ruangan
Jenis ruangan
Ruang Tidur/Ruang Istirahat
Ruang Makan 
Ruang Isolasi 
Ruang Khusus Tempat Penyimpanan Barang (Gudang)       
Penataan Ruangan dan Perlengkapan Belajar
Ukuran Anak sebagai Standar           
Pentingnya Ruangan yang Rapi         
Mempertimbangkan Lalu-Lintas Orang ketika Merencanakan suatu Ruangan Kelas           
Memisahkan Ruangan yang Ribut dengan Ruang yang Sepi
Kelas dan Area Luar Harus Bersih, Rapi, dan Menyenangkan         
Penempatan Barang yang Membantu Pengawasan Guru      
Cara Penyimpanan Bahan dan Perlengkapan Belajar
Memahami Tujuan dan Manfaat Media yang Dipergunakan
Pemilihan dan Penggunaan Perlengkapan Belajar     
Loker Anak    
Memilih Perlengkapan Mebel atau Furniture 
Memilih Media/Mainan anak 
Setting Area   
Area Bahasa   
Area Matematika       
Area Balok     
Area Bermain Drama 
Area Seni dan Keterampilan Tangan 
Area Musik    
Area Pasir dan Air     
Area Sains      
Area Komputer          
Area Hewan dan Tumbuhan  
Area Pengembangan Agama  
Suasana Psikologis yang Kondusif dalam Ruang Pembelajaran       
Kontrol Lingkungan  
Keamanan      
Kenyamanan  
Daya Tarik     
Menumbuhkan Tanggung jawab dan Rasa Pemeliharaan      
Pengaturan Akustik   
Penerangan     
Suhu Udara dan Ventilasi      
Denah Setting Area dalam Kelas (indoor)   

BAB 5: STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR OUT-DOOR TAMAN KANAK-KANAK
Pentingnya Aktivitas Outdoor dalam Optimalisasi Perkembangan Anak     
Perkembangan Fisik   
Perkembangan Keterampilan Sosial dan Pengetahuan Budaya         
Perkembangan Emosional      
Perkembangan Intelektual     
Prinsip Umum Penataan Arena Bermain Outdoor     
Memenuhi Aturan Keamanan
Melindungi dan Meningkatkan Karakteristik Alamiah Anak
Desain Lingkungan Luar Kelas Harus Didasarkan pada Kebutuhan Anak  
Secara Estetis Harus Menyenangkan 
Spesifikasi Lingkungan Belajar di Luar Kelas           
Lokasi
Ukuran           
Pagar  
Tanah Lapang
Permukaan     
Atap atau Naungan    
Desain dan Setting Area Lingkungan Belajar di Luar Kelas 
Jenis Permainan dan Perlengkapan Aktivitas di Luar Kelas  
Area Bermain Bebas  
Area Memanjat          
Area Transportasi       
Area yang Tenting     
Area Pertukangan      
Area Kebun    
Suasana Psikologis yang kondusif dalam Pembelajaran di Luar Kelas         
Memastikan Keamanan Anak-anak   
Memberikan kesempatan dan Kepercayaan pada Anak        
Pengawasan   
Kenyamanan  

BAGIAN KETIGA PENUTUP

BAB 6: UNSUR-UNSUR YANG BERPERAN PENTING DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK
Profesionalisme Guru dalam Mengelola Lingkungan Belajar
Kompetensi dalam Membangun dan Mengatur Lingkungan Belajar
Kompetensi dalam Menata dan Mengkreasikan Lingkungan Belajar           
Kompetensi dalam Memelihara Keselamatan Lingkungan Belajar   
Kompetensi dalam Memelihara Kesehatan Lingkungan Belajar       
Kompetensi dalam Menjalin Hubungan Komunikasi            
Dukungan Fasilitas dan Kebijakan Sekolah  
Peran Serta Orang Tua dan Masyarakat        

DAFTAR PUSTAKA           






Tidak ada komentar:

Posting Komentar