Judul | : | ORIENTASI BARU DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN | |
Pengarang | : | prof. Dr. Martini Jamaris, M.Sc. Ed | |
Penerbit | : | Ghalia Indonesia | |
Cetakan | : | cet. 1 | |
Tahun Terbit | : | 2013 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 270 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 17 x 25 cm | |
Berat | : | 300 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 77,000 diskon15% | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 65.450 | |
Stock | : | 1 |
ORIENTASI BARU DALAM PSIKOLOGI
PENDIDIKAN
Pengarang: prof. Dr. Martini Jamaris, M.Sc. Ed
Penerbit: Ghalia Indonesia
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGI
PENDIDIKAN
Hakikat pendidikan
Hakikat psikologi pendidikan
Berbagai aliran psikologi
Manusia sebagai subjek pendidikan
Mutu pendidikan
BAB 2 PERPEKTIF PERKEMBANGAN DAN
PERTUMBUHAN MANUSIA
Hakikat perkembangan manusia
Prinsip-prinsip perkembangan
Tujuan mempelajari perkembangan manusia
Konsep umur dan perkembangan
Periode perkembangan manusia
BAB 3 NEURISCIENCE DAN PERKEMBANGAN
MANUSIA
Struktur dan fungsi otak
Pandangan ahli neuroli tentang belajar
Sistem sensori dan perkembangan manusia
Perkembangan perseptual motorik
Fungsi belahan otak dan perkembangan bahasa
BAB 4 KREATIVITAS
Hakikat kreativitas
Berbagai pandangan tentang kreativitas
Kreativitas sebagai aktualisasi
Aspek-aspek yang memengaruhi kreativitas
BAB 5 INTELIGENSI
Hakikat inteligensi
Teori-teori inteligensi
Pengukuran potensi inteligensi
Penyebaran skor IQ dalam kurva normal
Kecerdasan emosi
BAB 6 BEHAVIORISME DAN PENDIDIKAN
Hakikat behaviorisme
Teori-teori behaviorisme
Penerapan behaviorisme dalam pendidikan dan pembelajaran
BAB 7 KOGNITIVISME DAN PENDIDIKAN
Pandangan kognitivisme tentang belajar
Kognitif dan proses penerimaan informasi
Teori perkembangan kognitif menurut piaget
Teori kognitif menurut bruner
BAB 8 KONSTRUKTIVISME DAN PENDIDIKAN
Pendekatan psikologi berbasis konstruktivisme
Pandangan bruner tentang belajar dan kaitannya dengan
konstruktivisme
Pandangan piaget tentang belajar dan kaitannya dnegan
kontruktivisme
BAB 9 HUMANISME DAN PENDIDIKAN
Hakikat humanisme
Humanisme berdasarkan pandangan maslow dan aplikasinya dalam
pendidikan
Aplikasi teori maslow dalam pendidikan
Teori carl roger tentang humanisme dan aplikasinua dalam
pendidikan
BAB 10 MOTIVASI DAN PENDIDIKAN
Hakikat motivasi
Berbagai pandangan terhadap motivasi
Motivasi menurut teori maslow
Motivasi menurut teori herzberg
Motivasi menurut teori mccllend
Motivasi menurut teori vroom
Motivasi menurut teori ERG
Motivasi menurut teori equity
Motivasi menurut teori pencapaian tujuan
BAB 11 INDIVIDU BERKEBUTUHAN KHUSUS
Hakikat individu berkebutuhan khusus
Individu berkesulitan belajar
Retardasi mental
Kelainan perilaku
Autisme
Kelainan visual
Kelainan pendenganara
Kelainan fisik dan kesehatan
BAB 12 PENGUKURAN DAN EVALASI DALAM
PENDIDIKAN
Hakikat pengukuran dan penilaian
Tes sebagai alat pengukuran dan penilaian hasil belajar
Alat pengukuran dan penilaian nontes
Karakteristik pengukuran dan penilaian
BAB 13 PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN
PENDIDIK PROFESIONAL
Hakikat pendidik
Kompetensi pedagogi berbasis psikologi pendidikan
Kompetensi kepribadian berbasis psikologi pendidikan
Kompetensi kepribadian pendidik
Kompetensi profesional pendidikan berbasis psikologi
pendidikan
Kompetensi sosial berbasis psikologi pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar