Judul | : | EFECTIVE TEACHING THEORY AND PRACTICE (Panduan Praktis dan Landasan Teoritis Pengajaran Efektif) | |
Pengarang | : | Chris Kyriacou | |
Penerbit | : | Nusamedia | |
ISBN | : | 979-1305-52-5 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 2 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xii + 392 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 13,5 x 21 cm | |
Berat | : | 450 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 56.000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp. 47.600 | |
Stock | : | 1 |
EFFECTIVE
TEACHING THEORY AND PRACTICE (Panduan Praktis dan Landasan Pengajaran Efektif)
Pengarang
: Chris Kyriacou
Penerbit
: Nusamedia
DAFTAR
ISI :
1.
PENDAHULUAN
BAGIAN
1: MEMAHAMI BELAJAR DAN MENGAJAR
2.
PEMIKIRAN TENTANG PENGAJARAN EFEKTIF
Tujuan
Problema
konsep dan riset
Pelaksanaan
riset tentang pengajaran efektif
Beberapa
model pemikiran tentang pengajran efektif
Rangkuman
Pertanyaan
diskusi
Bacaan
lebih lanjut
3.
BAGAIMANA MURID BELAJAR
Tujuan
Karakteristik
pembelajaran murid
-
Proses
pembelajaran
-
Motivasi
dan penguatan
-
Keterlibatan
murid dalam pembelajaran
Isu-
isu perkembangan
Isu
kgnitif
Isu
afektif
Rangkuman
Pertanyaan
diskusi
Bacaan
lebih lanjut
BAGIAN
2: PRAKTIK RUANG KELAS YANG EFEKTIF
4.
MEMBANGUN PENGALAMAN BELAJAR
Tujuan
Pemaparan
guru
-
Menjelaskan
struktur dan tujuan pengalaman belajar
-
Menginformasikan,
menggambarkan dan menjelaskan
-
Menggunakan
pertanyaan, dialog dan diskusi untuk memfasilitasi dan mengeksplorasi
pembelajaran murid
Kerja
akademis
-
Tugas
membaca dan menulis terstruktur
-
Kejra
investigasi
-
Program
kerja individu
-
Kerja
kelompok kecil
-
Pembelajaran
eksperiensial
-
Penggunaan
TIK
Rangkuman
Pertanyaan
diskusi
Bacaan
lebih lanjut
5.
MEMPERTIMBANGKAN PERBEDAAN MURID
Tujuan
Kemampuan
Motivasi
Kelas
sosial
Gender
Ras
Kebutuhan
pendidikan khusus
Rangkuman
Pertanyaan
diskusi
Bacaan
lebih lanjut
6.
KUALITAS DAN TUGAS POKOK PENGJARAN RUANG- KELAS
Tujuan
Kualitas
pokok pengajaran ruang kelas
Studi
eksploratoris
-
Kesiapan
-
Kecepatan
langkah dan aliran
-
Transisi
-
Pencocokan
kognitif
-
Kejelasan
-
Sibuk
-
Withitness
-
Memberikan
dorongan
Tugas
pokok pengajaran ruang kelas
-
Perencanaan
-
Presentasi
dan pemantauan
-
Refleksi
dan evalusi
Rangkuman
Pertanyaan
diskusi
Bacaan
lebih lanjut
7.
HUBUNGAN DENGAN MURID
Tujuan
Otoritas
guru
-
Status
-
Kompetensi
mengajar
-
Menjalankan
control ruang kelas
-
Menjalankan
control disiplin
Saling
menghormati dan memahami
Iklim
ruang kelas
Pastoral
care
Rangkuman
Pertanyaan
diskusi
Bacaan
lebih lanjut
8.
MENANGANI KENAKALAN MURID
Tujuan
Karakteristik
dan sebab kenakalan murid
Mencegah
kenakalan
Teguran
dan hukuman
Menangani
konfrontasi
Pastoral
care dan kebijakan sekolah
Modifikasi
perilaku
Rangkuman
Pertanyaan
diskusi
Bacaan
lebih lanjut
BAGIAN
3: MERENUNGKAN PENGALAMAN MENGAJAR
9.
MENGEVALUASI PRAKTIK
Tujuan
Kurikulum
-
Memperbaiki
proses pembelajaran
-
Memperbaiki
kurikulum
-
Mempersiapkan
murid untuk kehidupan dewasa dan dunia kerja
-
Mengembangkan
bentuk baru penilaian
Evaluasi
guru
Stress
guru
Rangkuman
Pertanyaan
diskusi
Bacaan
lebih lanjut
10.
KESIMPULAN
REFERENSI
INDEKS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar