Judul | : | CONTEMPORARY THEORIES OF LEARNING (Teori-Teori Pembelajaran Kontemporer) | |
Pengarang | : | Knud Illeris | |
Penerbit | : | Nusamedia | |
ISBN | : | 979-1305-58-7 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 1 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xii + 308 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 23,5 cm | |
Berat | : | 400 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 50.000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp. 42.500 | |
Stock | : | 1 |
CONTEMPORARY
THEORIES OF LEARNING (Teori-Teori Pembelajaran Kontemporer
Pengarang
: Knud Illeris
Penerbit
: Nusamedia
DAFTAR
ISI :
PENDAHULUAN
1.
PEMAHAMAN KOMPREHENSIF TENTANG PEMBELAJARAN MANUSIA
Latar
belakang dan asumsi dasar
Dua
proses dasar dan tiga dimensi pembelajaran
Contoh
dari kehidupan sehari- hari di sekolah
Empat
tipe pembelajaran
Hambatan
pembelajaran
Kondisi
internal dan eksternal pembelajaran
Kesimpulan
Referensi
2.
BELAJAR MENJADI SEORANG PERSON DI DALAM MASYARAKAT: BELAJAR MENJADI AKU
Pengantar
Pengembangan
pemahaman tentang pembelajaran manusia
Menuju
teori pembelajaran manusia yang komprehensif
Pembelajaran
sepanjang hidup person
Kesimpulan
Referensi
3.
“FORM” APA YANG BER-TRANSFORMASI?: PENDEKATAN KONSTRUKTIF- DEVELOPMENTAL
TERHADAP TRANSFORMATIVE
Pengantar
Pembelajaran
transformasional dan masalah keberhasilannya
Pembelajaran
informasional dan pemeblajaran transformasional
Form
apa yang bertransformasi? Sentralitas epistemology
Pembelajaran
transformasional sebagai gejala sepanjang hidup
Referensi
4.
PEMBELAJARAN EKSPANSIF: KEA ARAH REKONSEPTUALISASI AKTIVITAS TEORETIS
Pengantar
Generasi
dan prinsip teori aktivitas
Perumusan
ulangnya
Pembelajaran
ekspansif- sebuah pendekatan baru
Tantangan
belajar dalam bidang pelayanan kesehatan anak- anak Helsinki
Siapa
subjeknya dan di mana subjek belajar?
Mengapa
mereka belajar- apa yang membuat mereka berusaha?
Apa
yang mereka pelajari?
Bagaimana
mereka belajar- apa kegiatan pokok mereka?
Kesimpulan
Referensi
5.
PRAGMATISM: TEORI PEMBELAJARAN UNTUK MASA DEPAN
Pendahuluan
Pragmatis
dan pragmatisme
Pengalaman
sebagai transaksi antara subjek dan dunia
Ambiguitas
pengalaman
Transaksi
dan pikiran
Definisi
pengalaman menurut David Kolb
Kesimpulan
Referensi
6.
SEKILAS TENTANG PEMBELAJARAN TRANSFORMATIVE
Pendhuluan
Fondasi
Teori
pembelajaran ransformatif
Sejumlah
persoalan
-
Emosi,
intuisi, imajinasi
-
Pembelajaran
yang mengalami dekontekstualisasi
-
Aksi
sosial
-
Kritik
ideology
-
Pedagogi
kritis
-
Kosmologi
Beberapa
perspektif tentang pembelajaran transformative
-
Perkembangan
konstruktivis
-
Distorisi
psikis
-
Terapi
skema
-
Individuasi-
psikologi Jungian
Memfasilitasi
pemeblajaran transformasi dalam pendidikan orang dewasa tingkat prasarjana
Dimensi
universal pemahaman orang dewasa
Referensi
7.
PENDEKATAN MAJEMUK TERHADAP PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Menggeneralisasi
pendekatan
Referensi
8.
PEMBELAJARAN BIOGRAFIS- DALAM WACANA PEMEBLAJARAN SEUMUR HIDUP YANG BARU
Pendahuluan
Perspektif-makro:
pembelajaran sepanjang- hidup sebagai reorganisasi
-
Sistem
pendidikan
-
Perubahan
hakikat bekerja pada masyarakat modernitas akhir
-
Fungsi
baru penegtahuan
-
Disfungsionalitas
lembaga pendidikan mapan
-
Individualisasi
dan modernisasi refleksif
-
Kontur
ekonomi pendidikan baru?
Perspektif-mikro:
aspek fenomenologi pembelajaran biografis
-
Kapasitas
tersembunyi untuk mengarahkan kehidupan kita sendiri
-
Proses
pembelajaran dalam transisi
Beberapa
masalah riset baru terkait agenda pemeblaajran seumur- hidup internasional
Referensi
9.
DAUR KEHIDUPAN DAN DAUR PEMBELAJARAN
Tinjauan
sekilas
Proses
siklis
Daur
kehidupan dasar ego
Daur
pembelajaran dasar ego
Ego
yang terganggu
Peran
kompulsif ego yang terganggu
Daur
pembelajaran terbalik ego
Daur
kehidupan dasar person
Daur
pembelajaran dasar person
Daur
pembelajaran terbalik kooperatif person
Otonomi
dan holism
Jenis-
jenis pembelajaran
Pembelajaran,
penelitian dan kehidupan
Referensi
10.
PEMBELAJARAN SEPANJANG – HIDUP SEBAGAI TEKNOLOGI DIRI
Pendahuluan
Kritik
postmodern
Pembacaan
alternative
Teknologi
diri postmodern?
Referensi
11.
KULTUR, PIKIRAN DAN PENDIDIKAN
Komputasionalisme
dan kulturalisme
Teori
tentang pikiran
Referensi
12.
PENGALAMAN, PEDAGOGI, DAN PRAKTIK SOSIAL
Pengalaman,
pedagogi dan praktik sosial
Praktik
gaya hidup
Praktik
vokasional
Praktik
konfesional
Praktik
kritis
Menimbang
kembali pengalaman dalam konteks pemeblajaran komtemporee untuk orang dewasa
Referensi
13.
MASALAH PEMBELAJARAN NORMAL PADA ANAK MUDA: DALAM KONTEKS SIKAP DASAR CULTURAL
Sikap
dasar sebagai konteks simbolis gaya belajar anak muda
Modernisasi
sikap dasar
-
Keterpilihan
dan ketidakpilihan isi pengetahuan
-
Pembebasan
dan pembangunan kembali pola pesan
-
Observasi
diri dan pengakuan individu
Konsekuensi
bagi kehiduapan sehari- hari anak muda
-
Orientasi
kepada urusan pribadi
-
Informaslisasi
pola perilaku sosial
-
Subjektivasi
motivasi
Kebutuhan
akan makna pendukung strukturisasi
-
Atmosfer
post detradisionalisasi
-
Minat
terkini kepada struktur tertutup
14.
PRAKTIK PEMBELAJARAN
Masalah
konteks
Craftwork
learning dan prosukdi sosial
Relasi
dengan teori terdahulu: sebagian paradox dan kebungkaman teori kognitif
Referensi
15.
TEORI PEMBELAJARAN SOSIAL
Pendahuluan
Perspektif
konseptual: teori dan praktik
Komunitas
praktik ada di mana- mana
Memikirkan
kembali pembelajaran
Catatan
Referensi
16.
PEMBELAJARAN TRANSISIONAL DAN FASILITAS RELEKSIF: KASUS PEMBELAJARAN UNTUK
KERJA
Pendahuluan
Antara
aktivasi refleksif dan restriktif
Pembelajaran
transisional
-
Pembelajaran
transisional dan hubungan berarti
-
Adaptasi,
pertumbuhan, pembedaan dan perlawanan empat strategi dasar
-
Stimulasi,
tantangan (re) desain dan (re) konstruksi: empat strategi gabungan
-
Catatan
dan nuansa
Pembelajaran
transisional dari perspektif pendidikan
-
Hubungan
berarti melalui pendidikan dewasa dan berkelanjutan
-
Hubungan
berarti dan strategi aktivasi: kasusu Flexi Job
Kesimpulan
Referensi
INDEKS
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar