TOKO BUKU RAHMA

TOKO BUKU DISKON SEPANJANG MASA, DISKON s/d 50%
Sedia buku TK/ PAUD, SD, SMP/SMK, Soal-soal ujian, UAN, UASBN, SBMPTN, Evaluasi Ulangan Umum, Agama Islam, Umum, Perguruan Tinggi: Ekonomi, Akuntansi, manajemen, pajak, hukum, undang-undang, mipa, fisika, kimia, biologi, matematika, elektro, listrik, teknik industri, kimia, arsitektur, sipil, lingkungan, perawat, bidan, kedokteran, atlas, statistika, metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, pendidikan, penelitian tindakan kelas PTK, penelitian tindakan sekolah PTS, penulisan skripsi, tesis, disertasi, agama, syariah, proses belajar mengajar, komunikasi, jurnalistik, komputer, dll.

KONTAK

HP/WA 0856 0196 7147
email tokobukuantik@gmail.com

Mengingat kapasitas Blog terbatas dan saat ini blog sudah mulai penuh, maka untuk buku-buku baru silahkan lihat di web TB. RAHMA yang baru :
www.tokobukurahma.com

Rabu, 21 Desember 2011

DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM

Judul : DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM
Pengarang : Prof. Dr. H. Oemar Hamalik
Penerbit : PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
ISBN : 979-6922-210-X
Cetakan Ke : 3
Tahun Terbit : 2009
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : xii + 276
Kertas Isi : HVS
Cover : Soft
Ukuran : 16 X 24 cm
Berat : 450 gram
Kondisi : Baru
Harga : Rp. 58.500 discont  20%
Bayar :  Rp. 46.800
Stock : 1

DAFTAR ISI :

BAGIAN SATU. PENDAHULUAN

BAB 1. PENGERTIAN, PERANAN DAN FUNGSI KURIKULUM
Kurikulum sebagai Suatu Program Kegiatan yang Terencana
Kurikulum sebagai Hasil belajar yang Diharapkan
Kurikulum sebagai Reproduksi Kultural (Cultural Reproduction)
Kurikulum sebagai Kumpulan Tugas dan Konsep Diskrit
Kurikulum sebagai Agenda Rekonstruksi Sosial
Kurikulum sebagai Currere
Perbedaan antara Kurikulum Lama dan Kurikulum Baru
Peranan Kurikulum
Fungsi Kurikulum

BAB 2. STUDI LAPANGAN KURIKULUM
Pendahuluan
Lapangan Kurikulum
Pembelajaran
Kepemimpinan Kurikulum

BAB 3. PENDEKATAN STUDI KURIKULUM
Pendekatan Mata Pelajaran
Pendekatan Interdisipliner
Pendekatan Integratif
Pendekatan Sistem

BAB 4. BERBAGAI MASALAH KURIKULUM
Masalah Umum
Bidang Cakupan (Scope)
Relevansi
Keseimbangan
Integrasi
Sekuens (Sequence)
Kontinuitas
Artikulasi
Kemampuan Transfer (Transferability)
Beberapa Masalah Khusus
Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum

BAGIAN DUA: LANDASAN KURIKULUM

BAB 5. FALSAFAT
Falsafah Pendidikan
Rekontruksisme
Perenialisme
Progresivisme
Falsafah Negara Pancasila Sebagai Dasar Pendidikan Nasional
Rumusan Pancasila
Pancasila Sebagai Dasar Pendidikan Nasional
Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

BAB 6. KEMASYARAKATAN
Masyarakat Sebagai Suatu Sistem Sosial
Subsistem Kepercayaan/ Keyakinan Hidup
Subsistem Nilai
Subsistem Kebutuhan Masyarakat
Subsistem Permintaan atau Tuntutan (Demands)
Kekuatan Sosial yang Mempengaruhi Kurikulum

BAB 7. KEBUDAYAAN
Peradaban dan Kebudayaan
Masyarakat dan Peradaban
Dimensi Kebudayaan
Perubahan Sosial Kultural
Penyebab Perubahan Kebudayaan
Perubahan Kebudayaan Indonesia
Implikasi Sosial Budaya dalam Penyusunan Kurikulum

BAB 8. PSIKOLOGI BELAJAR
Definisi Belajar
Beberapa Teori Belajar
Faktor-Faktor Belajar
Belajar dan Implikasinya dalam Penyusunan Kurikulum

BAB 9. PERKEMBANGAN SISWA
Siswa Sebagai Anggota Masyarakat
Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa
Kebutuhan Para Remaja
Developmental Taks
Minat para Remaja

BAGIAN TIGA: KONSTRUKSI KURIKULUM

BAB 10. PENGEMBANGAN TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan Institusional
Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah
Tujuan Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan Kurikuler
Tujuan Instruksional

BAB 11. MODEL KURIKULUM
Kurikulum Humanistik
Kurikulum Rekonstruksi Sosial
Kurikulum Teknologi
Kurikulum Akademik
Model Dinamik
Konsepsi Kurikulum

BAB 12. ORGANISASI KURIKULUM
Pemilihan dan Penentuan Isi Kurikulum
Bentuk Organisasi Kurikulum
Prosedur Pengorganisasian Kurikulum
Implikasi Penyusunan dan Perbaikan Kurikulum

BAB 13. PERENCANAAN KURIKULUM
Prinsip-Prinsip Perencanaan Kurikulum
Karakteristik Perencanaan Kurikulum
Kerangka Kerja Perencanaan Kurikulum
Komponen Perencanaan Kurikulum

BAB 14. PENGEMBANGAN KURIKULUM
Definisi
Kerangka Pengembangan Kurikulum

BAB 15. DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM
Definisi
Komponen Pengembangan Kurikulum
Model Desain Pembelajaran Sistemik

BAGIAN EMPAT: PENGELOLAAN KURIKULUM

BAB 16. PERENCANAAN PENGAJARAN
Tujuan dan Fungsi Perencanaan
Jenis-Jenis Perencanaan

BAB 17. PIHAK-PIHAK TERKAIT DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM
Sumber Daya Manusia Pengembangan Kurikulum
Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum

BAB 18. IMPLEMENTASI KURIKULUM
Definisi
Deskripsi Alternatif Model Implementasi Kurikulum

BAB 19. EVALUASI KURIKULUM
Definisi
Berbagai Aspek Evaluasi Kurikulum

DAFTAR PUSTAKA
INDEKS
SEKILAS TENTANG PENULIS



Buku yang juga sangat penting untuk anda baca :



KEMBALI KE HALAMAN AWAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar