Judul | : | DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Oemar Hamalik | |
Penerbit | : | PT. Remaja Rosdakarya, Bandung | |
ISBN | : | 979-6922-210-X | |
Cetakan Ke | : | 3 | |
Tahun Terbit | : | 2009 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xii + 276 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 X 24 cm | |
Berat | : | 450 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 58.500 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 46.800 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAGIAN SATU. PENDAHULUAN
BAB 1. PENGERTIAN, PERANAN DAN FUNGSI KURIKULUM
Kurikulum sebagai Suatu Program Kegiatan yang TerencanaKurikulum sebagai Hasil belajar yang Diharapkan
Kurikulum sebagai Reproduksi Kultural (Cultural Reproduction)
Kurikulum sebagai Kumpulan Tugas dan Konsep Diskrit
Kurikulum sebagai Agenda Rekonstruksi Sosial
Kurikulum sebagai Currere
Perbedaan antara Kurikulum Lama dan Kurikulum Baru
Peranan Kurikulum
Fungsi Kurikulum
BAB 2. STUDI LAPANGAN KURIKULUM
PendahuluanLapangan Kurikulum
Pembelajaran
Kepemimpinan Kurikulum
BAB 3. PENDEKATAN STUDI KURIKULUM
Pendekatan Mata PelajaranPendekatan Interdisipliner
Pendekatan Integratif
Pendekatan Sistem
BAB 4. BERBAGAI MASALAH KURIKULUM
Masalah UmumBidang Cakupan (Scope)
Relevansi
Keseimbangan
Integrasi
Sekuens (Sequence)
Kontinuitas
Artikulasi
Kemampuan Transfer (Transferability)
Beberapa Masalah Khusus
Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum
BAGIAN DUA: LANDASAN KURIKULUM
BAB 5. FALSAFAT
Falsafah PendidikanRekontruksisme
Perenialisme
Progresivisme
Falsafah Negara Pancasila Sebagai Dasar Pendidikan Nasional
Rumusan Pancasila
Pancasila Sebagai Dasar Pendidikan Nasional
Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
BAB 6. KEMASYARAKATAN
Masyarakat Sebagai Suatu Sistem SosialSubsistem Kepercayaan/ Keyakinan Hidup
Subsistem Nilai
Subsistem Kebutuhan Masyarakat
Subsistem Permintaan atau Tuntutan (Demands)
Kekuatan Sosial yang Mempengaruhi Kurikulum
BAB 7. KEBUDAYAAN
Peradaban dan KebudayaanMasyarakat dan Peradaban
Dimensi Kebudayaan
Perubahan Sosial Kultural
Penyebab Perubahan Kebudayaan
Perubahan Kebudayaan Indonesia
Implikasi Sosial Budaya dalam Penyusunan Kurikulum
BAB 8. PSIKOLOGI BELAJAR
Definisi BelajarBeberapa Teori Belajar
Faktor-Faktor Belajar
Belajar dan Implikasinya dalam Penyusunan Kurikulum
BAB 9. PERKEMBANGAN SISWA
Siswa Sebagai Anggota MasyarakatPertumbuhan dan Perkembangan Siswa
Kebutuhan Para Remaja
Developmental Taks
Minat para Remaja
BAGIAN TIGA: KONSTRUKSI KURIKULUM
BAB 10. PENGEMBANGAN TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan Pendidikan NasionalTujuan Institusional
Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah
Tujuan Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan Kurikuler
Tujuan Instruksional
BAB 11. MODEL KURIKULUM
Kurikulum HumanistikKurikulum Rekonstruksi Sosial
Kurikulum Teknologi
Kurikulum Akademik
Model Dinamik
Konsepsi Kurikulum
BAB 12. ORGANISASI KURIKULUM
Pemilihan dan Penentuan Isi KurikulumBentuk Organisasi Kurikulum
Prosedur Pengorganisasian Kurikulum
Implikasi Penyusunan dan Perbaikan Kurikulum
BAB 13. PERENCANAAN KURIKULUM
Prinsip-Prinsip Perencanaan KurikulumKarakteristik Perencanaan Kurikulum
Kerangka Kerja Perencanaan Kurikulum
Komponen Perencanaan Kurikulum
BAB 14. PENGEMBANGAN KURIKULUM
DefinisiKerangka Pengembangan Kurikulum
BAB 15. DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM
DefinisiKomponen Pengembangan Kurikulum
Model Desain Pembelajaran Sistemik
BAGIAN EMPAT: PENGELOLAAN KURIKULUM
BAB 16. PERENCANAAN PENGAJARAN
Tujuan dan Fungsi PerencanaanJenis-Jenis Perencanaan
BAB 17. PIHAK-PIHAK TERKAIT DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM
Sumber Daya Manusia Pengembangan KurikulumPeran Guru dalam Pengembangan Kurikulum
BAB 18. IMPLEMENTASI KURIKULUM
DefinisiDeskripsi Alternatif Model Implementasi Kurikulum
BAB 19. EVALUASI KURIKULUM
DefinisiBerbagai Aspek Evaluasi Kurikulum
DAFTAR PUSTAKA
INDEKS
SEKILAS TENTANG PENULIS
Buku
yang juga sangat penting untuk anda baca :
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar