Judul | : | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | |
Pengarang | : | Prof. Dr. Sudarwan Danim | |
Penerbit | : | Alfabeta | |
Cetakan Ke | : | Cet. 2 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 270 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 45,000 | diskon 20 % |
Bayar | : | Rp 36,000 | |
Stock | : | 1 |
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Pengarang: Prof. Dr. Sudarwan Danim
Penerbit: Alfabeta
DAFTAR ISI
BAB 1 PSIKOLOGI DAN PSIKOLOGI
PENDIDIKAN
Makna etimologi
Definisi psikologi
Definisi psikologi pendidikan
Fokus kajian psikologi pendidikan
BAB 2 SEJARAH PSIKOLOGI DAN
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Awal perkembangan
Era kemajuan
Perkembangan lebih lanjut
Perkembangan psikologi di indonesia
BAB 3 ALIRAN-ALIRAN PSIKOLOGI DAN
PRAKSIS
Aliran strukturalis
Aliran humanis
Aliran behavioris
Aliran psikoanalisis
Aliran gestalt
Aliran kognitif
Aliran fungsionalis
BAB 4 CABANG PSIKOLOGI DAN
PENDEKATAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Cabang-cabang psikologi
Pendekatan psikologi
BAB 5 METODE DAN KONTRIBUSI
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Metode psikologi
Kontribusi psikologi pendidikan
BAB 6 TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN SISWA
Hereditas dan lingkungan
Bukti pengaruh herediter
Perkembangan anak
Perkembangan anak dan lingkungan
Tugas-tugas perkembangan
Tahap-tahap perkembangan
BAB 7 DIMENSI DAN TUGAS-TUGAS
PERKEMBANGANNYA
Dimensi-dimensi perkembangan individu
Tugas-tugas perkembangan siswa
Problema anak usia sekolah
Perkembangan anak dan praktik pembelajaran
BAB 8 BELAJAR DAN MENGAJAR DALAM
PERSPEKTIF PSIKOLOGI
Belajar dalam tilikan psikologi
Beberapa pendekatan
BAB 9 TEORI PEMBELAJARAN DAN
PERBEDAAN GAYA BELAJAR
Perspektif dan teori pembelajaran
Teori perbedaan gaya belajar
Gaya belajar
Memahami preferensi belajar
BAB 10 PERUBAHAN PERILAKU, KARAKTERISTIK DAN HUKUM
BELAJAR
Perubahan perilaku
Karakteristik proses belajar
Hukum belajar
Hukum belajar pelajar dewasa
Hukum belajar untuk semua orang
BAB 11 ORIENTASI BELAJAR SISWA YANG
DEWASA
Orientasi dasar
Pascamodernis
Beberapa teori dan kaitannya dengan belajar
BAB 12 PERUBAHAN PERILAKU DAN MODEL
BELAJAR YANG KHAS
Perubahan perilaku
Beberapa cara belajar khas
BAB 13 PERILAKU DI SEKOLAH DAN EFEK
PEMBELAJARAN
Ujian dna kompetensi
Desain kurikulum sekolah
Perilaku guru
Efek-efek belajar
Prinsip-prinsip pembelajaran
BAB 14 RAGAM KEBERBAKATAN DAN
KESIAPAN BELAJAR SISWA
Kematangan intelektual
Siswa berbakat dan keragamannya
Kematangan dan kesiapan belajar
Pilihan tindakan
BAB 15 GANGGUAN PERILAKU DAN
KESALAHAN BELAJAR
Perubahan fokusgangguang perilaku dan kesalahan belajar
Perilaku bara pembelajaran
Belajar untuk belajar
BAB 16 BEBERAPA PERSPEKTIF TRANSFER PEMBELAJARAN
Esensi transfer pembelajaran
Taksonomi transfer
BAB 17 SIKAP DAN PENASIHATAN GURU
TERHADAP SISWA
Mengkhawatirkan diri sendiri
Sikap mengalah pada guru
Pemelajaran tetap berjalan
Siswa senang belajar
Siswa termonitor
Masalah siswa
BAB 18 SIKAP SISWA DAN EMPATI GURU
Alasan siswa bersikap
Sikap tidak layak
Menghadapi sikap siswa
Mengubah tujuan
Berempati kepada siswa
Guru dan empati
Beberapa istilah
Perkembangan empati
Empati dan simpati
Perilaku keliru
BAB 19 HUBUNGAN EFEKTIF DAN KULTUR SEKOLAH
Membangun hubungan yang efektif
Kekaburan makna
Kultur kehidupan sekolah
Panduan hubungan efektif
Sensitivitas
Sepuluh tips berhubungan
BAB 20 STRES GURU DAN PERILAKU SISWA
DI KELAS
Stres pada guru
Dari otoriter ke demokratis
Disiplin yang demokratis
Guru bertindak keras
Kefrustasian guru
Respon atas sikap
BAB 21 GURU YANG SUKSES DAN GURU
YANG FRUSTASI
Guru yang unggul
Guru yang baik
10 kualitas guru yang baik
Enam sifat guru sukses
Sikap kontradiksi
Sifat guru frustasi
Sepuluh kesalahan guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar