Judul | : | KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR | |
Pengarang | : | Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd | |
Penerbit | : | Alfabeta | |
Cetakan Ke | : | cet. 2 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 254 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 300 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 40,000 | diskon 20 % |
Bayar | : | Rp 32,000 | |
Stock | : | 1 |
KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR
Pengarang : Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd
Penerbit: Alfabeta
DAFTAR ISI
BAB 1 KETERAMPILAN DASAR
MENGAJAR
Keterampilan bertanya
Teknik bertanya
Keterampilan memberi penguatan
Keterampilan memberi variasi
Keterampilan menjelaskan
Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
Keterampilan mengelola kelas
Interaksi edukatif
Penataan kelas
Permasalahan kelompok
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan
perorangan
BAB 2 PROBLEMATIKA SEPUTAR
GURU
Meningkatkan kualitas guru dan kualitas
pendidikan guru
Standar profesional guru
Profil guru masa depan
Globalisasi dan peningkatan kualitas guru
Peningkatan kualitas guru dalam proses
belajar-mengajar
Mempersiapkan guru untuk masa depan
BAB 3 KOMPETENSI GURU
BAB 4 PENILAIAN KUALITAS
GURU
Mengembangkan profesi guru
Pendidik dan metode pengajaran
BAB 5 KEMAMPUAN AKADEMIK DAN
NON AKADEMIK
Kemampuan mengajar guru
Guru sebagai pendidik
Anak didik
Syarat-syarat kemampuan guru
Tanggung jawab, fngsi dan peran guru
Kepribadian guru
Tugas utama guru
Fungsi cental guru
Kinerja guru
Program pengembangan guru
BAB 6 PENGELOLAAN DAN
PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR
Tugas guru dalam pengembangan fasilitas dan
sumber belajar
Catatan untuk guru dan sekolah
Penggunaan fasilitas dan sumber belajar
Implementasi KTSP
Panduan pengembangan silabus
BAB 7 TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI DALAM KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR
Rasional
Pengertian informasi dan komunikasi
Fungsi dan tujuan informasi dan komunikasi
Ruang lingkup teknologi informasi dna
komunikasi
Standar kompetensi dan kurikulum
Kurikulum teknologi informasi dan komunikasi
Standar kompetensi informasi dan teknologi
Rambu-rambu teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi dasar, indikator dan materi pokok
BAB 8 PENGEMBANGAN RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Hakekat persiapan mengajar
Fungsi persiapan mengajar
Kinerja guru dalam pengembangan persiapan
mengajar
Contoh persiapan mengajar
BAB 9 PANDUAN PEMBELAJARAN
BAB 10 SISTEM EVALUASI
PEMBELAJARAN
Rasional
Evaluasi kurikulum
Evaluasi pembelajara
Evaluasi pembelajaran dalam kurikulum 2006
Ujian akhir nasional
BAB 11 OPTIMALISASI
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2006
Mengembangkan program akselerasi
Meningkatkan prestasi belajar
Mengimplementasikan kurikulum melalui budaya
Mendagunakan lingkungan sebagai sumber belajar
Melibatkan masyarakat sekitar
Menghemat biaya pendidikan
Mengembangkan kewirausahaan
Mengefektifkan penghargaan dan hadiah
Membangun tim
BAB 12 STRATEGI MEMILIH DAN
MENYUSUN BAHAN AJAR
Pendahuluan
Pemilihan bahan ajar berbasis kompetensi
Pengertian bahan ajar
Prinsip-prinsip pemilihan bahan ajar
Langkah-langkah pemilihan bahan ajar
Identifikasi jenis-jenis materi pembelajaran
Memilih jenis materi pembelajaran
Penentuan cakupan dan urutan bahan ajar
Sumber bahan ajar
BAB 13 LANGKAH-LANGKAH PEMANFAATAN
BAHAN AJAR
Strategi penyampaian bahan ajar oleh guru
Strategi mempelajari bahan ajar oleh siswa
Materi prasyarat, perbaikan dan pengayaan
BAB 14 MENINGKATKAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
Pendahuluan
Dasar hukum
Tujuan penyusunan KTSP
Pengertian KTSP
Prinsip-prinsip pengembangan KTSP
Acuan operasional penyusunan KTSP
Komponen-komponen KTSP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar