Judul | : | SUPERVISI PENDIDIKAN MENINGKATKAN KUALITAS PROFESIONALISME GURU | |
Pengarang | : | Prof. Dr. Hj. Sri Banun Muslim, M.Pd. | |
Penerbit | : | Alfabeta | |
ISBN | : | 978-602-8361-33-0 | |
Cetakan Ke | : | 2 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xiv + 198 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 14 x 20 cm | |
Berat | : | 250 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 33.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 26.400 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. PENDAHULUAN
Kuaslitas Sumber Daya ManusiaGuru harus menguasai kurikulum
- Komponen tujuan
- Komponen pengalaman / materi belajar
Komponen organisasi
Komponen evaluasi
Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
- Prinsip relevansi
- Prinsip kontinyuitas
- Prinsip Fleksibilitas
Pembinaan kemampuan profesional guru
BAB 2. KONSEP DASAR SUPERVISI PENGAJARAN
Pengertian supervisiTujuan dan sasaran supervisi
Prinsip-prinsip supervisi
Fungsi danb tugas-tugas supervisi
BAB 3. PELAKSANAAN SUPERVISI DI SEKOLAH DASAR
Kompetensi upervisiTeknik-teknik supervisi
- Kunjungan atau observasi kelas
- Pembicaraan individual
- Rapat guru (Rapat supervisi)
Pola pendekatan supervisi
- Pendekatan direktif
- Pendekatan kolaboratif
Pendekatan Nondirektif
- Komitmen guru
- Kemampuan berpikir abstrak guru
- Pelaksanaan supervisi di SD
Pola (Bentuk) supervisi
- Supervisi umum
- Supervisi PBM
- Supervisi kolegial atau kesejawatan
BAB 4. GURU DAN SUPERVISI
Profesional guruMerencanakan pengajaran atau kegiatan belajar mengajar
- Merencanakan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem
- Mengenal berbagai model pengajaran
- Merumuskan tujuan pengajaran
- Mengaplikasikan taksonomi ke dalam tujuan pengajaran
- Mendeskripsikan dan menganalisis tugas-tugas pembelajaran
- Mengorganisasikan rencana pengajaran
Pelaksanaan pengajaran
- Memilih sumber-sumber belajar/ pengajaran
- Memilih strategi mengajar
- Mempresentasikan pelajaran
Menilai pengajaran
Guru dan Supervisi
Program supervisi
Sikap atau reaksi guru-guru terhadap supervisi
BAB 5. HUBUNGAN PELAKSANAAN KEGIATAN SUPERVISI DENGAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
Pengawas sekolah (supervisor) dan guru perlu mengetahui kurikulum berbasis kompetensi- Pengertian kompetensi dan kurikulum berbasis kompetensi
- Karakteristik Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
- Asumsi kurikulum berbasis kompetensi (KBK)
Hubungan supervisi dengan profesional
- Hubungan supervisi gugus (KKG) dengan kemampuan profesional guru
- Hubungan supervisi kepala sekolah dengan kemampuan profesional guru
- Hubungan supervisi pengawas sekolah dengan kemampuan profesional guru
- Hubungan supervisi pengawas sekolah dengan kegiatan KKG
Hubungan pelaksanaan kegiatan supervisi dengan kemampuan profesional
BAB 6. PENUTUP
KEPUSTAKAAN
TENTANG PENULIS
Buku yang juga sangat perlu untuk anda
baca:
KEMBALIKE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar