Judul | : | TAKSONOMI KOGNITIF Perkembangan Ragam Berpikir | |
Pengarang | : | Dr. Wowo Sunaryo Kuswana, M.Pd. | |
Penerbit | : | Rosda | |
ISBN | : | 978-979-692-079-2 | |
Cetakan Ke | : | 1 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | vii + 292 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 500 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 57.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 45.600 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. RAGAM KOGNITIF
Taksonomi dalam Perancangan BelajarPerkembangan Taksonomi Kognitif
- Taksonomi tujuan pendidikan benyamin Bloom
- Taksonomi mediasi instrumen pengayaan (reuven Feurstein)
- Taksonomi delapan dan lima jenis kemampuan belajar
- Taksonomi enam kategori tingkat belajar (ausubel dan robinson)
- Model pengembangan proses berpikir dan perasaan (William)
- Taksonomi kerangka komprehensif tujuan pembelajaran (Hannah dan Michaelis)
- Taksonomi ranah kognitif (Stahl dan Murphy)
- Taksonomi struktur hasil belajar teramati SOLO (Biggs dan Collis)
- Taksonomi kerangka kerja ketrampilan berpikir (Edy Quellmalz)
- Model esensial, kompleks, metakognitif, dan ketrampilan berpikir Presseisen
- Taksonomi pembelajaran transaksi (Merrill)
- Taksonomi tujuan pendidikan revisi taksonomi Bloom's oleh Anderson dan Krathwohl's
- Taksonomi rasional seni dan ketrampilan berpikir
BAB 2. KERANGKA KERJA RANAH BERPIKIR
Pengertian analisis rumah berpikirAnalisis kerangka kerja
- Analisis pengetahuan dan ketrampilan (Romiszowski)
- Aktivitas berpikir dalam konteks sosial (Wallace dan Adam)
- Analisis hasil belajar (Jonassen dan Tesmmer)
- Kerangka konseptual sasaran hasil belajar (Hauenstein)
- Kategorisasi aktivitas belajar (Vermunt, Verloop)
- Sasaran hasil pembelajaran (Marzano)
- Model pengembangan kemampuan dan keahlian (Sternberg)
BAB 3. KERANGKA KERJA BERPIKIR PRODUKTIF
Pengertian berpikir produktifModel kerangka kerja berpikir produktif
- Model teori daya cipta pemecahan masalah (Altshuller Triz, teorinya Resheniya Izobretatelskikh)
- Konsep kemampuan kritis terkait dengan argumen verbal (Allen, Feezel, Kauffie)
- Berpikir lateral-paralel (Edward de Bono)
- Ketrampilan berpikir dan perbaikan deposisi (Halpern)
- Model berpikir baik (Glatthorn dan Baron)
- Berpikir kritis, diposisi, dan kecakapan (Ennis)
- Model empat variasi keterampilan berpikir (Matthew Lipman)
- Model berpikir kritis (Richard Paul)
- Penalaran untuk anak berbakat (Jewell)
- Model tujuh tahap proses kreativitas (petty)
- Sumber daya intelektual berpikir kritis (Bailin)
BAB 4. SIMULASI PRARANCANGAN PEMBELAJARAN SEGMEN PENDIDIKAN AKADEMIK, VOKALSI DAN KEJURUAN
Pertimbangan pemilihan taksonomi kognitifDasar-dasar pemetaan taksonomi standar isi dari materi
- Dasar ilmu pengetahuan
- Materi pengetahuan vokasi dan kejuruan
- Mekanik permesinan dan teknisi reparasi
- Kontinum proses perolehan materi ilmu pengetahuan dan materi kejuruan
DAFTAR PUSTAKA
TENTANG PENULISKEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar