TOKO BUKU RAHMA

TOKO BUKU DISKON SEPANJANG MASA, DISKON s/d 50%
Sedia buku TK/ PAUD, SD, SMP/SMK, Soal-soal ujian, UAN, UASBN, SBMPTN, Evaluasi Ulangan Umum, Agama Islam, Umum, Perguruan Tinggi: Ekonomi, Akuntansi, manajemen, pajak, hukum, undang-undang, mipa, fisika, kimia, biologi, matematika, elektro, listrik, teknik industri, kimia, arsitektur, sipil, lingkungan, perawat, bidan, kedokteran, atlas, statistika, metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, pendidikan, penelitian tindakan kelas PTK, penelitian tindakan sekolah PTS, penulisan skripsi, tesis, disertasi, agama, syariah, proses belajar mengajar, komunikasi, jurnalistik, komputer, dll.

KONTAK

HP/WA 0856 0196 7147
email tokobukuantik@gmail.com

Mengingat kapasitas Blog terbatas dan saat ini blog sudah mulai penuh, maka untuk buku-buku baru silahkan lihat di web TB. RAHMA yang baru :
www.tokobukurahma.com

Sabtu, 08 Oktober 2011

SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM PROFESI PENDIDIKAN

Judul : SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM PROFESI PENDIDIKAN
Pengarang : Prof. Dr. H. Syaiful Sagala, M.Pd.
Penerbit : Alfabeta, Bandung
ISBN : 978-602-8361-99-0
Cetakan Ke : 1
Tahun Terbit : 2010
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : xvi + 288
Kertas Isi : HVS
Cover : Soft
Ukuran : 16 X 24 cm
Berat : 450 gram
Kondisi : Baru
Harga : Rp. 45.000 discont  20%
Bayar :  Rp. 36.000 
Stock : 1

DAFTAR ISI :

BAGIAN 1. LAYANAN BELAJAR YANG BERKUALITAS
Inti Kegiatan Sekolah
Satuan Pendidikan sebagai Lembaga Pendidikan
Sekolah sebagai lembaga layanan belajar
Layanan Tata Usaha Sekolah
Layanan perpustakaan
Layanan belajar di laboratorium
Layanan belajar oleh guru
konselor membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didik
Kepala sekolah memastikan layanan belajar diberikan sesuai standar


BAGIAN 2. BELAJAR DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
Konsep belajar dan aktivitas guru
Konsep belajar
Aktivitas guru membelajarkan peserta didik
Mengembangkan Kurikulum
Apa itu kurikulum
Model kurikulum dan hasil belajar
Prinsip-prinsip umum pengembangan kurikulum
Kurikulum Teknologi atau berbasis kompetensi
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Scan Kurikulum
Implementasi Kurikulum

BAGIAN 3. STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN
Strategi Pembelajaran
Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM)
Hakikat Strategi PAKEM
Pembelajaran Aktif
Pembelajaran Kreatif
Pembelajaran Efektif
Pembelajaran Menyenangkan
Pembelajaran Kontekstual
Model Pembelajaran
Rumpun Model Pembelajaran
Model interaksi sosial (The Social Models of Teaching0
Model pemrosesan informasi (information processing Models)
Model Personal (personal Family)
Model perilaku (Behavioral Model of Teaching)
Model Pembelajaran yang berpusat pada guru
Model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik

BAGIAN 4. SUPERVISI MEMANTAPKAN PROFESIONALISASI JABATAN GURU
Supervisi Pembelajaran
Konsep dan makna supervisi pemngajaran
Prinsip supervisi pendidikan
Permasalahan supervisi pendidikan
Supervisor dan tugasnya
Tujuan supervisi pengajaran
Fungsi supervisi pengajaran
Supervisi untuk pembinaan guru dalam pertumbuhan jabatan
In-service education
Pre Service
Supervisi dan profesionalisasi jabatan guru

BAGIAN 5. PERAN DAN TANGGUNG JAWAB KEPALA SEKOLAH
Kepala Sekolah sebagai administrator
Kepala Sekolah sebagai Pemimpin
Kepala Sekolah sebagai Pengawas
Kepala Sekolah sebagai Supervisor Pembelajaran

BAGIAN 6. PANGAWAS SEKOLAH
Landasan Pengawas Sekolah
Landasan filosofis
Landasan yuridis
Landasan Konseptual
Landasan Empiris
Permasalahan dan kondisi ideal pengawas sekolah
Permasalahan pengawas sekolah
Kondisi ideal pengawas sekolah
Kompetensi manajerial dan komponen akademik pengawas sekolah
Kompetensi manajerial pengawas sekolah
Kompetensi akademik pengawas sekolah
Kualifikasi dan Kompetensi Pengawas Sekolah
Kualifikasi pengawas sekolah
Kompetensi pengawas sekolah
Refleksi kompetensi pengawas sekolah

BAGIAN 7. TEKNI-TEKNIK SUPERVISI PENGAJARAN
Mengapa teknik-teknik supervisi pengajaran diperlukan
Teknik supervisi yang bersifat kelompok
Pertemuan orientasi
Rapat guru
Studi kelompok antar guru
Diskusi sebagai proses kelompok
Workshop (lokakarya)
Tukar menukar pengalaman (sharing of experience)
Diskusi panel
Seminar
Simposium
Teknik Individual dalam supervisi
Kunjungan kelas
Observasi kelas
Inter visitasi
Menilai diri sendiri
Demonstrasi mengajar
Buletin supervisi

BAGIAN 8. SUPERVISI KLINIS
Arti dan Makna Supervisi Klinis
Karakteristik supervisi klinis
Fokus supervisi klinis
Tujuan supervisi klinis
Proses Supervisi Klinis
Pra siklus
Siklus pertama
Siklus kedua observasi
Siklus ketiga refleksi
Problematika pelaksanaan supervisi klinis

BAGIAN 9. PERILAKU SUPERVISOR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
Sifat yang berhubungan dengan kepribadiannya
Sifat yang berhubungan dengan profesi
Perilaku supervisor dalam pembelajaran
Sifat supervisor yang dikehendaki pihak yang disupervisi
Supervisor yang berperilaku demokratis
Perilaku pengawas sekolah membangun karakter
Sasaran tugas kepengawasan bidang manajerial
Sasaran tugas kepengawasan bidang akademik
Sasaran tugas kepengawasan pada Tenaga kependidikan lainnya
Komitmen yang kuat meningkatkan kualitas layanan belajar
Karakter ilmiah
Karakter membangun bangsa
Pemecahan masalah dan transaksi

BAGIAN 10. SUPERVISOR MEMBINA GURU MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Pengertian PTK
Kenapa PTK diperlukan oleh guru
Tujuan dan fungsi PTK
Karakteristik PTK
Prinsip dasar PTK
Prosedur dan langkah-langkah PTK
Proposal PTK
Siklus PTK
Perumusan hipotesis tindakan
Tekanikdan alat pengumpul data PTK
Teknik analisis data PTK
Kelebihan dan kelemahan PTK
Sistematika laporan PTK
Penulisan buku rujukan atau daftar pustaka

BAGIAN 11. PENUTUP



KEMBALI KE HALAMAN AWAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar