Judul | : | SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM PROFESI PENDIDIKAN | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Syaiful Sagala, M.Pd. | |
Penerbit | : | Alfabeta, Bandung | |
ISBN | : | 978-602-8361-99-0 | |
Cetakan Ke | : | 1 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xvi + 288 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 X 24 cm | |
Berat | : | 450 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 45.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 36.000 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAGIAN 1. LAYANAN BELAJAR YANG BERKUALITAS
Inti Kegiatan Sekolah
Satuan Pendidikan sebagai Lembaga PendidikanSekolah sebagai lembaga layanan belajar
Layanan Tata Usaha Sekolah
Layanan perpustakaan
Layanan belajar di laboratorium
Layanan belajar oleh guru
konselor membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didikKepala sekolah memastikan layanan belajar diberikan sesuai standar
BAGIAN 2. BELAJAR DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
Konsep belajar dan aktivitas guru
Konsep belajarAktivitas guru membelajarkan peserta didik
Mengembangkan Kurikulum
Apa itu kurikulum
Model kurikulum dan hasil belajar
Prinsip-prinsip umum pengembangan kurikulum
Kurikulum Teknologi atau berbasis kompetensi
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Scan Kurikulum
Implementasi Kurikulum
BAGIAN 3. STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN
Strategi Pembelajaran
Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM)Hakikat Strategi PAKEM
Pembelajaran Aktif
Pembelajaran Kreatif
Pembelajaran Efektif
Pembelajaran Menyenangkan
Pembelajaran Kontekstual
Model Pembelajaran
Rumpun Model Pembelajaran
Model interaksi sosial (The Social Models of Teaching0
Model pemrosesan informasi (information processing Models)
Model Personal (personal Family)
Model perilaku (Behavioral Model of Teaching)
Model Pembelajaran yang berpusat pada guruModel pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
BAGIAN 4. SUPERVISI MEMANTAPKAN PROFESIONALISASI JABATAN GURU
Supervisi Pembelajaran
Konsep dan makna supervisi pemngajaranPrinsip supervisi pendidikan
Permasalahan supervisi pendidikan
Supervisor dan tugasnya
Tujuan supervisi pengajaran
Fungsi supervisi pengajaran
Supervisi untuk pembinaan guru dalam pertumbuhan jabatan
In-service educationPre Service
Supervisi dan profesionalisasi jabatan guru
BAGIAN 5. PERAN DAN TANGGUNG JAWAB KEPALA SEKOLAH
Kepala Sekolah sebagai administratorKepala Sekolah sebagai Pemimpin
Kepala Sekolah sebagai Pengawas
Kepala Sekolah sebagai Supervisor Pembelajaran
BAGIAN 6. PANGAWAS SEKOLAH
Landasan Pengawas Sekolah
Landasan filosofisLandasan yuridis
Landasan Konseptual
Landasan Empiris
Permasalahan dan kondisi ideal pengawas sekolah
Permasalahan pengawas sekolahKondisi ideal pengawas sekolah
Kompetensi manajerial dan komponen akademik pengawas sekolah
Kompetensi manajerial pengawas sekolahKompetensi akademik pengawas sekolah
Kualifikasi dan Kompetensi Pengawas Sekolah
Kualifikasi pengawas sekolahKompetensi pengawas sekolah
Refleksi kompetensi pengawas sekolah
BAGIAN 7. TEKNI-TEKNIK SUPERVISI PENGAJARAN
Mengapa teknik-teknik supervisi pengajaran diperlukan
Teknik supervisi yang bersifat kelompok
Pertemuan orientasiRapat guru
Studi kelompok antar guru
Diskusi sebagai proses kelompok
Workshop (lokakarya)
Tukar menukar pengalaman (sharing of experience)
Diskusi panel
Seminar
Simposium
Teknik Individual dalam supervisi
Kunjungan kelasObservasi kelas
Inter visitasi
Menilai diri sendiri
Demonstrasi mengajar
Buletin supervisi
BAGIAN 8. SUPERVISI KLINIS
Arti dan Makna Supervisi Klinis
Karakteristik supervisi klinisFokus supervisi klinis
Tujuan supervisi klinis
Proses Supervisi Klinis
Pra siklusSiklus pertama
Siklus kedua observasi
Siklus ketiga refleksi
Problematika pelaksanaan supervisi klinis
BAGIAN 9. PERILAKU SUPERVISOR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
Sifat yang berhubungan dengan kepribadiannya
Sifat yang berhubungan dengan profesiPerilaku supervisor dalam pembelajaran
Sifat supervisor yang dikehendaki pihak yang disupervisi
Supervisor yang berperilaku demokratis
Perilaku pengawas sekolah membangun karakter
Sasaran tugas kepengawasan bidang manajerialSasaran tugas kepengawasan bidang akademik
Sasaran tugas kepengawasan pada Tenaga kependidikan lainnya
Komitmen yang kuat meningkatkan kualitas layanan belajar
Karakter ilmiah
Karakter membangun bangsa
Pemecahan masalah dan transaksi
BAGIAN 10. SUPERVISOR MEMBINA GURU MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Pengertian PTK
Kenapa PTK diperlukan oleh guru
Tujuan dan fungsi PTKKarakteristik PTK
Prinsip dasar PTK
Prosedur dan langkah-langkah PTK
Proposal PTKSiklus PTK
Perumusan hipotesis tindakan
Tekanikdan alat pengumpul data PTK
Teknik analisis data PTK
Kelebihan dan kelemahan PTK
Sistematika laporan PTK
Penulisan buku rujukan atau daftar pustaka
BAGIAN 11. PENUTUP
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar