Judul | : | MENJADI GURU PROFESIONAL | |
Pengarang | : | Drs. Moh. Uzer Usman | |
Penerbit | : | Rosda | |
ISBN | : | 979-514-003-5 | |
Cetakan Ke | : | 25, edisi kedua | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | x + 154 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 300 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 35.500 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 28.400 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. PENDAHULUAN
BAB 2. TUGAS, PERAN DAN KOMPETENSI GURU
Proses Belajar MengajarTugas Guru
Peranan Guru dalam Proses Belajar-Mengajar
Guru Sebagai Demontrator
Guru Sebagai Pengelola Kelas
Guru Sebagai Mediator dan Fasilitator
Guru Sebagai Evaluator
Peran Guru dalam PengadministrasianPeran Guru Secara Pribadi
Peran Guru Secara Psikologis
Kompetensi Profesionbalisme Guru
Pengertian
Persyaratan Profesi
Jenis-Jenis Kompetensi
BAB 3. KONDISI BELAJAR-MENGAJAR YANG EFEKTIF
Melibatkan Siswa Secara Aktif
Pengertian CBSA
Tolok Ukur CBSA
Menarik Minat dan Perhatian SiswaMembangkitkan Motivasi Siswa
Prinsip Individualitas
Peragaan dalam Pengajaran
Nilai atau Manfaat Media Pendidikan
Pemilihan Alat Peraga
Petunjuk Penggunaan Alat Peraga
BAB 4. KLASIFIKASI TUJUAN DAN PENILAIAN PROSES
Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Kaitannya Dengan Taksonomi Hasil Belajar
Kklasifikasi tujuan kognitif
Klasifikasi tujuan afektif
Klasifikasi tujuan psikomotor (Dave, 1970)
Implikasi taksonomi hasil belajar dengan perumusan tujuan pembelajaran
Penilaian Ketrampilan Proses
BAB 5. PENYUSUNAN PROGRAM PENGAJARAN
Penguasaan MateriAnalisis Materi Pelajaran
Program Tahunan dan Program Caturwulan
Persiapan Mengajara
Rencana Pengajaran
Analisis Hasil Ulangan Harian
Contoh Persiapan Mengajar dan Rencana Pengajaran
Untuk Sekolah Dasar
Untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama atau SMU
BAB 6. BEBERAPA KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR
Ketrampilan Bertanya
Dasar-dasar pertanyaan yang baik
Jenis-jenis pertanyaan yang baik
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Komponen-komponen ketrampilan bertanya dasar
Latihan penerapan ketrampilan bertanya dasar
Ketrampilan Memberi Penguatan
Tujuan pemberian penguatan
Jenis-jenis penguatan
Prinsip penguatan-penguatan
Cara mempergunakan penguatan
Latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Penerapan dalam PPL
Ketrampilan Mengadakan Variasi
Pengertian
Tujuan dan Manfaat
Prinsip penggunaan
Komponen-komponen ketrampilan mengadakan variasi
latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Latihan penerapam dalam PPL
Ketrampilan Menjelaskan
Tujuan memberikan penjelasan
Alasan perlunya ketrampilan menjelaskan diskusi oleh guru
Komponen-komponen ketrampilan menjelaskan
Latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Latihan penerapan dalam PPL
Ketrampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Tujuan pokok siasat membuka pelajaran
Siasat menutup pelajaran
Komponen ketrampilan membuka dan menutup pelajaran
Latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Latihan penerapan dalam PPL
Ketrampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Komponen ketrampilan membimbing diskusi
latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Latihan penerapan dalam PPL
Ketrampilan Mengelola Kelas
Prinsip penggunaan
Komponen ketrampilan
Hal-hal yang harus dihindari
Latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Latihan dalam PPL
Ketrampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
Penggunaan di dalam kelas
Komponen-komponen ketrampilan
Latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Latihan penerapan dalam PPL
Beberapa Format Observasi Ketrampilan Mengajar
BAB 7. PENIALIAN KEMAMPUAN MENGAJAR
Format IPKM-1Penjelasan Skala Nilai IPKM-1: Ketrampilan Menyusun Rencana Pengajaran
Merencanakan pengelolaan kegiatan belajar-mengajar
Merencanakan pengorganisasian bahan pengajaran
Merencanakan pengelolaan kelas
Merencanakan penggunaan alat dan media pengajaran
Merencanakan penelitian prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran
Format IPKM-2
Penjelasan Skala Nilai IPKM-2: Ketrampilan Melaksanakan Prosedur Mengajar
Memulai pelajaran
Mengelola kegiatan inti
Mengorganisasi waktu, siswa dan fasilitas belajar
Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
Mengakhiri pelajaran
Format IPKM-3
Penjelasan Skala Nilai IPKM-3: Ketrampilan Berkomunikasi Antarpribadi
Membantu mengembangkan siskap positif pada diri siswa
Bersikap terbuka dan luwes terhadap siswa atau orang lain
Menunjukkan kegairahan dana kesungguhan dalam mengajar
Mengelola interaksi perilaku di dalam kelas
BAB 8. KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR 9 TAHUN
PengertianPenekanan Kurikulum Pendidikan Dasar
Tujuan Pendidikan Dasar 9 Tahun
Isi Program Pengajaran
Isi kurikulum Pendidikan Dasar
Susunan Program Pengajaran
Beberapa Perbedaan dengan Kurikkulum Sebelumnya
DAFTAR PUSTAKA
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar