TOKO BUKU RAHMA

TOKO BUKU DISKON SEPANJANG MASA, DISKON s/d 50%
Sedia buku TK/ PAUD, SD, SMP/SMK, Soal-soal ujian, UAN, UASBN, SBMPTN, Evaluasi Ulangan Umum, Agama Islam, Umum, Perguruan Tinggi: Ekonomi, Akuntansi, manajemen, pajak, hukum, undang-undang, mipa, fisika, kimia, biologi, matematika, elektro, listrik, teknik industri, kimia, arsitektur, sipil, lingkungan, perawat, bidan, kedokteran, atlas, statistika, metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, pendidikan, penelitian tindakan kelas PTK, penelitian tindakan sekolah PTS, penulisan skripsi, tesis, disertasi, agama, syariah, proses belajar mengajar, komunikasi, jurnalistik, komputer, dll.

KONTAK

HP/WA 0856 0196 7147
email tokobukuantik@gmail.com

Mengingat kapasitas Blog terbatas dan saat ini blog sudah mulai penuh, maka untuk buku-buku baru silahkan lihat di web TB. RAHMA yang baru :
www.tokobukurahma.com

Rabu, 05 Oktober 2011

MENJADI GURU PROFESIONAL

Judul : MENJADI GURU PROFESIONAL
Pengarang : Drs. Moh. Uzer Usman
Penerbit : Rosda
ISBN : 979-514-003-5
Cetakan Ke : 25, edisi kedua
Tahun Terbit : 2011
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : x + 154
Kertas Isi : HVS
Cover : Soft
Ukuran : 16 x 24 cm
Berat : 300 gram
Kondisi : Baru
Harga : Rp. 35.500 discont  20%
Bayar :  Rp. 28.400 
Stock : 1

DAFTAR ISI :

BAB 1. PENDAHULUAN


BAB 2. TUGAS, PERAN DAN KOMPETENSI GURU
Proses Belajar Mengajar
Tugas Guru
Peranan Guru dalam Proses Belajar-Mengajar
Guru Sebagai Demontrator
Guru Sebagai Pengelola Kelas
Guru Sebagai Mediator dan Fasilitator
Guru Sebagai Evaluator
Peran Guru dalam Pengadministrasian
Peran Guru Secara Pribadi
Peran Guru Secara Psikologis
Kompetensi Profesionbalisme Guru
Pengertian
Persyaratan Profesi
Jenis-Jenis Kompetensi

BAB 3. KONDISI BELAJAR-MENGAJAR YANG EFEKTIF
Melibatkan Siswa Secara Aktif
Pengertian CBSA
Tolok Ukur CBSA
Menarik Minat dan Perhatian Siswa
Membangkitkan Motivasi Siswa
Prinsip Individualitas
Peragaan dalam Pengajaran
Nilai atau Manfaat Media Pendidikan
Pemilihan Alat Peraga
Petunjuk Penggunaan Alat Peraga


BAB 4. KLASIFIKASI TUJUAN DAN PENILAIAN PROSES
Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Kaitannya Dengan Taksonomi Hasil Belajar
Kklasifikasi tujuan kognitif
Klasifikasi tujuan afektif
Klasifikasi tujuan psikomotor (Dave, 1970)
Implikasi taksonomi hasil belajar dengan perumusan tujuan pembelajaran
Penilaian Ketrampilan Proses

BAB 5. PENYUSUNAN PROGRAM PENGAJARAN
Penguasaan Materi
Analisis Materi Pelajaran
Program Tahunan dan Program Caturwulan
Persiapan Mengajara
Rencana Pengajaran
Analisis Hasil Ulangan Harian
Contoh Persiapan Mengajar dan Rencana Pengajaran
Untuk Sekolah Dasar
Untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama atau SMU

BAB 6. BEBERAPA KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR
Ketrampilan Bertanya
Dasar-dasar pertanyaan yang baik
Jenis-jenis pertanyaan yang baik
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Komponen-komponen ketrampilan bertanya dasar
Latihan penerapan ketrampilan bertanya dasar
Ketrampilan Memberi Penguatan
Tujuan pemberian penguatan
Jenis-jenis penguatan
Prinsip penguatan-penguatan
Cara mempergunakan penguatan
Latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Penerapan dalam PPL
Ketrampilan Mengadakan Variasi
Pengertian
Tujuan dan Manfaat
Prinsip penggunaan
Komponen-komponen ketrampilan mengadakan variasi
latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Latihan penerapam dalam PPL
Ketrampilan Menjelaskan
Tujuan memberikan penjelasan
Alasan perlunya ketrampilan menjelaskan diskusi oleh guru
Komponen-komponen ketrampilan menjelaskan 
Latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Latihan penerapan dalam PPL
Ketrampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Tujuan pokok siasat membuka pelajaran
Siasat menutup pelajaran
Komponen ketrampilan membuka dan menutup pelajaran
Latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Latihan penerapan dalam PPL
Ketrampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Komponen ketrampilan membimbing diskusi
latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Latihan penerapan dalam PPL
Ketrampilan Mengelola Kelas
Prinsip penggunaan
Komponen ketrampilan
Hal-hal yang harus dihindari
Latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Latihan dalam PPL
Ketrampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
Penggunaan di dalam kelas
Komponen-komponen ketrampilan
Latihan penerapan dalam pengajaran mikro
Latihan penerapan dalam PPL
Beberapa Format Observasi Ketrampilan Mengajar

BAB 7. PENIALIAN KEMAMPUAN MENGAJAR
Format IPKM-1
Penjelasan Skala Nilai IPKM-1: Ketrampilan Menyusun Rencana Pengajaran
Merencanakan pengelolaan kegiatan belajar-mengajar
Merencanakan pengorganisasian bahan pengajaran
Merencanakan pengelolaan kelas
Merencanakan penggunaan alat dan media pengajaran
Merencanakan penelitian prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran
Format IPKM-2
Penjelasan Skala Nilai IPKM-2: Ketrampilan Melaksanakan Prosedur Mengajar
Memulai pelajaran
Mengelola kegiatan inti
Mengorganisasi waktu, siswa dan fasilitas belajar
Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
Mengakhiri pelajaran
Format IPKM-3
Penjelasan Skala Nilai IPKM-3: Ketrampilan Berkomunikasi Antarpribadi
Membantu mengembangkan siskap positif pada diri siswa
Bersikap terbuka dan luwes terhadap siswa atau orang lain
Menunjukkan kegairahan dana kesungguhan dalam mengajar
Mengelola interaksi perilaku di dalam kelas

BAB 8. KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR 9 TAHUN
Pengertian
Penekanan Kurikulum Pendidikan Dasar
Tujuan Pendidikan Dasar 9 Tahun
Isi Program Pengajaran
Isi kurikulum Pendidikan Dasar
Susunan Program Pengajaran
Beberapa Perbedaan dengan Kurikkulum Sebelumnya

DAFTAR PUSTAKA



KEMBALI KE HALAMAN AWAL 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar