Judul | : | STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA | |
Pengarang | : | Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd. | |
Penerbit | : | Rosda | |
ISBN | : | 979-692-351-3 | |
Cetakan Ke | : | 2 | |
Tahun Terbit | : | 2009 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | x + 311 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 450 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 66.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 52.800 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI STRATEGIS BELAJAR MENGAJAR BAHASA
PendahuluanUraian
Pengertian strategi
Pengertian belajar
Pengertian strategi belajar
Penggolongan strategi belajar
Strategi metakognitif dan sosio-afektif
Klasifikasi strategi pembelajaran
Jenis-jenis strategi pembelajaran
Strategi pembelajaran berdasarkan penekanan komponen dalam program pengajaran
Strategi pembelajaran berdasarkan kegiatan pengolahan pesan atau materi
Strategi pembelajaran berdasarkan pengolahan pesan atau materi
Strategi pembelajaran berdasarkan cara memproses penemuan
BAB 2. PENDEKATAN DAN METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA
PendahuluanUraian
Pendekatan
Metode
Teknik
Teknik penyajian pelajaran
BAB 3. PROSES PEMEROLEHAN BAHASA DAN PEMBELAJARAN BAHASA KEDUA
PendahuluanUraian
Isu substansi bahasa
Pengertian pemerolehan bahasa
Ragam pemerolehan bahasa
Peranan bahasa pertama dalam pemerolehan bahasa kedua
Pengajaran bahasa kedua
Pengaruh bahasa pertama terhadap proses belajar bahasa kedua
Pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua
Pengaruh lingkungan kelas terhadap hasil belajar bahasa kedua
Pengaruh lingkungan di luar kelas terhadap hasil belajar bahasa kedua
Pengaruh umur terhadap keberhasilan belajar bahasa kedua
Faktor sikap, minat dan kebiasaan membaca dalam pembelajaran bahasa
BAB 4. PROFIL PEMBELAJAR BAHASA
PendahuluanUraian
Karakteristik pribadi dan lingkungan
Karakteristik psikologi
Murid dan perkembangannya
Kedudukan dalam tahap-tahap perkembangan
Ciri-ciri khas anak sekolah dasar
Tugas-tugas perkembangan
Segi-segi perkembangan
BAB 5. TUGAS DAN PERAN MENGAJAR DAN PEMBELAJAR
PendahuluanUraian
Tugas Pengajar
Tugas Pembelajar
BAB 6. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
PendahuluanUraian
Karakteristik peserta didik
Kompetensi dasar yang diharapkan
Bahan ajar
Waktu yang tersedia
Sarana/ prasarana belajar
Kemampuan/ kecakapan pengajar memilih dan menggunakan strategi pembelajaran bahasa
BAB 7. EVALUASI BELAJAR MENGAJAR BAHASA
PendahuluanUraian
Tes
Tujuan
Kategori tes
Analisis hasil tes
Perbedaan antara CRT/PAN/Norma Absolut dengan NRT/AP/Norma Relatif
Uji validitas, reliabilitas dan signifikansi
Analisis butir soal esai
BAB 8. PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN DAN MATERI PEMBELAJARAN
PendahuluanUraian
Tujuan Kognitif
Tujuan Afektif
Tujuan Psikomotor
Perencanaan alat dan media pengajaran
Perencanaan evaluasi pengajaran
Penyusunan satuan pelajaran
Perencanaan materi dan bahasa pengajaran
BAB 9. STRATEGI INOVATIF KETRAMPILAN BERBAHASA
PendahuluanUraian
Strategi pembelajaran ketrampilan menyimak
Strategi pembelajaran ketrampilan berbicara
Strategi pembelajaran ketrampilan membaca
Strategi pembelajaran ketrampilan menulis
Strategi pengajaran lisan bahasa Indonesia tingkat pemula dan menengah melalui gerakan tubuh ritmik
BAB 10. STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING
PendahuluanUraian
Posisi bahasa Indonesia
Selayang pandang pengajaran bahasa Indonesia bagi orang asing
Pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur Asing (BIPA)
Kesulitan bahasa Indonesia bagi penutur asing
Strategi pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing
Penanaman impresi pada awal tatap muka
Model pembelajaran ketrampilan menyimak
Model pembelajaran ketrampilan berbicara
Model pembelajaran ketrampilan membaca
Model pembelajaran ketrampilan menulis
Alternatif materi ajar dan latihan bahasa Indonesia bagi penutur asing pemula
PENUTUP
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar