Judul | : | TAKSONOMI BERPIKIR | |
Pengarang | : | Dr. Wowo Sunaryo Kuswana, M.Pd. | |
Penerbit | : | Rosda | |
ISBN | : | 978-979-692-071-6 | |
Cetakan Ke | : | 1 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | viii + 316 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 450 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 61.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 48.800 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. PENGANTAR TAKSONOMI BERPIKIR
Sifat, Proses dan Hasil BerpikirPengertian dan Komponen Taksonomi
- Objek
- Kerangka kerja
- Kelompok
Perspektif Sosiologis
Perspektif Filsafat
- Deskriptif atau Normatif
- Ketrampilan Berpikir dan Berpikir Kritis
Ketrampilan Berpikir dalam Pembelajaran
- Beberapa contoh Kasus Program dan Pendekatan
- Pengembangan Rancangan Pembelajaran Berpikir
Manfaat lain dari Taksonomi
Taksonomi dan Model
BAB 2. BERPIKIR: PERSPEKTIF PSIKOLOGI FAAL
Perspektif Psikologi Faal- Komponen Sistem Saraf Manusia
- Struktur Tengkorak Kepala dan Otak
Proses dan Hambatan Sensorik
- Proses Sensorik
- Kelainan-kelainan paa Penginderaan yang Berpengaruh pada Proses Berpikir
BAB 3. BERPIKIR: PERSPEKTIF PSIKOLOGI KOGNITIF
Pengertian Kognisi dan KognitifMemori Konstruktif
- Memori Kerja
- Memori Kerja versus Memori Jangka Pendek
- Pengukuran Memori Kerja
- Kompatibilitas dengan Respons Intervensi
- Konsep Model Memori Kerja
- Model-Model Pengolahan Informasi
Faktor-faktor Terkait Penelitian Memori
- Kerja Memori Jangka Panjang
BAB 4. PENGEMBANGAN STRUKTUR KOGNITIF
Pengertian Pengembangan Struktur KognitifKerangka Kerja Pengembangan Struktur Kognitif
- Model Tahapan Pengembangan Struktur Kognitif (Piaget, 1950)
- Model Struktur Intelektual (SI) (Guilford 1956; 1967; 1977; 1982; 1983)
- Pengembangan Skema (Perry, 1974)
- Multikecerdasan (Horward Gardner, 1983; 1986; 1993)
- Teori Pengembangan Kognitif Orang Dewasa (Koplowitz, 1984)
- Model Pengembangan Pengetahuan Perempuan (Belenky, 1986)
- Teori Tiga strata Kemampuan Kognitif (Carroll, 1993)
- Model Pengembangan Berpikir Integrasi (Demetriou dan Efklides, 1985, 1993, 2001, 2002)
- Model Keputusan Reflektif (King dan Kitchener, 1994)
- Kerangka kerja untuk Belajar Pengaturan diri (Pintrich dan Zeider, 2000)
- Teori Fungsi Eksekutif
BAB 5. TRANSFER DAN JENIS HAMBATAN BELAJAR
Transfer Belajar dalam Konteks Psikologi Kognitif- Transfer belajar
- Transfer Pengetahuan dalam Belajar
- Implikasi Praktik Pembelajaran Kognitif
Jenis Gangguan Psikologis terhadap Transfer Belajar
- Sensasi
- Persepsi
- Perhatian
- Kesadaran dan kebingungan
- Gangguan Berpikir
- Gangguan Daya Ingat
- Gangguan emosi
Lupa Informasi dan Penyebabnya
- Teori Decay (Jejak dan Perpindahan Informasi)
- Peterson (1959), durasi Memori Jangka Pendek (STM)
- Gangguan pada Memori Jangka Panjang (LTM)
- Gangguan dalam Transfer Belajar
Kejenuhan dalam Belajar
Faktor Lingkungan Belajar
- Aspek struktur dan Proses Keluarga
- Aspek Sosioekonomis
- Aspek Budaya Lokal dan Multibudaya
- Aspek Sosio-Teknologi
Upaya Memahami Kesulitan Belajar
- Diagnosis Kesulitan Belajar
- Indikator Observasi Sederhana Bagi Siswa di Dalam Kelas
- Pengamatan Saat Absensi
Pengamatan Saat Pemberian Informasi (Presentasi atau Proses Pengolahan)
Analisis Pengolahan Tes Akhir dari Tiga Topik Materi Tertentu
DAFTAR PUSTAKA
TENTANG PENULIS KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar