Judul | : | DIKOTOMI PENDIDIKAN ISLAM | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Baharuddin, M.Pd.I. | |
Penerbit | : | Rosda | |
ISBN | : | 978-979-692-053-2 | |
Cetakan Ke | : | 2 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xxviii + 268 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 53.500 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 42.800 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
Rekonstruksi Epistemologi Pendidikan Islam Monokotomik: Sebuah Pengantar oleh Prof. Dr. H. Armai Arief, MA.
Kata Pengantar
Daftar isi
BAB 1. AKAR SEJARAH DIKOTOMI PENDIDIKAN ISLAM
BAB 2. PRBLEMATIKA
BAB 3. DIKOTOMI ILMU
Dikotomi Ilmu Dalam Prespektif islamIlmu dan Prespektif Islam
- Cara memperoleh ilmu (tataran epistemologi)
- Objek ilmu (tataran ontologi)
- Manfaat ilmu (Aksiologi)
- Pembagian / klasifikasi ilmu
BAB 4. KEMUNDURAN DUNIA KEILMUAN ISLAM: MENILIK KEMBALI MONOKOTOMI PENDIDIKAN ISLAM
Sejarah Perkembangan Ipteks di Dunia IslamKemajuan dan kemunduran dunia Islam: Telaah komparatif
Kebangkitan Islam: Cita dan Fakta
BAB 5. DIKOTOMI ILMU DALAM SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Ilmu pengetahuan di masa nabi Muhammad dan Khulafa' al RasyidinIlmu Pengetahuan pada masa Bani Umaiyyah
Ilmu Pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah
Perkembangan Ilmu Naqli
- Ilmu Tafsir
- Ilmu Hadits
- Ilmu Kalam
- Ilmu Tasawuf
- Ilmu Bahasa
- Ilmu Fiqh
Perkembangan Ilmu Aqli
Al Ghazali: Dikotonomi Ilmu dan Kemunduran Islam
BAB 6. IMPLIKASI DIKOTONOMI ILMU TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
Sistem dan Lembaga Pendidikan Sejak Masa Nabi Muhammad- Kuttab
- Masjid
- Majelis Muhadharah
- Maktabah (perpustakaan)
- Madrasah
- Lembaga pendidikan lainnya
Sistem Pendidikan pasca Tragedi Mihnah dan Pertentangan dalam Filsafat
Keadaan Umat Islam Pasca Berkembangnya Dikotomi Ilmu
Perubahan Sikap Umat Islam: Melihat Sisi Paradigma Kontemporer
BAB 7. EPILOG
DAFTAR PUSTAKA
PROFIL SINGKAT PENULISKEMBALI KE HALAMAN AWAL
Apakah masih tersedia?
BalasHapus