Judul | : | FILSAFAT BAHASA DAN PENDIDIKAN | |
Pengarang | : | Prof. DR. Chaedar Alwasilah | |
Penerbit | : | Rosda | |
ISBN | : | 979-692-932-5 | |
Cet / Edisi | : | Cet 2 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xiv + 218 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 350 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 49.000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp. 39.200 | |
Stock | : | 1 |
FILSAFAT BAHASA DAN
PENDIDIKAN
Pengarang : Prof. Dr. A. Chaedar alwasilah
Penerbit : Rosda
DAFTAR ISI :
BAGIAN 1. MEMBANGUN
WAWASAN
BAB 1. MENGAPA
FILSAFAT
Etimologi dan Definisi
Dialog Dialektiva Tanpa Henti
Analisis, Evaluasi, dan Sintesis
Cabang-cabang Filsafat
Mengapa Repot Belajar Filsafat?
Filsafat dan Bahasa
Filsafat Pendidikan
Filsafat Pendidikan Bahasa
Referensi
Wacana 1. Pendidikan Penabur Benih Kreativitas
BAB 2. FILSAFAT
ANALITIK BAHASA
Atomisme Logis
Positivisme Logis
Filsafat Bahasa Biasa
Beberapa Tema Filsafat Bahasa
Referensi
Wacana 2. Bahasa demi Pencerdasan
BAB 3. MISTERI
BAHASA: DARI MAKNA KE TEORI
Meraba Pemikiran Filsafat
Menguasai Bahasa
Teori Bahasa
Teori Bahasa dan Metode Ilmiah
Referensi
Wacana 3. Penelitian Linguistik di Indonesia
BAB 4. BAHASA DAN
REPRENSENTASI MAKNA
System Tanda
Teori Ideasional Ihwal Makna
Makna dan Rujukan
Fenomenologi Bahasa
Referensi
Wacana 4a. Depatemen Pendidikan dan pembudayaan
Wacana Peningkatan Penggunaan Bahasa Ilmiah dalam Membangun
Budaya Menulis
BAB 5. BAHASA
PENDIDIKAN DAN RELATIVITAS BAHASA
Proposisi
Pernyataan
Resep
Prinsip dan Aturan
Slogan
Definisi
Relativitas Bahasa
Kuasa Kosakata
Terjemah
Sosiolinguistik dan Teori Terjemahan
Refereni
Wacana 5a. Penelitian Ihwal Terjemahan
Wacana 5b. Memperkarakan Gambar: Peilaku, Bidang Studi, atau
Undak-usuk
BAB 6. FILSAFAT
PENDIDIKAN
Esensialisme
Perrenialisme
Progresivisme
Eksistensialisme
Rekonstruksi
Pediagogi Kritis
Pendidikan sebagai Disiplin Ilmu
Pendidikan sebagai Objek Kajian
Referensi
Wacana 6. Teori Konstruksi dan Reformasi Pendidikan
BAB 7. POSTMODERNISME
DAN PENDIDIKAN
Definisi dan Implikasi
Konstruksionalisme Sosial
Heremeneutika
Dekonstruksi
Menggugat Pendidikan Struktural
Referensi
Wacana 7. Membangun Teks, Membuka Tabir Ilmu
BAGIAN 2.
IMPLEMENTASI
BAB 8. PENDIDIKAN
BERPIKIR KRITIS YANG TERABAIKAN
Bangsa Asia Telat Mikir?
Berbagai Hasil Penelitian
Bahasa dan Berpikir Kritis
Referensi
BAB 9. PERKULIAHAN BERPIKIR
KRITIS
Berpikir Kritis
Temuan Survai
Contoh Silabus Perkuliahan Berpikir Kritis
Referensi
Instrument Survai
BAB 10. RELEVANSI
LINGUISTIK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Membangun Wacana Kritis
Pengajaran Berpikir Kritis
Kemampuan Berbahasa
Survai Pekuliahan Linguistik
Pembahasan
Kesimpulan dan Saran
Referensi
BAB 11. POKOKNYA
IQRA: TEORI DAN IMPLIKASI
Ayat-ayat Modernisasi
Tujuh Ayat Pendidikan
Sumpah Nabi dan Sumpah Pemuda
Linguistik Islam
Pendidikan Seni Islam
Referensi
Epilog: Etalase Filsafat Pendidikan dan Filsafat Bahasa oleh
Prof. Jakob Sumardjo
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar