Judul | : | PENDIDIKAN ANAK PRASEKOLAH | |
Pengarang | : | DR. Soemiarti Patmonodewo | |
Penerbit | : | Rineka Cipta | |
ISBN | : | 979-518-828-3 | |
Cetakan Ke | : | 2 | |
Tahun Terbit | : | 2008 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | x + 181 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 14,5 x 20,5 cm | |
Berat | : | 200 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 40.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 32.000 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. MENGENAL TOKOH
PENDIDIKAN PRASEKOLAH
Tujuan
Tokoh-tokoh Pendidikan Prasekolah
-
Pengaruk Tokoh-tokoh Abad ke-18 dan sebelumnya
-
Pengaruh dari Tokoh-tokoh Abad ke-19 dan ke-20
-
Pengaruh Tokoh Lain terhadap Pendidikan Masa Dini
-
Tokoh-tokoh Mutakhir dalam Pendidikan Anak di Barat
Ringkasan
Tugas-tugas
BAB 2. MENGENAL ANAK
PRASKOLAH
Tujuan
Anak Prasekolah
-
Pengertian Anak Prasekolah
-
Tumbuh dan Berkembang
-
Tokoh dalam Perkembangan dan kognitif
-
Ciri Tahapan Perkembangan Berdasarkan Aspek
Perkembangan Anak Prasekolah
-
Ciri-ciri Anak Prasekolah Menurut Snowman
-
Keteraturan dan Tidak Keteraturan dalam Perkembangan
Anak
-
Perkembangan Anak dan Kurikulum
Ringkasan
Tugas
BAB 3. PENDIDIKAN
PRASEKOLAH SEPANJANG ZAMAN
Tujuan
Lingkup Pendidikan Prasekolah
-
Pengertian Pendidikan Prasekolah
-
Lingkungan Anak Usia Awal
-
Anak yang Kompeten
-
Pandangan Terhadap Anak
-
Hak-hak Anak
Ringkasan
Tugas
BAB 4. KURIKULUM
UNTUK PENDIDIKAN PRASEKOLAH
Tujuan
Rancangan Kurikulum
-
Arti Kurikulum bagi Pendidikan di Tk
-
Berbagai Bentuk Kurikulum
-
TK dan Kurikulum di Indonesia
-
Pendekatan Tematik
Ringkasan
Tugas
BAB 5. BEBERAPA
ALTERNATIF PROGRAM PENDIDIKAN ANAK PRASEKOLAH
Tujuan
Berbagai Rancangan Program Pendidikan Praskolah
-
Day Carl / Tmpat Penitipan Anak (TPA)
-
Pusat Pengembangan Anak yang Terintegrasi
-
Pusat Kesehatan atau Gizi
-
Pendidikan Ibu dengan Anak Prasekolah
-
Program Melalui Media Massa
-
Program dari Anak untuk Anak
-
Head Starr (di Amerika)
-
Kidergaten atau Taman Kanak-kanak
-
Berbagai Model Sekolah untuk Anak Prasekolah
-
Anak dengan Kebutuhan Khusus
Ringkasan
Tugas
BAB 6. BERMAIN: CARA
BELAJAR YANG TERBAIK
Tujuan
Bermain dan Belajar
-
Batsan Bermain
-
Berbagai Bentuk Bermain
-
Perkembangan Tingkah Laku Bermain
-
Peran Guiru dalam Bermain
-
Barmain dalam Tatanan Sekolah
-
Manfaat Bermain di Sekolah
-
Perbedaan Gender dalam Bermain
-
Pengembangan Aktifitas Bermain
-
Bermain Diluar Ruangan
-
Bermain untuk Anak dengan Kebutuhan Khusus
Ingkasan
Tugas
BAB 7. ORANG TUA DAN
PENDIDIKAN PRASEKOLAH
Tujuan
Bekerjasama dengan Orang Tua Murid
-
Pengertian Keterlibatan Orang Tua (Morrison, 1988)
-
Kemungkinan Keterlibatan Orang Tua
-
Menjalin Kerjasama dengan Orang tua
-
Program keterlibatan Orang Tua akan Menguntungkan Orang
Tua dalam Beberapa Hal
-
Komunikasi dengan Orang Tua
-
Pertemuan dengan Orang Tua
-
Laporan Berkala
-
Orang Tua dengan Anak yang Memiliki Kebutuhan Khusus
Ringkasan
Tugas
BAB 8. PENILAIAN DAN
PENYARINGAN DALAM PROGRAM PRASEKOLAH
Tujuan
Pengertian dan Pelaksanaan Penilaian
-
Pengertian Penilaian
-
Usaha untuk Melakukan Penilaian
-
Penyaringan (Screening) Anak Berkelainan
-
Catatan dan Cara Mengkomunikasikan Hasil Penilaian
Ringkasan
Tugas
BAB 9. PERENCANAAN
DAN PENGORGANISASIAN LINGKUNGAN
Tujuan
Lingkungan Fisik dan Sosial di dalam Pendidikan Prasekolah
-
Perencanaan dan Organisasi Lingkungan fisik
-
Perencanaan dan Organisasi lingkungan Sosial
-
Teori Kontrol
Ringkasan
Tugas
DAFTAR ISTILAH
Buku
yang juga sangat penting untuk anda baca :
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar