Judul | : | KONSEP DAN MAKNA PEMBELAJARAN | |
Pengarang | : | Prof. Dr. Syaiful Sagala, M.Pd. | |
Penerbit | : | Alfabeta, Bandung | |
ISBN | : | 978-979-8433-13-3 | |
Cetakan Ke | : | 8 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xii + 266 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 500 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 50.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 40.000 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. DASAR PENDIDIKAN DALAM KONSEP DAN MAKNA BELAJAR
A. Konsep Dasar Pendidikan
Hakekat dan teori pendidikanHubungan pendidikan dengan pengajaran
Fungsi pendidikan
B. Konsep dan Makna Belajar
Konsep belajarBelajar menurut pandangan Skiner
Belajar menurut pandangan Robert M. Gagne
Belajar menurut pandangan Piaget
Belajar menurut pandangan Carl R. Rogers
Belajar menurut pandangan Benjamin Bloom
Belajar menurut pandangan Jerome S. Bruner
Teori belajar
Teori Disiplin mental
Teori behaviorisme
Teori cognitive Gestalt-Filed
Prinsip-prinsip belajar
Syarat agar peserta didik berhasil belajar
Cara belajar yang baik
Strategi mempelajar buku teks (melalui SQ3R)
BAB 2. KONSEP DAN MAKNA PEMBELAJARAN
A. Arti dan Makna Pembelajaran
Konsep pembelajaranResource based learning
B. Pendekatan Belajar dan Pembelajaran
Pendekatan konsep dan pendekatan prosesPendekatan deduktif dan pendekatan induktif
Pendekatan ekspositori dan pendekatan heuristik
Pendekatan kecerdasan
Pendekatan konstekstual
C. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak
Pandangan nativismePandangan naturalisme
Pandangan empirisme
Pandangan konvergensi atau interaksionisme
D. Motivasi menciptakan suasana belajar yang fun (menyenangkan)
BAB 3. KONSEP DASAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN
A. Arti dan makna psikologi dalam pendidikan
Arti penting psikologi pendidikanTujuan dan kegunaan mempelajari psikologi pendidikan
Kekuatan-kekuatan umum jiwa manusia
B. Aktivitas Kejiwaan
Pengamatan inderaTanggapan
Fantasi
Ingatan
Pikiran dan berpikir
Perhatian
Perasaan
Kemauan
C. Pentingnya pengetahuan psikologi pendidikan bagi guru
BAB 4. PERENCANAAN PENGAJARAN DALAM PEMBELAJARAN
A. Perencanaan pengajaran dalam kegiatan pembelajaran
Pengertian dan tujuan dalam perencanaan pengajaranFungsi-fungsi manajemen dalam pembelajaran
B. Prinsip Perencanaan Pengajaran
Prinsip-prinsip pengajaran dalam perencanaan pengajaranKonsep pendekatan sistem dalam pengajaran
Refleksi penyusunan perencanaan pengajaran
BAB 5. MODEL MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN
A. Arti model mengajar dalam pembelajaran
Problematika dan kasus model-model pengajaranArti dan makna model-model pengajaran
B. Pendekatan dalam model mengajar
Pendekatan inquiry/ Discovery atau model personalPendekatan tingkah laku (behavioral model)
C. Menggunakan berbagai metode dalam proses belajar mengajar
Model mengajar menggunakan metode ceramahModel mengajar menggunakan metode Tanya jawab (respons)
Model mengajar menggunakan metode diskusi
Model mengajar menggunakan metode demonstrasi
Model mengajar menggunakan metode sosiodrama
Model mengajar menggunakan metode karyawisata
Model mengajar menggunakan metode kerja kelompok
Model mengajar menggunakan metode latihan
Model mengajar menggunakan metode pemberian tugas
Model mengajar menggunakan metode eksperimen
D. Strategi dalam model mengajar
Konsep dasar strategi belajar mengajarSasaran kegiatan belajar mengajar
Tahapan mengajar
BAB 6. PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
PendahuluanKonsep pengembangan kurikulum
Divesifikasi kurikulum
Landasan pengembangan kurikulum
Prinsip-prinsip
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
maaf, alamat toko bukunya dimana?
BalasHapusJL. Kebangkitan Nasional, Toko Buku No. 21-22 Belakang Sriwedari, Solo, Jawa Tengah.
HapusUntuk pesan buku bisa langsung sms ke HP 085725363887.