Judul | : | TEKNIK MENGAJAR SECARA SISTEMATIS | |
Pengarang | : | w. James Popham; Eva L. Baker | |
Penerbit | : | Rineka Cipta | |
ISBN | : | 978-979-518-255-9 | |
Cetakan Ke | : | cet. 6 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | ix + 157 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 14,5 x 21 cm | |
Berat | : | 200 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 36.000 | discont 15% |
Bayar | : | Rp. 28.800 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. INTIUSI DAN
VERIFIKASI
Guru
Guru yang Berbakat dan Profesional
Perlu Suatu Model Instruksional yang Sederhana
BAB 2. MODEL
INTRUKSIONAL YANG BERACUAN TUJUAN
Efektivitas Pengajaran
Model Intruksional yang Beracuan Tujuan
Model Instruksional
Penentuan Tujuan-tujuan yang Spesifik
Penilaian Pendahuluan
Pengajaran
Penilaian
Pusat Perhatian : Siswa
BAB 3. TUJUAN
INTRUKSIONAL
Tujuan yang Dirumuskan Secara Operasional
Perilaku dan Hasil Siswa
Bentuk Rumusan yang Operasional Hanya Menunjukkan Hal-hal
yang Tidak Penting?
Memilih Tujuan Intruksilonal yang Tepat
Preferensi Nilai Guru
Analisis Taksonomi
Segi Kognitif
Segi Afektif
Segi Psikomotoris
Alat-alat Pengukur untuk Segi Afektif
Menetapkan Standar Prestasi
Taraf Prestasi Minimal Siswa
Taraf Prestasi Minimal Kelas
Siswa yang Akan Dihadapi
Tujuan Intruksional Sebagai Titik Tolak
BAB 4. KEPUTUSAN
KURIKUKLER
Kurikulum
Model Pemilihan Tujuan
Siswa
Masyarakat
Bidang Studi Sebagai Sumber Tujuan
Saringan Pertama : Filsafat Pendidikan
Saringan Kedua : Psikologi Belajar
Tujuan yang Operasional
Tujuan-tujuan yang Ada dalam Linkup Pengaruh Guru
Ringkasan
BAB 5. MENGANALISIS
TUJUAN INSTRUKSIONAL
Masalah Mengurutkan
Model Gagne
Pendekatan taksonomis
Pendekatan Lain
Ringkasan
Penilaian-Pendahuluan
Tujuan Akhir
Tujuan Antara
Perilaku Mula
Tes Perilaku yang Formal
Atau Informal
Komentar Umum
BAB 6. MERENCANAKAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
Memberitahukan Tujuan
Memahami Maksud
Latihan yang Sesuai
Latihan yang Sama
Latihan yang Sejenis
Tahu Hasil
Pengajaran yang Dibedakan
Pencapaian Tujuan Afektif
BAB 7. TRANSAKSI
INTRUKSIONAL
Ceramah
Perencanaannya
Penyampaiannya
Diskusi
Perencanaannya
Penyelenggaraannya
Demonstrasi
Tanya-Jawab
Kegiatan-kegiatan Lain
Rencana Pelajaran
Satuan Pelajaran
Penggunaan Bahan Pengajaran Berpogram
BAB 8. PENGELOLAAN
KELAS
“Kebenaran-kebenaran” Umum
Menerapkan Suatu Sistem
Ganjaran yang Berarti
Menjelaskan Peraturan
Menjelaskan Penilaian Watak
Masalah-masalah yang Ditimbulkan oleh Insiden
Mendekati
Memberikab Isyarat
Mengadakan Humor
Tidak Mengacuhkan
Menggunakan Teknik yang Keras
Gangguan Terhadap Kelas Pada Umumnya
Mengadakan Diskusi Secara Terbuka
Memberikan Penjelasan tentang Prosedur
Mengadakan Analisa
Mengadakan Perubahan Kegiatan
Teknik-teknik Terakhir
Mengimbau
Memberikan Hukuman
Ringkasan
BAB 9. EVALUASI
PENGAJARAN
merencanakan Suatu Tes
merencanakan Suatu Tes
Pemilihan Butir Tes
Bentuk-bentuk Butir Tes
Butir-butir Tes Pilihan
Butir-butir Tes Susunan
Penafsiran Hasil-hasil Tes
Pemberian Nilai
BAB 10. GURU SEBAGAI
PEMAKAI HASIL PENELITIAN
GURU SEBAGAI PENGUJI
HIPOTESIS
BAB 11. PRAKTEK
KEGURUAN DALAM KELAS
Perencanaan Mengajar
Metode Mengajar
Mengenal Murid
Penilaian, Pencatatan, dan Pelaporan Kemajuan Murid
Kepemimpinan dan Kedisiplinan Kelas
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar