Judul | : | CREATIVE LEARNING (Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreativitas Siswa) | |
Pengarang | : | Florence Beetlestone | |
Penerbit | : | Nusamedia | |
ISBN | : | 979-1305-42-6 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 3 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xxiv + 260 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 14 x 21 cm | |
Berat | : | 400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 45.000 | discont 15% |
Bayar | : | Rp. 38.250 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
PENDAHULUAN
Kreatifitas sebagai sebuah Bentuk Pembelajaran
Representasi
Produktifitas
Originalis
Berpikir Kreatif/Menyelesaikan Masalah
Alam Semesta/Ciptaan-Alam
KREATIFITAS DAN
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Kreatifitas, Pembelajaran dan Anak
Piaget
Bruner
Vigotsky
Kreatifitas, Pembelajaran, dan Guru
-
Melihat Manfaat Kreatifitas
-
Observasi dengan Seksama
-
Tema-tema Lintasan Kutrikulum
-
Bekrja dengan Cerita
-
Bekerja dengan Tematis
Memahami Perkembangan Konsep
Konteks bagi Kreatifitas dan Pembelajaran
-
Kreatifitas Pembelajaran dan Kurikulum
Beberapa Pertimbangan utama dalam Penilaian
-
Pada Anak
-
Pada Guru
-
Pada Konteks
Beberapa Strategi untuk Perubahan
-
Delapan Alasan yang Baik untuk Berkegiatan dalam
Lingkaran
-
Menggunakan Catatan Harian Pembelajaran
-
Pedoman Menggunakan Catatan Harian pemnbelajaran
Rangkuman
KREATIFITAS DAN
KESEMPATAN YANG SAMA
Pendahuluan
Kreatifitas adalah untuk Semua Orang
Kreatifitas, Kesempatan yang Sama dan Anak
-
Anak-anak Berkebutuhan Kusus
-
Perbedaan Gender
-
Relevansi Budaya
Kreatifitas, Kesempatan yang Setara, dan Guru
-
Membuka Kesempatan yang Ekspresif
-
Pendekatan Kreatif dan Interasi
-
Mendorong Independensi
-
Memperluas Dukungan Kelompok Sebaya
-
Bekerja Bersama Orang Tua
-
Memonitor dan menilai Keseimbangan
-
Mengkaji Sikap Kita Sendiri
-
Penstereotipan
Konteks Untuk Kreatifitas dan Kesempatan yang Sama
-
Memanfaatkan Televisi untuk Mengeksplorasi Sikap
-
Mengeksplorasi Cerita-cerita yang Buruk
-
Menggunakan Diskusi dan Display – Konteks Ruang Kelas
Beberapa Pertimbangan Utama dalam Penilaian
-
Pada Anak
-
Pada Guru
-
Pada Konteks
Beberapa Strategi untuk Perubahan
-
Seni
-
Music, Tari, Gerakan, dan Literasi
-
Drama
-
Agama
-
Matematika/Sains
-
Teknik Informasi
-
Geografi, Sejarah, dan Teknologi
-
Bidang-bidang yang Harus Dipertimbangkan dalam Masalah
Bias Gender
Rangkuman
PROSES KREATIF DAN
PRODUKNYA
Pendahuluan
Proses Kreatif dan Anak
-
Motifasi dan Keterlibatan dengan Proses
-
Perkembangan Kreatif
-
Kreasi dan Destruksi
-
Kepemilikan Proses versus Kepemilikan Produk
Proses Kreatif, Produk,dan Guru
-
Memahami Kepamilikan
-
Perkembagan Estetika
-
Selera yang Baik dan Buruk
-
Bentuk-bentuk Artistik Tertulis dan yang Diekspresikan
Konteks Proses Kreatif
-
Tekanan dari Luar
-
Memberikan Bukti Pembelajaran
Beberapa Pertimbangan Utama dalam Penilaian
-
Pada Anak
-
Pada Guru
-
Pada Konteks
Beberapa Strategi untuk Perubahan
-
Membangun Sensitifitas
-
Menggunakan Display untuk Meningkatkan Proses Kreatif
Rangkuman
KREATIFITAS DAN
IMAJINASI
Pendahuluan
Imajinasi dan Anak
-
Kreatifitas dan Bermain
Imajinasi, Kreatifitas, dan Bermain
-
Berpikir Konvergen dan Divergen
-
Mengelola Non-Konvormitas
-
Mendukung Imajinasi di dalam Kelas
Konteks untuk Mendorong Perilaku Imajinatif
-
Hambatan-hambatan Sosial – Penilaian
-
Seni, Kemampuan Mengendara, dan Konfirmasi
Hambatan-hambatan Sosial – Kurikulum
-
Mengajarkan Kreatifitas di dalam dan Luar Sistem Negara
Beberapa Pertimbangan Utama dalam Penilaian
-
Pada Anak
-
Pada Guru
-
Pada Konteks
Beberapa Strategi untuk Perubahan
-
Bermain Imajinatif
-
Sumber-sumber untuk Mendorong Penggujnaan Imajinasi
-
Mendorong Kesadaran Indrawi
-
Mengajar Imajinatif melalui Sejumlah Strategi
Pengajaran
Rangkuman
KREATIFITAS DAN
ORIGINALITAS
Pendahuluan
Kreatifitas, Originalitas, dan Anak
Tenaga Kreatifitas dan Menganalisis Respon-respon Kreatif
Beberapa Strategi Untuk Mengajarkan Kreatifitas
-
Merencanakan Pengajaran yang Kreatif
-
Menangani Hambatan
-
Peran Guru dalam Mendorong Kreatifitas
-
Mengelola Kelas – Berbagai Tanggung Jawab
-
Pembagian Waktu yang Adil untuk berbikir Kreatif
-
Mengelola Bantuan orang Dewasa
-
Memenuhi Kebutuhan Kelompok dan Individual
Konteks untuk
Membangun originalitas
-
Iklim yang Sesuai bagi Originalitas – Kelas
-
Iklim Fisik
-
Iklim Intelektual
-
Iklim Emosional dan Peraturan Kelas
-
Iklim yang Sesuai bagi Kreatifitas – Konteks yang Lebih
Luas
-
Kerja Sama Orang Tua dan Komunitas
-
Mengubah Bentuk Organisasi
-
Perubahan Konteks Pelatihan
Beberapa Pertimbangan Utama dalam Penilaian
-
Pada Anak
-
Pada Guru
-
Pada Konteks
Beberapa Strategi untuk Perubahan
-
Stress – Mengatasi Perubahan
-
Jurnal-jurnal Reflektif
-
Unsur-unsur Kunci yang Dibutuhkan untuk Mengajar Secara
Kreatif
Rangkuman
KREATIFITAS DAN ALAM
Pendahuluan
Alam, Kreatifitas, dan Anak
-
Manfaat Berkebun
-
Alam – Sumber Kekayaan dalam Inspirasi
-
Pentingnya Pengalaman Langsung
-
Penggujnaan Sumber daya Alamiah
Alam Kreatifitas dan Guru
-
Di dalam Kelas
-
Menggunakan Area Luar Ruangan untuk Kegiatan Kelas
-
Pengaruh Cuaca Terhadap Mod dan Motivasi
Kreatifitas dalam Konteks Alam
-
Bangunan Sekolah
-
Mengembangkan Lingkungan Luar Kelas
-
Lingkungan yang Lebih Luas
-
Beberapa Pertimbangan Utama dalam Pnilaian
-
Pada Anak
-
Pada Guru
-
Pada Konteks
Beberapa Strategi untuk Perubahan
-
Pengembangan Skil dan Pengalaman Langsung dengan Alam
-
Memanfaatkan Cuaca untuk Meningkatkan Pembelajaran
-
Merancang Kebun Sekolah
Rangkuman
Catatan
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar