Judul | : | PENANGANAN EFEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH | |
Pengarang | : | Drs. Ridwan, M.Pd | |
Penerbit | : | Pustaka Pelajar | |
ISBN | : | 979-9075-38-6 | |
Cetakan Ke | : | 3 | |
Tahun Terbit | : | 2008 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xvi + 335 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 21 cm | |
Berat | : | 450 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 45.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 36.000 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. BIMBINGAN DAN KONSELING DAN MANAGEMEN PENANGANAN EFEKTIF
PendahuluanAdministrasi, organisasi, dan Managemen Bimbingan
- Sekilas tentang Administrasi dan Managemen
- Administrasi, Managemen dan Organisasi
- Organisasi, Administrasi dan Managemen Penanganan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Managemen Penangan Efektif
- Prinsip-prinsip Penangan dan Orientasi pada Warga Sekolah
- Penanganan Secara Masal dan Melalui Sasaran
- Penanganan Efektif: Tekanan Utama
- Penanganan Efektif: Tekanan Khusus
- Kriterium Penangan Efektif
- Guru Pembimbing Sebagai Instrumen Utama
- Mengubah Ide menjadi Tindakan
Model Perencanaan dan Evolusi program Bimbingan dan Konseling
BAB 2. PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENANGANAN EFEKTIF
Variabel-variabel Dalam Penangan Efektif- Variabel Satuan Layanan dan Satuan Kegiatan Pendukung sebagai Produk Perencanaan Program
- Variabel Manajemen Siklus Implementasi Program
- Variabel Manajemen Saluran Penangan
- Variabel Evaluasi untuk Memberikan Informasi
Pengambilan Keputusan untuk Setiap Variabel Penangan Efektif
- Keputusan dalam Pembuatan Satuan Layanan dan Kegiatan Pendukung
- Keputusan dalam Manajemen Siklus Implementasi Program
- Keputusan dalam Manajemen Saluran Penangan
- Keputusan dalam Menilai
Kriteria Keputusan yang Baik
Penggolongan Produk Perencanaan Program
- Makna Produk Perencanaan Program
- Penggolongan Produk Perencanaan
BAB 3. PERILAKU DAN KINERJA WARGA SEKOLAH
PengajarMencoba Memahami Sifat-sifat Manusia
- Manusia Berbeda perilakunya karena kemampuannya tidak sama
- Manusia mempunyai kebutuhan yang berbeda
- Orang berpikir tentang masa depan dan membuat pilihan tentang bagaimana bertindak
- Seseorang memahami lingkungan dalam hubungannya dengan pengalaman masa lalu dan kebutuhannya
- Banyak faktor yang menentukan sikap dan perilaku seseorang
Memahami Personil pelaksana yang menduduki jabatan
BAB 4. KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN SISWA
Fakta-fakta Penting Tentang Perkembangan SiswaPerkembangan Siswa Masa Puber
- Ciri-ciri masa puber
- Akibat perubahan pada masa puber
- Bahaya pada masa puber
Perkembangan Siswa pada Masa Remaja
- Ciri-ciri masa remaja
- Beberapa minat siswa masa remaja
- Bahaya pada siswa masa remaja
Tugas-tugas Perkembangan Siswa
Fakta Penting Tentang Kebahagiaan Siswa
BAB 5. PENELAAHAN KEBUTUHAN BIMBINGAN DAN KONSELING DAN PENELAAHAN KEBIASAAN KERJA PERSONIL
Beberapa Istilah PentingKebutuhan akan Bimbingan dan Konseling dan Kinerja untuk Memenuhinya
Penelaahan Kebutuhan dan Konseling
- Penelaahan kebutuhan eksternal
- Penelaahan kebutuhan subjek sasaran akan bimbingan dan konseling, secara internal
- Langkah-langkah penelaahan kebutuhan
Penelaahan Kebiasaan Kerja Personil Pelaksana
Pengambilan Keputusan dalam Perumusan Tujuan
BAB 6. STRATEGI DAN TAKTIK MENCAPAI TUJUAN
PengertianPentingnya Perencanaan
Strategi dan Taktik Mencapai Tujuan Penanganan
- Strategi mencapai tujuan dan pencapaiannya secara bertahap
- Taktik untuk penampilan proses efektif
- Rekapitulasi program
Anggaran Biaya Penanganan Efektif
- Pendekatan subjektif
- Pendekatan tugas
- Pendekatan normatif
BAB 7. SIKLUS IMPLEMENTASI PROGRAM
Pengertian dan Tahap-tahap Siklus Implementasi- Tahap perkenalan
- Tahap pelaksanaan
- Tahap pemantapan
- Tahap Pencapaian tujuan
- Tahap tindak lanjut
Waktu untuk Masing-masing Tahap
BAB 8. MANAJEMEN SALURAN PENANGANAN
Saluran Penangan Efektif- Pengertian saluran penanganan
- Beda manajemen saluran penanganan dengan sosialisasi program
- Saluran atau jaringan penanganan efektif
Perencanaan dan Implementasi Manajemen Saluran
- Perencanaan manajemen saluran
- Implementasi manajemen saluran penanganan
Mengatasi Konflik
- Guru pembimbing dan konflik
- Manfaat konflik
- Sumber-sumber konflik
- Strategi menghadapi konflik
BAB 9. EVALUASI PROSES DAN HASIL SERTA TINDAK LANJUTNYA
Konsep Evaluasi dalam Penanganan Efektif- Diskripsi Model-model evaluasi
- Mempertimbangkan berbagai model evaluasi dalam penanganan efektif
Menilai Proses dan Hasil Penanganan
- Mengembangkan alat ukur
- Mengembangkan kriteria penilaian
- Penilaian formatif
- Penilaian proses
- Menilai diri sendiri
- Evaluasi hasil
- Perolehan siswa dan guru pembimbing
- Menilai dampak keseluruhan program
Tindak Lanjut Penanganan
DAFTAR PUSTAKA
INDEKS
KURIKULUM VITAE
Buku yang juga sangat perlu anda baca :
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar