Judul | : | BIMBINGAN DAN PENYULUHAN | |
Pengarang | : | Drs. Hamdani, M.A. | |
Penerbit | : | Pustaka Setia | |
ISBN | : | 978-979-076-199-5 | |
Cetakan Ke | : | 1 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 312 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 39.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 31.200 | |
Stock | : | Tersedia |
DAFTAR ISI :
BAB 1. PENDAHULUAN
Kerjasama antara guru dan orangtuaPeranan guru dalam pelayanan BK
Peningkatan profesionalisme uru pembimbing
BAB 2. PENGERTIAN DAN KEDUDUKAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN (BP)
Sejarah munculnya bimbingan penyuluhan- Pra lahirnya pola 17
- Lahirnya pola 17
- Penyempurnaan pola 17+
Landasan Bimbingan dan Konseling
- Landasan historis bimbingan dan konseling
- Landasan religius
- Landasan filosofis
- Landasan psikologis
- Landasan sosial-budaya
- Landasan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
Hubungan antarlandasan bimbingan dan konseling
Konsep bimbingan dan konseling
Bimbingan dan penyuluhan (konseling)
- Pengertian bimbingan
- Pengertian konseling
Hubungan bimbingan dengan konseling
Hakikat bimbingan dan konseling di SD
- Fungsi bimbingan dan konseling di SD/ MI
- Prinsip-prinsip bimbingan konseling di SD
- Kegiatan BK dalam kurikulum berbasis kompetensi di SD
- Peran guru kelas dalam kegiatan BK di SD
BAB 3. TUJUAN DAN FUNGSI BIMBINGAN DAN PENYULUHAN
Tujuan bimbingan dan konseling di sekolahFungsi bimbingan dan konseling di sekolah
- Fungsi penyaluran
- Fungsi penyesuaian
- Fungsi pengadaptasian
- Fungsi pemahaman
- Fungsi preventif
- Fungsi pemeliharaan dan pengembangan
- Fungsi advokasi
- Fungsi perbaikan (penyembuhan)
- Fungsi fasilitasi
- Fungsi penyesuaian
Prinsip dan asas bimbingan dan konseling
- Prinsip-prinsip bimbingan dan konseling di sekolah
- Asas-asas bimbingan dan konseling di sekolah
Teknik bimbingan dan konseling
Jenis layanan bimbingan dan konseling
Implikasi kognitif dalam proses belajar mengajar
- Peran pengawas dalam pengembangan layanan bimbingan dan konseling di sekolah
- Posisi bimbingan konseling
- Bimbingan konseling dan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah
Evaluasi program bimbingan dan konseling
BAB 4. SASARAN DAN RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN DI SEKOLAH
Prosedur umum layanan bimbingan dan konselingNilai dalam layanan bimbingan dan konseling
Pengembangan diri dalam bimbingan dan konseling
Program bimbingan dan konseling di sekolah
- Kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah
- Penilaian program bimbingan dan konseling di sekolah
Arah kegiatan bimbingan dan konseling
Pendekatan bimbingan konseling
BAB 5. JENIS-JENIS MASALAH MURID SD/MI DAN USAHA PENANGANANNYA
Pengertian masalah dalam proses belajar siswa- Pengelompokan masalah siswa
- Asumsi tingkah laku bermasalah
Bimbingan pada siswa dengan hambatan berpikir
Strategi layanan bimbingan dan konseling
Perkembangan dan peruahan perilaku dalam belajar
- Hakikat anak dengan problem belajar
- Pengertian problem belajar anak
- anak yang mengalami problem belajar
Dimensi kesulitan belajar bagi siswa
Faktor-faktor penyebab anak mengalami problem belajar
- Perbedaan tingkat kecerdasan
- Perbedaan kreativitas
- Perbedaan kelaianan/ cacat
- Perbedaan kebutuhan khusus
- Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan kognisi
- Prevalensi anak dengan problem belajar
Upaya penanganan siswa bermasalah di sekolah
- Pendidikan anak berbakat
- Guru bagi anak berbakat
- Karakteristik guru bagi anak berbakat
- Persiapan menjadi guru anak berbakat
Program kecakapan hidup
-Membangkitkan kreativitas siswa
- Pengaturan ruang kelas
BAB 6. BENTUK PELAYANAN DAN BIMBINGAN DALAM AGAMA ISLAM
Pengertian kesehatan mentalPeranan agama dalam bimbingan penyuluhan
Pengertian bimbingan konseling Islam
Layanan bimbingan konseling Islam
Konsep dasar terali realistis
Bimbingan Konseling bagi keluarga dalam Islam
Peranan bimbingan belajar bagi siswa SD/MI
DAFTAR PUSTAKA
Buku yang juga sangat perlu anda baca :
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar