Judul | : | STRATEGI BELAJAR MENGAJAR | |
Pengarang | : | Drs. Hamdani, M.A. | |
Penerbit | : | Pustaka Setia | |
ISBN | : | 978-979-076-161-2 | |
Cetakan Ke | : | 10 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 344 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 55.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 44.000 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. PENGERTIAN DAN TUJUAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Hakikat Belajar Mengajar- Pengertian Strategi
- Strategi Pengajaran
- Pengertian Belajar
Hakikat Pembelajaran
Perbedaan Model Pembelajaran
- Model Pengembangan Perangkat Menurut Kemp.
- Model Pengembangan Pembelajaran menurut Dick dan Carey
- Model Pengembangan 4-D
- Model PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional)
Pembelajaran Kooperatif
- Pengertian Pembelajaran Kooperatif
- Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif
- Aplikasi Pembelajaran Kooperatif
- Ketrampilan Kooperatif
- Fase-fase Pembelajaran Kooperatif
- Pendekatan dalam Pembelajaran Kooperatif
Klasifikasi Strategi Belajar Mengajar
- Pendekatan Konsep
- Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)
Ciri-Ciri Pembelajaran
- Komponen-komponen Pembelajaran
- Strategi Active Learning
Pemilihan Strategi Belajar Mengajar
- Efisiensi
- Efektivitas
- Kriteria Lain
Merencanakan Program Belajar Mengajar
- Melaksanakan Proses Belajar Mengajar
- Melaksanakan Penilaian Proses Belajar Mengajar
Ketuntansan Belajar
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketuntasan Belajar
- Langkah-langkah atau Prosedur Pelaksanaan Ketutasan Belajar
- Efektivitas Sistem Pembelajaran Kooperatif
Desain Sistem Pembelajaran Online Learning
- Behaviorisme dan online learning
- Kognitivisme dan online learning
- Konstruktivisme dan online learning
Belajar dan Perubahan Perilaku
- Perubahan yang Didasari dan Disengaja (Intensional)
- Perubahan yang Berkesinambungan (kontinu)
- Perubahan yang Fungsional
- Perubahan yang Bersifat Positif
- Perubahan yang Bersifat Aktif
- Perubahan yang Bersifat Permanen
- Perubahan yang Bertujuan dan Terarah
- Perubahan Perilaku secara Keseluruhan
BAB 2. HAKIKAT SISTEM PENGEMBANGAN BELAJAR MENGAJAR
Belajar dan Proses Pembelajaran- Media dan Proses Pembelajaran
- Media Pembelajaran, Media Animasi dan Lembar Kerja Siswa (LKS)
- Lembar Kerja Siswa (LKS)
Pengertian Metode Pembelajaran
- Metode Pembelajaran
- Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Model-Model Pembelajaran
- Metode Role Playing
- Pembelajaran Berdasarkan Masalah
- Cooperative Script
- Picture and Picture
- Numbered Heads Together
- Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation)
- Metode Jigsaw
- Metode Team Games Turnament (TGT)
- Model Student Teams - Achievement Divisions (STAD)
- Model Examples Non Examples
- Model Lesson Study
Konsep Pembelajaran Tematik
Model Pembelajaran PAKEM
- Memahami Sifat yang Dinamik Anak
- Mengenal Anak secara Perorangan
- Memanfaatkan Perilaku Anak dalam Pengorganisasian Belajar
- Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif dan Kemampuan Memecahkan Masalah
- Mengembangkan Ruang Kelas sebagai Lingkungan Belajar yang Menarik
- Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar
- Memberikan Umpan Balik yang Baik untuk Meningkatkan Kegiatan Belajar
- Membedakan antara Aktif Fisik dan Aktif Mental
Pengertian Active Learning (Belajar Aktif)
- Glasgow 1996 (Doing science)
- Modell and Michael 1993 (Promoting Active Learning in Life Science Classrooms)
- UC Davis TAC (Handbook)
Penerapan Penggunaan Pendekatan Active Learning
- Buatlah Pembelajaran Matematika yang Berorientasi Dunia Sekitar Siswa
- Berikan Siswa Kebebasan Bergerak
- Tuntaskan dalam Mengajar
- Belajar sambil Bermain
- Harmonisasi Hubungan Guru, Siswa, dan Orangtua
Penerapan E-Learning di Indonesia
- Peran Komputer bagi Pendidikan Anak
- Pengertian E-Learning
- Pengertian yang Terkait E-Learning
Jenis-Jenis Sumber Belajar
- Pengertian Bahan Ajar
- Fungsi Bahan Ajar
- Klasifikasi Bahan Ajar
- Tujuan Bahan Ajar
- Ruang Lingkup Bahan Ajar
Bermain Sambil Belajar
Supervisi Meningkatkan Proses Pembelajaran
Prestasi Belajar
- Pengertian Prestasi Belajar
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
- Batas Minimal Prestasi Belajar
BAB 3. MODEL PENGEMBANGAN SISTEM INSTRUKSONAL
Model Pengembangan Instruksional- Aplikasi Penerapan Model-model Pengembangan Instruksional
Strategi Merancang Tujuan Instruksional
- Kawasan Kognitif (Pemahaman)
- Kawasan Afektif (Sikap dan Perilaku)
- Kawasan Psikomotor (Psychomotor Domain)
Strategi Memilih Metode Instruksional
- Tujuan Instruksional
- Pengetahuan Awal Siswa
- Bidang Studi atau Pokok Bahasan
- Alokasi Waktu dan Sarana Penunjang
- Jumlah Siswa
- Pengalaman dan Kewibawaan Pengajar
Metode-Metode Instruksional
- Metode Ceramah (Lecture)
- Metode Demonstrasi dan Eksperimen
- Metode Tanya Jawab
- Metode Penampilan
- Metode Diskusi
- Metode Studi Mandiri
- Metode Pembelajaran Terpogram
- Metode Latihan Bersama Teman
- Metode Simulasi
- Metode Pemecahan Masalah
- Metode Studi Kasus
- Metode Insiden
- Metode Praktikum
- Metode Proyek
- Metode Bermain Peran
- Metode Seminar
- Metode Simposium
- Metode Tutorial
- Metode Deduktif
- Metode Induktif
Hakikat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
- Pembelajaran Kooperatif
- Prosedur Instruksional dengan Menggunakan Berbagai Pendekatan
- Desain Sistem Instruksional
ADDIE untuk Membangun Sistem Kesiswaan
Model Desain Sistem Instruksional Berorientasi Pencapaian Kompetensi (DSI-PK)
Pengembangan Desain Pembelajaran
- Hubungan antara Desain Pembelajaran dan Pendidikan
- Model-model Pengembangan Desain Instruksional
- Memilih Model Desain Pembelajaran
- Pengembangan Desain Pembelajaran
Model Belajar Inkuiri
- Expository dan Discovery atau Inquiry
- Discovery dan Inquiry
Pengembangan Media Pendidikan
- Media Pendidikan
- Klasifikasi dan Jenis Media
- Media yang tidak Diproyeksikan
- Media Video
- Media Berbasis Komputer
- Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar Mengajar
- Tujuan Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar Mengajar
Multimedia Pembelajaran Interaktif
- Pengetian
- Manfaat Multimedia Pembelajaran
- Karakteristik Media dalam Multimedia Pembelajaran
- Format Multimedia Pembelajaran
Kualitas Pembelajaran
- Learning to Know
- Learning to do
- Learning to Live Together
- Learning to be
BAB 4. RENCANA PENGEMBANGAN, TUJUAN DAN BAHAN PEMBELAJARAN
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)- Fungsi
- Prinsip Pengembangan
- Langkah-Langkah Pengembangan
- Cara Penyusunan RPP
- Format RPP
Strategi Pembelajaran Aktif
Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul
- Pengertian Bahan Ajar
- Ragam Bentuk Bahan Ajar
- Pengertian Modul
- Tujuan dan Manfaat Penyusunan Modul
- Prinsip-Prinsip Penyusunan Modul Pembelajaran
- Alur Penyusunan Modul
- Pengisian Format
Perbedaan Bahan Ajar dan Sumber Belajar
- Pengertian Sumber Belajar
Teori Belajar Andragogi
- Pengertian Teori Belajar Andragogi
- Perkembangan Teori Belajar Andragogi
- Asumsi-asumsi Pokok Teori Belajar Andragogi
- Andragogi dan Psikologi Perkembangan
- Pengaruh Penurunan Faktor Fisik dalam Belajar
- Langkah-langkah Pokok dalam Andragogi
- Perbandingan Asumsi dan Model Pedagogi dan Andragogi
- Keunggulan dan Kelemahan Teori Belajar Andragogi
Penegasan Istilah
BAB 5. MEDIA DAN METODE PENGAJARAN
Pengertian Media PembelajaranFungsi Media Pembelajaran
Jenis Peranan Media Pembelajaran
- Media Visual
- Media Audio
- Media Audio Visual
Jenis-Jenis Media Pembelajaran
- Media Grafis
- Teks
- Audio
- Grafik
- Animasi
- Video
Ciri Media Pembelajaran
- Landasan Penggunaan Media Pembelajaran
- Klasifikasi Media dan Sumber Belajar
- Kriteria Pemilihan Media dan Sumber Belajar
- Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar
Pengertian Media Pendidikan
- Jenis Media Pendidikan
- Media Pengajaran Geografi
- Media Gambar Medium (Jamak, Media) adalah sebuah Saluran Komunikasi
Kelebihan dan Kelemahan Metode Mengajar
Teori dan Motivasi Belajar
- Teori Belajar Dienes
- Teori Belajar Brownell dan Van Engen
- Teori Belajar Gagne
BAB 6. TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI DAN UMPAN BALIK PENGAJARAN
Pengertian Kedudukan dan Syarat Evaluasi- Pengertian Evaluasi
- Perbedaan Pengukuran dan Penilaian
- Pengertian, Tujuan dan Prinsip Penilaian
- Prinsip-Prinsip Penilaian Hasil Belajar
- Jenis-Jenis Evaluasi
Fungsi dan Tujuan Evaluasi
Jenis-Jenis Evaluasi Belajar
- Evaluasi Formatif
- Evaluasi Sumatif
- Evaluasi Penempatan
- Evaluasi Diagnostik
Perbedaan Evaluasi Formatif dan Evaluasi Sumatif
Kriteria Evaluasi
- Standar Penilaian yang Mutlak
- Standar yang Relatif
- Instrumen Evaluasi
- Prosedur Pelaksanaan Evalauasi
Penyusunan Instrumen Nontes
Desain Evaluasi
Kedudukan Evaluasi dalam Proses Pendidikan
Umpan Balik dan Penguatan Belajar
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
- Merumuskan Masalah
- Mengawali Masalah Penelitian
- Keberhasilan PTK
DAFTAR PUSTAKA
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
bukunya masih ada ga?
BalasHapusMaaf baru balas. Beberapa hari speedy putus, dan baru bisa hari ini.
HapusStok masih banyak, mau membutuhkan berapa. Untuk konfirmasi lebih cepat bisa via sms ke HP. 085725363887.
Sekalian sms nama dan alamat lengkap untuk cek ongkos kirimnya.
Terimakasih.
saya mau cari buku yang membahas khusus discovery learning ada gak? ditunggu balasannya
BalasHapusmaaf, buku untuk membahas khusus discovery learning belum ada. terimakasih
HapusAda. Silahkan cek link dibawah ini :
Hapushttp://www.tokobukurahma.com/pembelajaran-dan-perkembangan-belajar-khoe-yao-tung/#.V57UUBKObPE
Ada nggak buku yg membahas pendekatan discovery learning. Terima kasih
BalasHapusAda. Silahkan cek link dibawah ini :
Hapushttp://www.tokobukurahma.com/pembelajaran-dan-perkembangan-belajar-khoe-yao-tung/#.V57UUBKObPE
Ada enggak buku yang membahas strategi everyone is a teacher here yg ada kelebihan dan kekurngannya?
BalasHapusAda enggak buku yang membahas strategi everyone is a teacher here yg ada kelebihan dan kekurngannya?
BalasHapusWah, kita tidak bisa cek secara detail, kalau yg membahas everyone is a teacher here ada, silahkan klik link dibawah ini :
Hapushttps://www.tokobukurahma.com/pembelajaran-efektif-h-asis-saefuddin/#.WED2mHTQfIU
Ada buku tentang prestasi belajar?
BalasHapussilahkan cek link berikut :
Hapushttps://www.tokobukurahma.com/pengantar-evaluasi-pendidikan/#.WFovuVV97IU
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAda tidak buku yang membahas secara mendalam model examples non examples
BalasHapusAda ndak buku yg membahas tentang strategi konflik kognitif?
BalasHapusAda buku yang membahas tentang guided inquiry laboratory ?
BalasHapusAda buku yang membahas tentang guided inquiry laboratory ?
BalasHapusMaaf kak ni bukunya masih ada gk ya stokny?
BalasHapusKalau buku yg khusus membahas discovery Learning ad gk y kak?
uNTUK PESAN silahkan hubungi HP/WA 085601967147
HapusUntuk data buku yang update dan lebih lengkap silahkan KUNJUNGI www.tokobukurahma.com
bagaimana membeli buku srategi belajar mengajar ini
BalasHapushalo admin, gimana cara beli buku strategi belajar mengajar, karangan Hamdani (2011)
BalasHapus