Judul | : | EVALUASI PEMBELAJARAN (Prinsip, Teknik,Prosedur) | |
Pengarang | : | Drs. Zainel Arifin, M.Pd. | |
Penerbit | : | Rosda | |
ISBN | : | 979-692-956-2 | |
Cetakan Ke | : | 3 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | vii + 312 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 | |
Berat | : | 450 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 67.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 53.600 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. KONSEP DASAR EVALUASI
Arti evaluasi, penilaian dan pengukuranKedudukan evaluasi dalam pembelajaran
Tujuan dan fungsi pembelajaran
Ruang lingkup evaluasi pembelajaran
Prinsip-prinsip umum evaluasi pembelajaran
Jenis evaluasi pembelajaran
BAB 2. STANDAR PENILAIAN DALAM PERSPEKTIF STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
Konsep dasar pendidikan nasionalStandar Pendidikan Nasional
Landasan yuridis-formal sistem evaluasi dan standar penilaian
Standar penilaian menurut BSNP
Standar penilaian oleh pendidik
Standar penilaian oleh satuan pendidikan
Teknik penilaian menurut BSNP
Ujian Nasional: perkembangan dan permasalahannya
BAB 3. KARAKTERISTIK, MODEL DAN PENDEKATAN EVALUASI PEMBELAJARAN
Karakteristik instrumen evaluasiModel-model evaluasi
Pendekatan evaluasi
BAB 4. PROSEDUR PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN
Perencanaan evaluasiPelaksanaan evaluasi
Monitoring pelaksanaan evaluasi
Pengolahan data
Pelaporan hasil evaluasi
Penggunaan hasil evaluasi
BAB 5. PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI JENIS TES
Pengembangan Tes Bentuk UraianPengembangan tes bentuk objektif
Pengembangan tes lisan
Pengembangan tes perbuatan
BAB 6. PENGEMBANNGAN INSTRUMEN EVALUASI JENIS NOTES
ObservasiWawancara
Skala sikap
Daftar cek
Skala penilaian
Angket
Studi Kasus
Catatan insidental
Sosiometri
Inventori kepribadian
Teknik pemberian penghargaan kepada peserta didik
BAB 7. PENILAIAN BERBASIS KELAS
Pengertian Penilaian berbasis kelasTujuan dan fungsi penilaian berbasis kelas
Objek penilaian berbasis kelas
Domain dan alat penilaian berbasis kelas
Prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas
Manfaat hasil penilaian berbasis kelas
Jenis-jenis penilaian berbasis kelas
BAB 8. MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO
Dasar pemikiranPengertian penilaian portofolio
Tujuan dan fungsi penilaian portofolio
Prinsip-prinsip penilaian portofolio
Karakteristik penilaian portofolio
Kelebihan dan kekurangan penilaian portofolio
Jenis penilaian portofolio
Tahap-tahap penilaian portofolio
Bahan-bahan penilaian portofolio
BAB 9. TEKNIK PENGOLAHAN HASIL EVALUASI
Teknik pengolahan hasil tesSkor total
Konversi skor
Cara memberi skor untuk skala sikap
Cara memberi skor untuk domain psikomotor
Pengolahan data hasil tes: PAP dan PAN
BAB 10. ANALISIS KUALITAS TES DAN BUTIR SOAL
ValiditasREliabilitas
Kepraktisan
Analisis kualitas butir soal
Analisis pengecoh
Analisis homogenitas soal
Efektivitas fungsi opsi
BAB 11. PEMANFAATAN HASIL EVALUASI DAN REFLEKSI PELAKSANAAN EVALUASI
Pentingnya memanfaatkan hasil evaluasiManfaat hasil evaluasi
Refleksi pelaksanaan evaluasi
Keberhasilan pembelajaran
Evaluasi diri terhadap proses pembelajaran
Faktor-faktor penyebab kegagalan dan pendukung keberhasilan dalam pembelajaran
Mengoptimalkan proses dan hasil belajar
Pembelajran remedial
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar