Judul | : | BAHASA ARAB DAN METODE PENGAJARANNYA | |
Pengarang | : | Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A. | |
Penerbit | : | Pustaka Pelajar | |
ISBN | : | 979-3237-51-1 | |
Cetakan Ke | : | 3 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xxviii + 180 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 21 cm | |
Berat | : | 350 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 25.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 20.000 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI
BAGIAN I
EKSISTENSI BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA INTERNASIONAL
Mukaddimah
Varietas Bahasa Arab
Sistem Akra Dan Pola
Bahasa Arab dan Islam
Bahasa Arab di luar motif agama
Bahasa Arab dan keinternasionalan
Bahasa Arab di tengah-tengah bahasa dan bangsa lain
Ciri keinternasionalan
Penutup
Referensi
BAGIAN II
SUATU PENAFSIRAN PSIKODINAMIK TERHADAP METODOLOGI PENGAJARAN BAHASA ASING INOVATIF
Mukaddimah
Sekitar metode
Metode pengajaran bahasa yang inovatif (Suggestopedia, conseling learning method (CLM), The silent way)
Dikotonomi belajar mengajar bahasa
Kesimpulan : sebuah interpretasi psikodinamik
Lampiran 1. Strip story: sebuah contoh pengembangan psikodinamik di dalam pengajaran bahasa Arab.
Lampiran 2. The strip story: a catalyst for communication
Lampiran 3. Communication strips
BAGIAN III
TPR DAN KEMUNGKINAN APLIKASINYA DI DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA
Pendahuluan
Kerangka Teori
Hasil penelitian dan eksperimen
Bentuk lain
Kritik
Kesimpulan
Referensi
BAGIAN IV.
POKOK-POKOK PIKIRAN HEURISTIK DALAM METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB
Latar Belakang
Metode pengajaran bahasa asing untuk pengajaran Bahasa Arab
Metode pengajaran Bahasa Tradisional
Teknik Umum yang layak
Penutup
BAGIAN V.
TEKNOLOGI PENGAJARAN BAHASA ARAB
Mukaddimah
Klarifikasi Istilah
Pentingnya media dalam pengajaran bahasa
Macam-macam media pengajaran dan beberapa alat bantu
Pembuatan dan penggunaan media pengajaran bahasa
Penutup
Referensi
BAGIAN VI.
KALA DAN MASA DI DALAM BAHASA ARAB
Sebuah Tinjauan DeskripsifPendahuluan
Deskripstif-prespektif
Kata kerja
Fiil dan masa
Analisis dan pandangan Tammam Hassan
Penutup
Al-Marja'
BAGIAN VII
ANTROPOLINGUISTIK DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI ISLAM
Pendahuluan
Hipotesa Whorf-Sappir
Kendala komunikasi antar budaya dan faktor-faktor yang menunjang keberhasilannya
Orientasi nilai
Penutup
Referensi
BAGIAN VIII
SEBAB-SEBAB KEGAGALAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN INGGRIS DI INDONESIA PADA UMUMNYA: SEBUAH INTERPRESTASI PSIKODINAMIK
Pendahuluan
Beberapa pandangan teoritis
Dikotonomi belajar mengajar bahasa (Performance: Refleksi dan produktif; Sikap belajar: defensif dan repensif, Motivasi: integratif dan instrumental)
Kesimpulan: Sebuah interpretasi psikodinamik
Referensi
BAGIAN IX.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN KEMUNGKINAN PENERAPAN POLA BARU METODE PENGAJARANNYA DI INDONESIA
Mukaddimah
Latar belakang dan kenyataan
Problema dan kendala
Sekilas tentang sejarah pengajaran bahasa Arab
Belajar mengajar bahasa Arab di Indonesia
Menuju manajemen yang terpadu
Tinjauan paham teologis dan kultural terhadap manajemen pendidikan bahasa Arab
Penutup
Referensi
BAGIAN X.
KAJIAN KESILAPAN BAHASA ARAB
Latar belakang masalah
Permasalahan pokok
Ruang lingkup penelitian
Tujuan penelitian
Ruang lingkup penelitian
Tinjauan kepustakaan
Metodologi
Hasil penelitian
Kesimpulan
Implikasi
Referensi
BAGIAN XI
CONTOH TEKS PIDATO BAHASA ARAB OLEH SALAH SEORANG SANTRI DI SEBUAH PESANTREN
Buku
yang juga sangat penting untuk anda baca :
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar