Judul | : | KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd | |
Penerbit | : | Kencana | |
Cetakan Ke | : | Cet. 5 | |
Tahun Terbit | : | 2013 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 382 hlm | |
Kertas Isi | : | CD | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 23 cm | |
Berat | : | 400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 68,000 | diskon 15 % |
Bayar | : | Rp 57,800 | |
Stock | : | 1 |
KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
Pengarang: Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd
Penerbit: Kencana
DAFTAR ISI
BAGIAN 1. DASAR-DASAR PENGEMBANGAN
KURIKULUM
BAB 1 HAKIKAT KURIKULUM
Pengertian kurikulum
Peran dan fungsi kurikulum
Kurikulum dan pengajaran
Kurikulum ideal dan kurikulum actual
Kurikulum tersembunyi
Peran guru dalam pengembangan kurikulum
BAB 2 LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
Hakikat pengembangan kurikulum
Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
Landasan pengembangan kurikulum
BAB 3 DESAIN KURIKULUM
Desain kurikulum disiplin ilmu
Desain kurikulum berorientasi pada masyarakat
Desain kurikulum berorientasi pada siswa
Desain kurikulum teknologis
BAB 4 PENDEKATAN DAN MODEL
PENGEMBANGAN KURIKULUM
Pendekatan pengembangan kurikulum
Model-model pengembangan kurikulum
BAB 5 PENGEMBANGAN TUJUAN DAN ISI KURIKULUM
Pendahuluan
Pengembangan tujuan kurikulum
Pengembangan materi kurikulum
BAGIAN 2. KURIKULUM TINGKAT SATUAN
PENDIDIKAN
BAB 6 HAKIKAT KURIKULUM TINGKAT
SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
Pendahuluan
Pengertian dan karakteristik KTSP
Tujuan KTSP
Dasar penyusunan KTSP
Komponen KTSP
Proses penyusunan KTSP
BAB 7 PENGEMBANGAN DOKUMEN KTSP
Pendahuluan
Pengembangan dokumen satu KTSP
Pengembangan dokumen dua KTSP
BAGIAN 3. PEMBELAJARAN SEBAGAI
IMPLEMENTASI KURIKULUM
BAB 8 SISTEM PEMBELAJARAN
Pengertian dan kegunaan system
Factor-faktor yang berpengaruh terhadap system pembelajaran
Komponen-komponen system pembelajaran
BAB 9 MENGAJAR DAN BELAJAR DALAM
IMPLEMENTASI KURIKULUM
Konsep dasar mengajar
Makna mengajar
Prinsip mengajar
Makna belajar
Teori-teori belajar
BAB 10 FAKTOR PSIKOLOGIS DALAM
BELAJAR
Motivasi
Pengamatan dan perhatian
BAB 11 GURU DALAM PROSES
PEMBELAJARAN
Meningkatkan professional guru
Optimalisasi peran guru dalam proses pembelajaran
BAB 12 STRATEGI PEMBELAJARAN
Konsep strategi pembelajaran
Pertimbangan dalam pengembangan strategi pembelajaran
Beberapa jenis strategi pilihan
BAGIAN 4. INOVASI EVALUASI KURIKULUM
DAN PEMBELAJARAN
BAB 13 INOVASI KURIKULUM DAN
PEMBELAJARAN
Pengertian inovasi
Masalah pendidikan sebagai sumber inovasi
Difusi dan keputusan inovasi
Hambatan-hambatan inovasi
Berbagai jenis inovasi dalam kurikulum dan pembelajaran
BAB 14 EVALUASI KURIKULUM DAN
PEMBELAJARAN
Evaluasi dan pengukuran
Evaluasi kurikulum
Evaluasi berbagai kelas
Jenis-jenis evaluasi
BAB 15 PENILAIAN PORTOFOLIO
Pengertian
Perbedaan tes dan portofolio
Prinsip-prinsip penilaian portofolio
Keunggulan dan kelemahan portofolio
Tahapan pelaksanaan portofolio
Tidak ada komentar:
Posting Komentar