TOKO BUKU RAHMA

TOKO BUKU DISKON SEPANJANG MASA, DISKON s/d 50%
Sedia buku TK/ PAUD, SD, SMP/SMK, Soal-soal ujian, UAN, UASBN, SBMPTN, Evaluasi Ulangan Umum, Agama Islam, Umum, Perguruan Tinggi: Ekonomi, Akuntansi, manajemen, pajak, hukum, undang-undang, mipa, fisika, kimia, biologi, matematika, elektro, listrik, teknik industri, kimia, arsitektur, sipil, lingkungan, perawat, bidan, kedokteran, atlas, statistika, metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, pendidikan, penelitian tindakan kelas PTK, penelitian tindakan sekolah PTS, penulisan skripsi, tesis, disertasi, agama, syariah, proses belajar mengajar, komunikasi, jurnalistik, komputer, dll.

KONTAK

HP/WA 0856 0196 7147
email tokobukuantik@gmail.com

Mengingat kapasitas Blog terbatas dan saat ini blog sudah mulai penuh, maka untuk buku-buku baru silahkan lihat di web TB. RAHMA yang baru :
www.tokobukurahma.com

Senin, 14 Januari 2013

KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN DAN ASESMEN


Judul : KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN DAN ASESMEN
Pengarang : Lorin W. Anderson; David R. Krathwohl
Penerbit : Pustaka Pelajar
ISBN : 978-602-8764-97-1
Edisi/ Cet : Cet 1
Tahun Terbit : 2010
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : xxx + 434 hlm
Kertas Isi : HVS
Cover : Soft
Ukuran : 15,5 x 23 cm
Berat : 700 Gram
Kondisi : Baru
Harga : Rp. 85.000 diskon 20%
Bayar :  Rp. 68.000 
Stock : 1




KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, MENGAJAR, DAN ASESMEN (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom)

Editor: Lorin W. Anderson & David R. Krathwohl


DAFTAR ISI :

BAGIAN 1. TAKSONOMI PENDIDIKAN TINGGI: TUJUAN PENDIDIKAN DAN PROSES PEMBELAJARAN

BAB 1. PENDAHULUAN
Kebutuhan akan Taksonomi Pendidikan

Meningkatkan dan Memanfaatkan Pemahaman Kita

-          Tabel Taksonomi, Tujuan, dan Alokasi Waktu Pembelajaran

-          Tabel Taksonomi dan Pembelajaran

-          Tabel Taksonomi dan Asesmen

-          Kesesuaian antara Tujuan, Pembelajaran, dan Asesmen

Guru Pembuat Kurikulum vs. Pelaksana Kurikulum

BAB 2. STRUKTUR, SPESIFIKASI, DAN PROBLEMATIKA TUJUAN
Struktur Tujuan

-          Isi versus Pengetahuan

-          Perilaku versus Proses Kognitif

Spesifikasi Tujuan

-          Tujuan Global

-          Tujuan Pendidikan

-          Tujuan Instruksional

-          Ringkasan Tingkat-tingkat Tujuan

Apa yang Bukan Tujuan

Perubahan Kosakata dalam Rumusan Tujuan Pendidikan

Problematika Tujuan

-          Spesifikasi dan Inklusivitas

-          Tujuan yang Kaku

-          Tujuan Merepresentasikan Proses Belajar atau Prestasi Siswa?

-          Keterbatasan Rumusan Tujuan

-          Kesimpulan


BAGIAN 2. STRUKTUR TAKSONOMI PENDIDIKAN BARU

BAB 3. TABEL TAKSONOMI PENDIDIKAN
Kategori Dimensi Pengetahuan

Kategori-kategori dalam Dimensi Proses Kognitif

Tabel Taksonomi dan Tujuan Pendidikan

Mengapa Tujuan Pendidikan Perlu Dikategorikan?

Banyak Definisi

-          Deskripsi Verbal

-          Contoh Tujuan Pendidikan

-          Contoh Pertanyaan Asesmen

-          Contoh Aktivitas Pembelajaran

BAB 4. DIMENSI PENGETAHUAN
Perbedaan antara Pengetahuan dan Materi Pelajaran

Jenis-jenis Pengetahuan

-          Perbedaan antara Pengetahuan Faktual dan Pengetahuan Konsepptual

-          Alasan Pencantuman Pengetahuan Kognitif

Kategori-kategori dalam Dimensi Pengetahuan

-          Pengetahuan Faktual

-          Pengetahuan Konseptual

-          Pengetahuan Prosedural

-          Pengetahuan Metakognitif

Mengases Tujuan Pendidikan yang Mencakup Pengetahuan Kognitif

Kesimpulan

BAB 5. DIMENSI PROSES KOGNITIF
Tiga Macam  Belajar

-          Tiada Aktifitas Belajar

-          Belajar Mengahafal

-          Belajar yang Bermakna

Belajar yang Bermakna adalah Mengkontruksi Kerangka Pengetahuan

Proses Kognitif dalam Meretensi dan Mentransfer

Kategori-kategori dalam Dimensi Proses Kognitif

-          Mengingat

-          Memahami

-          Mengaplikasikan

-          Menganalisis

-          Mengevaluasi

-          Mencipta

Proses Kognitif yang Kontekstual dan Tidak Kontekstual

Contoh Tujuan Pendidikan yang Kontekstual

-          Mengingat Apa yang Telah Dipelajari

-          Memahami dan Menggunakan apa yang Dipelajari

Kesimpulan

BAGIAN 3. PENGGUNAAN TAKSONOMI PENDIDIKAN

BAB 6. PENGGUNAAN TABEL TAKSONOMI PENDIDIKAN
Tabel Taksonomi untuk Menganalisis Tujuan Pembelajaran Anda

Tabel Taksonomi untuk Menganalisis Tujuan Pembelajaran Guru Lain

Melihat Kembali Tabel Taksonomi

-          Pertanyaan tentang Pembelajaran

-          Pertanyaan tentang Instruksi

-          Pertanyaan tentang Asesmen

-          Pertanyaan tentang Kesesuaian antara Rumusan Tujuan, Aktivitas Pembelajaran dan Asesmennya

Masalah-masalah dalam Pengklasifikasian Tujuan Pembelajaran

-          Masalah Tingkat Spesifikasi

-          Masalah Pembelajaran Sebelumnya

-          Membedakan Tujuan dan Aktivitas

-          Tips untuk Mengklasifikasikan Tujuan Pembelajaran

-          Menelaah Kata Kerja dan Kata Bendanya

-          Menghubungkan Jenis Pengetahuan dengan Proses Kognitif

-          Memastikan Bahwa Kata Benda atau Frasa Benda Anda Tepat

-          Memanfaatkan Banyak Sumber Informasi

BAB 7. PENGANTAR PEMBAHASAN SKETSA PEMBELAJARAN
Karakteristik Sketsa Pembalajaran

Unit Kurikulum

Komponen-komponen Pokok Deskripsi Sketsa Pembelajaran

Menggunakan Tabel Taksonomi untuk Menganalisis Sketsa Pembelajaran

Langkah-langkah dalam Menganalisis Sketsa Pembelajaran

Sistematika Pembahasan Sketsa Pembelajaran


BAB 8. SKETSA PEMBELAJARAN NUTRISI
Bagian 1. Tujuan

Bagian 2. Aktivistas-aktivitas Pembelajaran

Bagian 3. Asesmen

Bagian 4. Komentar Penutup

-          Pertanyaan tentang Pembelajaran

-          Pertanyaan tentang Instruksi

-          Pertanyaan tentang Asesmen

-          Pertanyaan tentang Kesesuaian

Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup

BAB 9. SKETSA PEMBELAJARAN MACBETH
Bagian 1. Tujuan

Bagian 2. Aktivitas-aktivitas Pembelajaran

-          Aktivitas Pendahuluan

-          Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 1

-          Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 2

-          Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 3

-          Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 4

-          Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 5

Bagian 3. Asesmen

Bagian 4. Komentar Penutup

-          Pertanyaan tentang Pembelajaran

-          Pertanyaan tentang Instuksi

-          Pertanyaan tentang Asesmen

-          Pertanyaan tentang Kesesuaian

Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup

BAB 10. SKETSA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN
Bagian 1. Tujuan

Bagian 2. Aktivistas-aktivitas Pembelajaran

Bagian 3. Asesmen

Bagian 4. Komentar Penutup

-          Pertanyaan tentang Pembelajaran

-          Pertanyaan tentang Instuksi

-          Pertanyaan tentang Asesmen

-          Pertanyaan tentang Kesesuaian

Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup


BAB 11. SKETSA PEMBELAJARAN UNDANG-UNDANG
Bagian 1. Tujuan

Bagian 2. Aktivistas-aktivitas Pembelajaran

Bagian 3. Asesmen

Bagian 4. Komentar Penutup

-          Pertanyaan tentang Pembelajaran

-          Pertanyaan tentang Instuksi

-          Pertanyaan tentang Asesmen

-          Pertanyaan tentang Kesesuaian

Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup

BAB 12. SKETSA PEMBELAJARAN GUNUNG BERAPI
Bagian 1. Tujuan

Bagian 2. Aktivistas-aktivitas Pembelajaran

Bagian 3. Asesmen

Bagian 4. Komentar Penutup

-          Pertanyaan tentang Pembelajaran

-          Pertanyaan tentang Instuksi

-          Pertanyaan tentang Asesmen

-          Pertanyaan tentang Kesesuaian

Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup

BAB 13. SKETSA PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN
Bagian 1. Tujuan

Bagian 2. Aktivistas-aktivitas Pembelajaran

Bagian 3. Asesmen

Bagian 4. Komentar Penutup

-          Pertanyaan tentang Pembelajaran

-          Pertanyaan tentang Instuksi

-          Pertanyaan tentang Asesmen

-          Pertanyaan tentang Kesesuaian

Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup

BAB 14. MENGURANGI MASALAH-MASALAH PELIK DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS
Kesimpulan Perihan Pembelajaran

-          Menggunakan Tujuan-tujuan Kognitif yang Kompleks untuk Mencapai Tujuan-tujuan yang Sederhana

-          Memilih Jenis Pengetahuan

Kesimpulan perihal Pemblajaran

-          Memahami Hubungan antara Jenis Pengetahuan dan Proses Kognitif

-          Membedakan Aktivitas Tujuan dan Tujuan Pembelajaran

Kesimpulan Perihal Asesmen

-          Menggunakan Asesmen Sumatif dan Asesmen Formatif

-          Menghadapi Asesmen Eksternal

Kesimpulan perihal Kesesuaian antara Tujuan, Aktivitas Pembelajaran dan Asesmen

-          Menyesuaikan Asesmen dengan Tujuan

-          Penyesuaian Aktivitas-aktivitas Pembelajaran dan Asesmen

-          Penyesuaian Aktivitas-aktivitas Pembelajaran dengan Tujuan

Komentar Akhir

Masalah-masalah yang Belum Terselesaikan

-          Perencanaan dan Analisis yang lebih Matang

-          Hubungan antara Tujuan dan Pembelajaran

-          Format Tes Pilihan Ganda yang Tak Kunjung Maju

-          Teori Belajar dan Kognisi

-          Hubungan antara Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor

Penutup

LAMPIRAN

LAMPIRAN A. RINGKASAN PERUBAHAN KERANGKA TAKSONOMI
-          Perubahan Pelaksana

-          Perubahan Teknologi

-          Perubahan Struktur

Pencantuman Memahami dan Penghilangan Menyelesaikan Masalah dan Berpikir Kritis


LAMPIRAN B. RINGKASAN TAKSONOMI BLOOM: RANAH KOGNITIF
Pengetahuan

Kemampuan dan Keterampilan Intelektual




KEMBALI KE HALAMAN AWAL 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar