Judul | : | KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN DAN ASESMEN | |
Pengarang | : | Lorin W. Anderson; David R. Krathwohl | |
Penerbit | : | Pustaka Pelajar | |
ISBN | : | 978-602-8764-97-1 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 1 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xxx + 434 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15,5 x 23 cm | |
Berat | : | 700 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 85.000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp. 68.000 | |
Stock | : | 1 |
KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, MENGAJAR, DAN ASESMEN
(Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom)
Editor: Lorin W.
Anderson & David R. Krathwohl
DAFTAR ISI :
BAGIAN 1. TAKSONOMI PENDIDIKAN TINGGI: TUJUAN PENDIDIKAN
DAN PROSES PEMBELAJARAN
BAB 1. PENDAHULUAN
Kebutuhan akan Taksonomi
Pendidikan
Meningkatkan dan Memanfaatkan
Pemahaman Kita
-
Tabel Taksonomi,
Tujuan, dan Alokasi Waktu Pembelajaran
-
Tabel Taksonomi dan
Pembelajaran
-
Tabel Taksonomi dan
Asesmen
-
Kesesuaian antara
Tujuan, Pembelajaran, dan Asesmen
Guru Pembuat Kurikulum vs.
Pelaksana Kurikulum
BAB 2. STRUKTUR, SPESIFIKASI, DAN PROBLEMATIKA TUJUAN
Struktur Tujuan
-
Isi versus Pengetahuan
-
Perilaku versus Proses
Kognitif
Spesifikasi Tujuan
-
Tujuan Global
-
Tujuan Pendidikan
-
Tujuan Instruksional
-
Ringkasan
Tingkat-tingkat Tujuan
Apa yang Bukan Tujuan
Perubahan Kosakata dalam Rumusan
Tujuan Pendidikan
Problematika Tujuan
-
Spesifikasi dan
Inklusivitas
-
Tujuan yang Kaku
-
Tujuan
Merepresentasikan Proses Belajar atau Prestasi Siswa?
-
Keterbatasan Rumusan
Tujuan
-
Kesimpulan
BAGIAN 2. STRUKTUR TAKSONOMI PENDIDIKAN BARU
BAB 3. TABEL TAKSONOMI PENDIDIKAN
Kategori Dimensi Pengetahuan
Kategori-kategori dalam Dimensi
Proses Kognitif
Tabel Taksonomi dan Tujuan
Pendidikan
Mengapa Tujuan Pendidikan Perlu
Dikategorikan?
Banyak Definisi
-
Deskripsi Verbal
-
Contoh Tujuan
Pendidikan
-
Contoh Pertanyaan
Asesmen
-
Contoh Aktivitas
Pembelajaran
BAB 4. DIMENSI PENGETAHUAN
Perbedaan antara Pengetahuan dan
Materi Pelajaran
Jenis-jenis Pengetahuan
-
Perbedaan antara
Pengetahuan Faktual dan Pengetahuan Konsepptual
-
Alasan Pencantuman
Pengetahuan Kognitif
Kategori-kategori dalam Dimensi
Pengetahuan
-
Pengetahuan Faktual
-
Pengetahuan Konseptual
-
Pengetahuan Prosedural
-
Pengetahuan
Metakognitif
Mengases Tujuan Pendidikan yang
Mencakup Pengetahuan Kognitif
Kesimpulan
BAB 5. DIMENSI PROSES KOGNITIF
Tiga Macam Belajar
-
Tiada Aktifitas
Belajar
-
Belajar Mengahafal
-
Belajar yang Bermakna
Belajar yang Bermakna adalah
Mengkontruksi Kerangka Pengetahuan
Proses Kognitif dalam Meretensi
dan Mentransfer
Kategori-kategori dalam Dimensi
Proses Kognitif
-
Mengingat
-
Memahami
-
Mengaplikasikan
-
Menganalisis
-
Mengevaluasi
-
Mencipta
Proses Kognitif yang Kontekstual
dan Tidak Kontekstual
Contoh Tujuan Pendidikan yang
Kontekstual
-
Mengingat Apa yang
Telah Dipelajari
-
Memahami dan
Menggunakan apa yang Dipelajari
Kesimpulan
BAGIAN 3. PENGGUNAAN TAKSONOMI PENDIDIKAN
BAB 6. PENGGUNAAN TABEL TAKSONOMI PENDIDIKAN
Tabel Taksonomi untuk
Menganalisis Tujuan Pembelajaran Anda
Tabel Taksonomi untuk
Menganalisis Tujuan Pembelajaran Guru Lain
Melihat Kembali Tabel Taksonomi
-
Pertanyaan tentang
Pembelajaran
-
Pertanyaan tentang
Instruksi
-
Pertanyaan tentang
Asesmen
-
Pertanyaan tentang
Kesesuaian antara Rumusan Tujuan, Aktivitas Pembelajaran dan Asesmennya
Masalah-masalah dalam
Pengklasifikasian Tujuan Pembelajaran
-
Masalah Tingkat Spesifikasi
-
Masalah Pembelajaran
Sebelumnya
-
Membedakan Tujuan dan
Aktivitas
-
Tips untuk
Mengklasifikasikan Tujuan Pembelajaran
-
Menelaah Kata Kerja
dan Kata Bendanya
-
Menghubungkan Jenis
Pengetahuan dengan Proses Kognitif
-
Memastikan Bahwa Kata
Benda atau Frasa Benda Anda Tepat
-
Memanfaatkan Banyak
Sumber Informasi
BAB 7. PENGANTAR PEMBAHASAN SKETSA PEMBELAJARAN
Karakteristik Sketsa
Pembalajaran
Unit Kurikulum
Komponen-komponen Pokok
Deskripsi Sketsa Pembelajaran
Menggunakan Tabel Taksonomi
untuk Menganalisis Sketsa Pembelajaran
Langkah-langkah dalam
Menganalisis Sketsa Pembelajaran
Sistematika Pembahasan Sketsa
Pembelajaran
BAB 8. SKETSA PEMBELAJARAN NUTRISI
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivistas-aktivitas
Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
-
Pertanyaan tentang
Pembelajaran
-
Pertanyaan tentang
Instruksi
-
Pertanyaan tentang Asesmen
-
Pertanyaan tentang
Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan
Penutup
BAB 9. SKETSA PEMBELAJARAN MACBETH
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivitas-aktivitas
Pembelajaran
-
Aktivitas Pendahuluan
-
Aktivitas-aktivitas
yang Berkaitan dengan Babak 1
-
Aktivitas-aktivitas
yang Berkaitan dengan Babak 2
-
Aktivitas-aktivitas
yang Berkaitan dengan Babak 3
-
Aktivitas-aktivitas
yang Berkaitan dengan Babak 4
-
Aktivitas-aktivitas
yang Berkaitan dengan Babak 5
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
-
Pertanyaan tentang
Pembelajaran
-
Pertanyaan tentang
Instuksi
-
Pertanyaan tentang
Asesmen
-
Pertanyaan tentang
Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan
Penutup
BAB 10. SKETSA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivistas-aktivitas
Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
-
Pertanyaan tentang
Pembelajaran
-
Pertanyaan tentang
Instuksi
-
Pertanyaan tentang
Asesmen
-
Pertanyaan tentang
Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan
Penutup
BAB 11. SKETSA PEMBELAJARAN UNDANG-UNDANG
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivistas-aktivitas
Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
-
Pertanyaan tentang
Pembelajaran
-
Pertanyaan tentang
Instuksi
-
Pertanyaan tentang
Asesmen
-
Pertanyaan tentang
Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan
Penutup
BAB 12. SKETSA PEMBELAJARAN GUNUNG BERAPI
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivistas-aktivitas
Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
-
Pertanyaan tentang
Pembelajaran
-
Pertanyaan tentang
Instuksi
-
Pertanyaan tentang
Asesmen
-
Pertanyaan tentang
Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan
Penutup
BAB 13. SKETSA PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivistas-aktivitas
Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
-
Pertanyaan tentang
Pembelajaran
-
Pertanyaan tentang
Instuksi
-
Pertanyaan tentang
Asesmen
-
Pertanyaan tentang
Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan
Penutup
BAB 14. MENGURANGI MASALAH-MASALAH PELIK DALAM PEMBELAJARAN
DI KELAS
Kesimpulan Perihan Pembelajaran
-
Menggunakan
Tujuan-tujuan Kognitif yang Kompleks untuk Mencapai Tujuan-tujuan yang
Sederhana
-
Memilih Jenis
Pengetahuan
Kesimpulan perihal Pemblajaran
-
Memahami Hubungan
antara Jenis Pengetahuan dan Proses Kognitif
-
Membedakan Aktivitas
Tujuan dan Tujuan Pembelajaran
Kesimpulan Perihal Asesmen
-
Menggunakan Asesmen
Sumatif dan Asesmen Formatif
-
Menghadapi Asesmen
Eksternal
Kesimpulan perihal Kesesuaian
antara Tujuan, Aktivitas Pembelajaran dan Asesmen
-
Menyesuaikan Asesmen
dengan Tujuan
-
Penyesuaian Aktivitas-aktivitas
Pembelajaran dan Asesmen
-
Penyesuaian
Aktivitas-aktivitas Pembelajaran dengan Tujuan
Komentar Akhir
Masalah-masalah yang Belum
Terselesaikan
-
Perencanaan dan
Analisis yang lebih Matang
-
Hubungan antara Tujuan
dan Pembelajaran
-
Format Tes Pilihan
Ganda yang Tak Kunjung Maju
-
Teori Belajar dan
Kognisi
-
Hubungan antara Ranah
Kognitif, Afektif dan Psikomotor
Penutup
LAMPIRAN
LAMPIRAN A. RINGKASAN PERUBAHAN KERANGKA TAKSONOMI
-
Perubahan Pelaksana
-
Perubahan Teknologi
-
Perubahan Struktur
Pencantuman Memahami dan
Penghilangan Menyelesaikan Masalah dan Berpikir Kritis
LAMPIRAN B. RINGKASAN TAKSONOMI BLOOM: RANAH KOGNITIF
Pengetahuan
Kemampuan dan Keterampilan
Intelektual
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar