Judul | : | PROSES BELAJAR MENGAJAR | |||
Pengarang | : | Drs. JJ Hasibuan, Dip.Ed & Drs. Moedjiono | |||
Penerbit | : | PT. Remaja Rosdakarya, Bandung | |||
ISBN | : | 979-514-108-2 | |||
Cetakan Ke | : | 13 | |||
Tahun Terbit | : | 2009 | |||
Bahasa | : | Indonesia | |||
Jumlah Halaman | : | vii + 96 | |||
Kertas Isi | : | HVS | |||
Cover | : | Soft | |||
Ukuran | : | 15 X 21 cm | |||
Berat | : | 150 gram | |||
Kondisi | : | Baru | |||
Harga | : | Rp. 21.500 | discont 20% | ||
Bayar | : | Rp. 17.200 | |||
Stock | : | 1 |
Proses mengajar tidak mungkin dapat mencapai hasil yang diharapkan tanpa disertai degan proses belajar yang memadai, yang seimbang. Bagaimana cara menggiatkan proses belajar sehingga mencapai tingkat yang memadai?
Pertama, tentu saja, pengajar harus menciptakan suasananya, yang terdiri atas berbagai komponen. Kemudian tersedianya berbagai metode mengajar. Semuanya memerlukan persiapan, latihan dan evaluasi. Hal tersebut termasuk ke dalam "Strategi Belajar Mengajar" yang merupakan bagian pertama buku ini.
Bagian kedua berjudul "Model Mengajar dan Pengajaran Makro". Di dalam bagian ini dikemukakan juga delapan ketrampilan dasar mengajar. Untuk bahan penilaian, disampaikan beberapa contoh formulir observAI Sn formulir balikan (feedback) bagi siswa.
Dengan demikian, buku yang terdiri atas dua bagian ini merupakan buku petunjuk dan buku pegangan yang ringkas tetapi luas isinya. BUku ini sangat berguna bukan saja bai para clon guru, namun juga bagi para pengajar yang ingin "menyegarkan kembali" atau meninagkatkan mutu ketrampilan dalam menunaikan profesinya.
Adapun isi buku ini meliputi :
BAGIAN I : STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Bab 1: Pengertian Strategi Mengajar; Bab II Klasifikasi Belajar Mengajar yang meliputi Pengaturan guru dan siswa, Struktur peristiwa belajar mengajar, peranan guru-murid dalam mengolah pesan, proses pengolahan pesan, tujuan belajar. Bab III Hakikat CBSA. Bab IV Rasional Peningkatan CBSA, Bab V Implikasi CBSA bagi sistem penyampaian, Bab VI Beberapa Metode Mengajar : Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi, Metode Kerja Kelompok, Simulasi, Metode Demonstrasi.
BAGIAN II : ANALISIS MODEL MENGAJAR DAN PENGAJARAN MIKRO
Bab 1 : Tujuan dan rasional, Bab 2: KOnsep Mengajar, Bab 3 Pengajaran Mikro, Bab 4 : Macam Ketrampilan dasar yang diutamakan, yaitu : ketrampilan memberi penguatan, ketrampilan bertanya, ketrampilan menggunakan variasi, ketrampilan menjelaskan, ketrampilan membuka dan menutup pelajaran, ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, ketrampilan mengelola kelas, ketrampilan membimbing diskusi kelompok kecil.
Bagi yang membutuhkan buku bekas KLIK DISINI
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar