Judul | : | SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM PADA PERIODE KLASIK DAN PERTENGAHAN | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A. (Ed.) | |
Penerbit | : | Rajawali Pers | |
Cetakan Ke | : | Cet 3 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 304 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 14 x 20 cm | |
Berat | : | 300 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 62.000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp 52.700 | |
Stock | : | 1 |
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Pengarang : Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A. (Ed.)
Penerbit : Rajawali Pers
DAFTAR ISI :
BAB 1 PENDAHULUAN
BAB 2 PRINSIP-PRINSIP UMUM PENDIDIKAN ISLAM
Pendahuluan
Prinsip-prinsip umum pendidikan islam
Kesimpulan
BAB 3 LEMBAGA-LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM SEBELUM MADRASAH
Pendahuluan
Lembaga-lembaga pendidikan sebelum madrasah
Kesimpulan
BAB 4 PERTUMBUHAN MADRASAH PADA PERIODE AWAL SEBELUM
LAHIRNYA MADRASAH NIZHAMIYAH
Pendahuluan
Latar belakang munculnya istilah madrasah
Sejarah dan motivasi pendirian madrasah
Madrasah sebagai institusi pendidikan
Madrasah pra madrasah nizhamiyah
Kesimpulan
BAB 5 MADRASAH NIZHAMIYAH
Pendahuluan
Letak geografis dan motivasi pendirian madrasah nizhamiyah
Baghdad
System pendidikan madrasah nizhamiyah Baghdad
Pengaruh madrasah nizhamiyah
Kesimpulan
BAB 6 MADRASAH- MADRASAH DI MAKKAH DAN MADINAH
Pendahuluan
Madrasah-madrasah di Makkah
Madrasah-madrasah di Madinah
Kesimpulan
BAB 7 MADRASAH TINGKAT TINGGI (UNIVERSITAS AL-AZHAR)
Pendahuluan
Pembahasan
Kesimpulan
BAB 8 PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM KLASIK DALAM MENCETAK
ULAMA
Pendahuluan
Pembahasan
Kesimpulan
BAB 9 KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM KLASIK 750-1350 M
Pengertian kurikulum pendidikan
Kurikulum pendidikan islam sebelum berdirinya madrasah
Kurikulum setelah berdirinya madrasah
Kesimpulan
BAB 10 KEHIDUPAN PADA SISWA DI ZAMAN ISLAM KLASIK
Pendahuluan
Kehidupan para siswa di masa islam klasik
Kesimpulan
BAB 11 GURU MASA KLASIK
Pendahuluan
Kompetensi mengajar guru pada masa klasik
Pranata social dan guru
Peranana guru dalam kehidupan masyarakat
Organisasi guru pada masa klasik
Kesimpulan
BAB 12 UNSUR-UNSUR FILSAFAT YUNANI DALAM PENDIDIKAN ISLAM
PADA MASA KLASIK
Pendahuluan
Hubungan ilmuwan muslim dengan filsafat Yunani
Dasar-dasar pemikiran filosofi Yunani
Pengaruh filsafat Yunani dalam pendidikan islam pada masa
klasik
Kesimpulan
BAB 13 FUNGSI MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN
ISLAM
Pendahuluan
Madrasah dan perkembangan ilmu pengentahuan islam
Fungsi madrasah dalam mentransmisikan ilmu pengetahuan agama
Peranan ulama dalam pengembangan ilmu pengentahuan islam
Kesimpulan
BAB 14 MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM
Pendahuluan
Definisi modernisasi pendidikan islam
Latar belakang dan pola pembaruan
Al-Azhar
Pendidikan islam di Indonesia
Kesimpulan
BAB 15 POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA PADA PENDIDIKAN ISLAM
KLASIK
Pendahuluan
Gambaran interaksi rasulullah dan sahabat pada periode awal
pendidikan islam masa klasik
Pola sikap guru dan siswa pada pendidikan islam klasik
Kesimpulan
BAB 16 PENDANAAN PENDIDIKAN ISLAM MASA KLASIK
Pendahuluan
Sumber biaya pendidikan islam masa klasik
Pola pengelolaan dana pendidikan
Kesimpulan
BAB 17 MAZHAB-MAZHAB DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Pendahuluan
Mengenal pemikiran tokoh
Kesimpulan
BAB 18 PENDIDIKAN ISLAM DI SPAYOL
Pendahuluan
Islam masuk ke Spanyol
Pendidikan islam di Spanyol
Factor-faktor pendukung kemajuan pendidikan di Spayol
Kesimpulan
BAB 19 PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA KERAJAAN TURKI UTSMANI
Pendahuluan
Perkembangan pendidikan pada masa Turki Utsmani
Kesimpulan
BAB 20 PENDIDIKAN ISLAM DI KERAJAAN TURKI UTSMANI
Pendahuluan
Perkembangan pendidikan islam Ustamani
BAB 21 PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar