Judul | : | BERBAGAI PENDEKATAN DALAM PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR | |
Pengarang | : | Prof. Dr. S. Nasution, M.A | |
Penerbit | : | Bumi Aksara | |
Cetakan Ke | : | Cet. 15 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 223 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 21 cm | |
Berat | : | 300 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 58,000 | diskon 15 % |
Bayar | : | Rp 49.300 | |
Stock | : | 1 |
BERBAGAI PENDEKATAN DALAM PROSES
BELAJAR DAN MENGAJAR
Pengarang: Prof. Dr. S. Nasution, M.A
Penerbit: Bumi Aksara
DAFTAR ISI
BAB 1 PROSES BELAJAR MENGAJAR
MENURUT JEROME S. BRUNER
Pendahuluan
Pentingnya struktur
Kesiapan untuk belajar
Perkembangan inteletual anak
Implikasi bagi pengajaran
Proses belajar
Berpikir intuitif dan berpikir analitis
Variabel-variabel dalam ebrpikir intuitif
Kepercayaan akan diri sendiri
Alat-alat mengajar
BAB 2 RESOURCE – BASED LEARNING
Pengertian
Latar belakang
Pemahaman baru tentang pelajar
Perubahan dalam media komunikasi
Ciri-ciri belajar berdasarkan sumber
Pelaksanaannya
BAB 3 BELAJAR TUNTAS
Murid pandai danmurid bodoh
Belajar tuntas
Faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan penuh
Usaha mencapai penguasaan penuh
Prasyarat-prasyrat
Prosedur tambahan
Hasilnya
BAB 4 USAHA-USAHA DALAM PENGAJARAN
INDIVIDU
Macam-macam cara
Pengajaran berprograma
Penggunaan komputer dalam pengajaran
Komputer untuk manajemen pengajaran
Komputersebagai pemberi informasi
Pusat-pusat belajar
Pendekatan audio tutorial
Pengajaran modul
Minicourse
Sistem kontrak
Sistem keller
Pengajaran yang ditentukan untuk tiap individu
Proses belajar mengajar menurut pilihan siswa
Tinjauan dan renungan
Tarif individualisasi
Peranan guru
Fasilitas dan sumber
Peranan siswa
Individualtas mengenai isi dan metode
Evaluasi
Masa depan pengajaran individual
BAB 5 BELAJAR BEBAS
Psikoterapi sebagai belajar
Adakah manusia bebas?
Teori rogers dalam pendidikan
Syarat-syarat untuk belajar bebas
Empathy
Menyediakan sumber-sumber
Larangan bagi guru
Proses belajar bebas
Penutup
BAB 6 GAYA BELAJAR
Gaya belajar
Gaya kognitif
Tiga model gaya belajar
Impulsif-reflektif
Preseptif
Sistematika intuitif
Implikasi bagi pendidikan
Model-model gata respons
Model grasha
Model stern
Implementasi gaya belajar sebagai inovasi pendidikan
Memanfaatkan gaya-gaya siswa
BAB 7 SIKAP GURU
Sikap otoriter
Sikap permissive
Sikap riil
Pribadi guru
Bagaimanakah seharusnya sikap guru?
BAB 8 BEBERAPA PENDAPAT TENTANG
METODE KULIAH
Bagaimanakah pendapat pengajar?
Bagaimana pendapat mahasiswa
Fungsi kuliah
Apakah hasil perkuliahan
Apakah kuliah harus dihadiri?
Kedudukan kuliah
Panjang kuliah
Cara penyampaian
Evaluasi
BAB 9 PROSES BELAJAR MENGAJAR
MENURUT ROBERT M. GAGNE
Teori-teori belajar
Aneka ragam bentuk belajar menurut robert M. Gagne
Kejadian-kejadian dalam belajar dan mengajar
Signal learning
Belajar berdasarkan stimulasi respons
Belajar berdasarkan rangkaian motoris dan verbal
Asosiasi atau rangkaian verbal
Belajar berdasarkan diskriminasi
Belajar konsep
Belajar konsep yang didefiniskan dan aturan
Memecahkan masalah
Hierarki dalam belajar
Kesiapan untuk belajar
Disain pengajaran
Sumber-sumber belajar
BAB 10 PENGAJARAN MODUL
Prinsip-prinisp
Administrasi modul
Cara penyusun modul
Masalah-masalah
Kesimpulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar